Berbicara skutik entry level, Honda BeAT 2021 merupakan salah satu model favorit masyarakat. Skutik ini sudah memiliki brand image yang sangat kuat, sehingga kala masyarakat hendak membeli skutik, namanya selalu ada dalam daftar buruan.
All New Honda BeAT sendiri dikenalkan pertama kali pada awal tahun 2020 silam. Setahun lebih sejak diluncurkan, skutik ini berhasil menjadi penerus generasi sebelumnya dan banyak digandrungi konsumen.
Tak lain karena model terbaru ini benar-benar berubah total dari generasi sebelumnya dan jadi lebih canggih. Malah bisa dikatakan tidak ada jejak Honda BeAT generasi lawas (model 2016) yang masih digunakan untuk model terbaru.
Lantas apa saja perbedaan Honda BeAT terbaru dengan model sebelumnya?
Konsep skutik kecil yang sporty masih dipertahankan oleh Honda. Tapi pada model terbaru dibuat lebih agresif dengan bentuk fascia depan, mengandalkan lampu berukuran lebih tipis.
Ini tak lepas dari digunakannya teknologi LED, sehingga tak memerlukan rumah lampu yang besar. Sepasang lampu sein dengan posisi vertikal menambah kesan sangar dari skutik entry level andalan Honda ini.
Garis bodi belakang pun masih nampak mirip dengan model pendahulunya. Begitu juga dengan area dek yang nampak tebal, karena juga menjadi tempat penyimpanan untuk aki.
Yang agak berbeda adalah desain pelek yang dipakai, bentuknya justru terlihat elegan karena mencomot milik Honda Genio. Sedikit keluar dari konsep sporty dari Honda BeAT, tapi ini kembali pada selera.
Rangka eSAF (enhanched smart architecture frame) yang terbuat dari pelat baja, punya bobot lebih ringan dari model rangka sebelumnya, termasuk yang digunakan oleh Honda BeAT model lawas.
Rangka yang pertama kali digunakan untuk Honda Genio itu, menjadi platform baru untuk skutik entry level Honda. Setelah Honda BeAT, Honda Scoopy 2021 juga menggunakan rangka yang sama.
Maka tak heran jika kaki-kaki Honda BeAT terbaru mirip dengan Honda Genio. Seperti suspensi depan, suspensi belakang sampai desain pelek yang digunakan.
Perbandingan Dimensi | ||
---|---|---|
Honda BeAT Baru | Honda BeAT Lama | |
P x L x T | 1.877 x 669 x 1.074 mm | 1.856 x 666 x 1.068 mm |
Sumbu Roda | 1.256 mm | 1.256 mm |
Tinggi Jok | 740 mm | 740 mm |
Jarak Terendah | 147 mm | 146 mm |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | 4 liter |
Berat Isi | 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS) | 92 kg (CW) 93 kg (CBS-ISS) |
Masalah kelengkapan, model terbaru ini sudah lebih baik. Panel instrumen memang masih punya bentuk seperti pendahulunya dengan paduan digital dan analog, tapi kini dengan tampilan warna biru termasuk lampu layarnya LCD-nya.
Pada konsol depan, Honda BeAT terbaru sudah dibekali penutup dan ada power outlet untuk mengisi daya baterai smartphone. Model lamanya, dua konsol penyimpanan tanpa penutup dan tak ada power outlet.
Ruang penyimpanan di balik jok juga membesar pada model baru ini, begitu juga kapasitas tangki bahan bakarnya. Naiknya kapasitas dua fitur tersebut tak lepas dari penggunaan rangka eSAF.
Honda BeAT sejak awal kemunculannya konsisten dengan kapasitas mesin 110 cc. Namun kapasitas murninya, pada model terbaru sedikit naik menjadi 109,5 cc dari yang sebelumnya 108,2 cc.
Ini tak lepas dari penggunaan diameter piston yang semakin mengecil, namun memiliki langkah piston yang lebih panjang. Honda BeAT 2021 memang mengandalkan mesin berkarakter over stroke.
Ukuran pistonnya hanya 47 mm dan langkah piston menjadi 63,1 mm. Model sebelumnya juga over stroke, namun dengan diameter piston 50 mm dan langkah piston 55,1 mm saja.
PT Astra Honda Motor disaat peluncuran mengatakan, penggunaan mesin eSP generasi terbaru ini memang difokuskan untuk mengejar efisiensi bahan bakar, namun tetap memiliki respon mesin yang kuat pada putaran rendah sampai menengah.
Spesifikasi Mesin | ||
---|---|---|
Honda BeAT Baru | Honda BeAT Lama | |
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP |
Kapasitas | 109,5 cc | 108,2 cc |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | 50 x 55,1 mm |
Suplai BBM | PGM-FI | PGM-FI |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | 9,5 : 1 |
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 7.500 rpm | 8,68 PS @ 7.500 rpm |
Torsi Maksimal | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | 9,01 Nm @ 6.500 rpm |
Honda BeAT sebelumnya ada tiga varian, yakni CW, CBS dan CBS-ISS. Varian CW jadi kasta terendah tanpa kehadiran fitur rem CBS (combi brake system) dan juga ISS (idling stop system).
Maka pada model Honda BeAT 2021, fitur CBS sudah menjadi standar dan ada tambahan varian Deluxe. Sehingga varian yang ditawarkan ada CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS Deluxe.
Sesuai namanya, varian Deluxe tampil lebih mewah dengan warna polos dan juga emblem bodi belakang model 3D. Pilihan warnanya ada deluxe black dan deluxe silver saja.
Model baru pastinya menarik untuk dimiliki, apalagi perubahan pada Honda BeAT 2021 mencakup seluruh bagian, seperti rangka, mesin sampai kelengkapan fitur dan pilihan varian juga warna yang ditawarkan.
Konsumsi bahan bakar yang irit, tarikan mesin responsif dan harga jual terjangkau, selalu menjadi alasan kenapa konsumen tertarik terhadap Honda BeAT. Hal itu pun terus dipertahankan pada model terbaru ini.
Maka tak heran, popularitas Honda BeAT masih sangat kuat sampai saat ini. Terlebih skutik ini juga mudah dikendarai siapa pun, termasuk anak-anak muda dan wanita.