Hari Jumat (5/2/2021) ini PT Astra Honda Motor (AHM) sudah merilis All New Honda PCX 160 alias Honda PCX 160 2021. Motor ini merupakan generasi keempat Honda PCX, yang pertama kali dikenalkan di Indonesia tahun 2010 lalu.
Pada model barunya ini, skutik yang dirakit di Sunter, Jakarta Utara ini mendapatkan perubahan besar-besaran. Tak ada lagi jejak model lawas pada model ini, meski secara konsep masih tetap sama.
Desainnya semakin mewah, namun tak mengubah banyak dimensinya seperti diutarakan Jumpei Omori, Large Project Leader, Honda Motor Co. Ltd dalam presentasinya.
"Rangkanya juga baru, dan dibuat lebih ringkas tapi bisa menambah kapasitas tangki bahan bakar dan juga bagasinya," ujar pria asal Jepang tersebut.
Spesifikasi mesinnya, 4-tak, piston tunggal, SOHC 4 katup, pendingin cairan serta injeksi bahan bakar PGM-FI. Mesinnya berkapasitas 157 cc, dengan paduan piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm.
Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm lalu torsi mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Naik cukup signifikan dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya, yang hanya punya tenaga 14,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Kehadiran Honda PCX 160 secara otomatis akan langsung menghentikan produksi Honda PCX 150. "Saat ini kami tinggal menghabiskan stok, dan setelah itu langsung digantikan model baru," ujar Thomas Wijaya, Marketing Director AHM.
Nah buat yang memang mengincar Honda PCX, pastinya lebih baik langsung beli yang model terbaru. Toh, selisih harganya tidak terpaut terlalu jauh dari model lama.
Meski motor ini mendapat update secara menyeluruh, mulai dari desain, rangka, kaki-kaki, mesin dan teknologinya, harga jualnya naik tak terlalu signifikan. Ya, masih terbilang bisa dijangkau banyak orang.
Untuk varian terendah ada CBS (combi brake system), tak seperti versi Thailand, untuk CBS versi Indonesia sudah pakai rem cakram untuk roda belakang. Harga untuk varian terendah ini Rp 30,35 juta atau naik 507 ribu saja dari model lama.
Varian tengah-tengah ada ABS (anti-lock braking system) yang ketambahan fitur HSTC (Honda selectable torque control). Harganya Rp 33,95 juta, naik agak lumayan sebesar Rp 1,108 juta dari model sebelumnya.
Varian termahal adalah e:HEV alias hybrid. Harga jualnya Rp 43, 293 juta tapi kenaikannya paling tipis, cuma Rp 257 ribu saja. O iya harga seluruhnya on the road Jakarta.
Total AHM memberikan delapan pilihan warna untuk seluruh varian dari Honda PCX 160 2021 ini. Untuk varian CBS, ada opsi warna marvelous matte gray, majestic matte red, wonderful white dan glorious matte black.
Untuk varian ABS, opsi warnanya ada majestic matte red, royal matte bluedan wonderful white dan brilliant black. Selain itu juga ada beda ornamen seperti emblem warna emas dan kulit jok dual tone untuk varian ini.
Sementara untuk varian e:HEV warna yang ditawarkan hanya satu yakni horizon white. Warnanya terlihat bersih dan elegan, dengan dominasi putih yang dipadu warna biru pada cover bawa, emblem bodi dan mika lampunya.
Perubahan besar-besaran pada model Honda PCX terbaru ini memang cukup menggiurkan untuk dimiliki. Terlebih selisih harganya dari model lama tak terpaut jauh, tapi bisa mendapatkan unit yang lebih segar.
Performa yang ditinggkatkan, dan juga bagasi lebih besar akan sangat menyenangkan untuk dikendarai sehari-hari atau turing jarak jauh. Bagaimana, langsung menuju dealer?
Spesifikasi Honda PCX 160 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 742 x 1.108 mm | |
Sumbu Roda | 1.313 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Jok | 764 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 129 kg (CBS) 131 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Duplex steel cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |