Dikenalkan hari Jumat (5/2/2021) pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) melabeli Honda PCX 160 2021 terbaru dengan banderol yang relatif bersahabat. Dikatakan demikian karena kenaikan harganya tak terlalu tinggi.
Kenaikan harga termahal terjadi untuk varian ABS (anti-lock braking system), salah satunya karena ketambahan fitur HSTC (Honda selectable torque control). Sebuah fitur keselamatan canggih untuk mencegah roda belakang selip.
Sedangkan untuk varian CBS (combi brake system) dan e:HEV alias hybrid, kenaikan harganya hanya beberapa ratus ribu saja. Tentunya sangat menggoda dengan harga selisih tipis, bisa mendapat model terbaru.
Untuk model terbarunya, AHM merilis Honda PCX dengan tiga varian seperti model sebelumnya, yaitu CBS, ABS dan e:HEV (hybrid). Harga termurah skutik premium itu kini sudah menembus angka Rp 30 juta.
Untuk varian CBS dijual dengan nominal Rp 30,35 juta. Lalu Rp 33,95 juta untuk varian ABS. Dan termahal ada e:HEV dengan banderol Rp 43,55 juta. Harga on the road Jakarta.
Untuk bisa memiliki skutik premium terbaru yang juag produk global model ini, konsumen bisa membelinya dengan cara membayar tunai atau kredit. Pembelian secara kredit masih banyak dipilih untuk bisa memiliki motor idaman.
Menilik dari main dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, yakni PT Wahana Makmur Sejati, ada sedikit selisih harga dari yang diumumkan AHM. Untuk varian CBS Rp 30,501 juta. Varian ABS Rp 34,101 juta dan e:HEV Rp 43,701 juta.
Dan karena varian yang akan paling banyak dipilih adalah varian CBS dan ABS, kami hanya menampilkan simulasi kredit untuk kedua varian tersebut. Dan berikut tabelnya datanya:
Simulasi Kredit Honda PCX 160 2021 CBS : Rp 30,501 Juta | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uang Muka | 11 | 17 | 23 | 27 | 29 | 33 | 35 |
Rp 3,9 juta | 3.117 | 2.215 | 1.779 | 1.610 | 1.539 | 1.434 | 1.385 |
Rp 4,3 juta | 3.073 | 2.184 | 1.755 | 1.588 | 1.518 | 1.415 | 1.367 |
Rp 4,7 juta | 2.993 | 2.115 | 1.705 | 1.540 | 1.471 | 1.368 | 1.320 |
Rp 5,1 juta | 2..950 | 2.085 | 1.682 | 1.519 | 1.450 | 1.349 | 1.302 |
Rp 5,5 juta | 2.907 | 2.005 | 1.685 | 1.498 | 1.430 | 1.330 | 1.284 |
Rp 5,9 juta | 2.864 | 2.025 | 1.634 | 1.476 | 1.410 | 1.312 | 1.266 |
Rp 6,3 juta | 2.841 | 2.015 | 1.629 | 1.474 | 1.407 | 1.311 | 1.243 |
Rp 6,5 juta | 2.820 | 2.000 | 1.617 | 1.463 | 1.396 | 1.301 | 1.234 |
Rp 6,7 juta | 2.798 | 1.984 | 1.605 | 1.452 | 1.386 | 1.292 | 1.225 |
*harga on the road Jakarta-Tangerang | |||||||
*sumber: Wahana Honda |
Simulasi Kredit Honda PCX 160 2021 ABS : Rp 34,101 Juta | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uang Muka | 11 | 17 | 23 | 27 | 29 | 33 | 35 |
Rp 4,5 juta | 3.447 | 2.448 | 1.966 | 1.779 | 1.700 | 1.583 | 1.530 |
Rp 4,9 juta | 3.403 | 2.418 | 1.942 | 1.757 | 1.679 | 1.564 | 1.511 |
Rp 5,3 juta | 3.318 | 2.344 | 1.890 | 1.706 | 1.629 | 1.515 | 1.462 |
Rp 5,7 juta | 3.276 | 2.315 | 1.866 | 1.685 | 1.609 | 1.496 | 1.444 |
Rp 6,1 juta | 3.233 | 2.285 | 1.842 | 1.664 | 1.588 | 1.477 | 1.426 |
Rp 6,5 juta | 3.190 | 2.255 | 1.818 | 1.642 | 1.568 | 1.459 | 1.408 |
Rp 6,7 juta | 3.169 | 2.240 | 1.806 | 1.632 | 1.558 | 1.449 | 1.399 |
Rp 7,1 juta | 3.126 | 2.210 | 1.782 | 1.610 | 1.537 | 1.431 | 1.381 |
Rp 7,3 juta | 3.105 | 2.195 | 1.771 | 1.600 | 1.527 | 1.421 | 1.372 |
*harga on the road Jakarta-Tangerang | |||||||
*sumber : Wahana Honda |
Kehadiran skutik Honda PCX 160 memang menggoda, selisih harga tak berbeda jauh, namun bisa mendapatkan model yang benar-benar baru. Desainnya nampak mewah denagn sedikit sentuhan garis tegas dan tak mengubah dimensi terlalu banyak.
Namun rangka dan kaki-kaki dibuat baru seluruhnya. "Rangka dibuat lebih ringkas, jadi kapasitas bagasi dan tangki bisa lebih besar," ujar Jumpei Omori, Large Project Leader, Honda Motor Co. Ltd dalam presentasinya.
Begitu juga dengan jantung mekanis, Honda PCX 160 andalkan mesin berteknologi eSP+ (enhanched smart power plus). Mesin baru ini memiliki kapasitas 156,9 cc dan empat buah katup mesin.
Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm lalu torsi mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Naik cukup signifikan dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya, yang hanya punya tenaga 14,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Fitur yang disematkan juga sudah canggih, smart key system, panel instrumen digital baru, power outlet, bagasi 30 liter, rem cakram dikedua roda, lampu-lampu full LED sudah jadi standar setiap varian.
Bedanya untuk varian CBS, sistem rem mengandalkan CBS dengan pengendara cukup menarik tuas rem belakang untuk melakukan pengereman pada kedua roda sekaligus.
Sementara varian ABS dan e:HEV, sistem remnya mengandalkan teknologi ABS, yang mampu mencegah roda terkunci kala melakukan pengereman mendadak. Dan dua varian ini juga sudah dilengkapi HSTC sebagai standar.
Tahun 2021 besar kemungkinan Honda PCX 160 2021 akan menjadi salah satu skutik premium yang banyak disukai konsumen. Model total baru namun dengan kenaikan harga yang relatif tipis, jadi semakin value for money.
Apalagi output mesin yang semakin bertenaga, bahkan melampaui Yamaha Nmax 155 2021, menjadi daya tarik lainnya. Image skutik yang lemot jelas tak ada lagi untuk model terbaru ini.
Spesifikasi Honda PCX 160 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.935 x 742 x 1.108 mm | |
Sumbu Roda | 1.313 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Jok | 764 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 129 kg (CBS) 131 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Duplex steel cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/70-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |