Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Motor Sport 250 Paling Istimewa Saat Ini

Sejak Kawasaki Ninja 250R hadir di Indonesia, persaingan di kelas motor sport 250 cc full fairing diisi oleh motor-motor bermesin 2-silinder. Tapi, Kawasaki kembali memberikan gebrakan dengan menghadirkan Ninja ZX-25R tahun lalu.

Setelah dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Kawasaki Ninja ZX-25R terus jadi perbincangan. Peluncurannya sempat tertunda lama karena adanya pandemi Covid-19.

Baru pada Juli 2020, Kawasaki akhirnya merilis motor sport ini ke pasaran secara virtual. Kawasaki Ninja ZX-25R langsung mendapat sambutan yang positif lantaran menjadi produk paling istimewa diantara motor sport 250 cc lainnya.

Di tengah persaingan motor sport 250 cc 2-silinder, Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi motor sport 250 cc 4-silinder satu-satunya di Indonesia saat ini. Dengan begitu, otomatis tidak ada kompetitor sekelasnya yang menyaingi motor ini.

Penampilan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021


Desain Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 sekilas mirip dengan Ninja 250 yang menggunakan mesin 2-silinder. Namun, bagian bodinya terkesan lebih padat dan gemuk. Sebab, konstruksi mesinnya menggunakan 4-silinder segaris.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 memiliki panjang 1.980 mm, lebar 750 mm, dan tinggi 1.110 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 mm, jarak terendah ke tanah tercatat 125 mm, dan tinggi tempat duduknya hanya 765 mm. Bobotnya sendiri mencapai 180 kg untuk tipe standar dan 182 kg untuk tipe Special Edition.

Lampu depan dan belakangnya dibuat dengan model yang tajam. Di atas lampu depan, terdapat ram air duct yang berfungsi untuk jalur masuk udara yang dibutuhkan mesin.

Tangki bahan bakarnya memiliki lekuk yang tajam, sehingga membuat tampilannya terkesan berotot. Tempat duduknya dibuat terpisah, menyisakan ruang untuk pemiliknya memodifikasi dengan single seater cover.

Untuk urusan kaki-kaki, Kawasaki Ninja ZX-25R juga terlihat spesial. Suspensi depannya mengandalkan suspensi model upside down dari Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP).

Suspensi belakangnya menggunakan horizontal back-link yang menawarkan karakter progresif yang berkontribusi pada handling motor supersport. Desain swingarm pun model banana, layaknya motor gede (moge).

Rodanya juga menggunakan ukuran yang lebar. Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 menggunakan ban merek Dunlop GPR300 tipe radial dengan ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang berukuran 150/60-17. Ban tersebut juga memberikan grip yang istimewa, baik dalam kondisi aspal kering maupun basah.

Silencer dengan desain pendek memberi kesan ringan, racy image dengan lubang akhir besar mencerminkan performa tinggi dari Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Posisi Berkendara Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Motor sport 250 cc 4-silinder ini menawarkan posisi berkendara yang sporty dan agresif. Tapi, justru itu yang membuat handlingnya menjadi lebih mumpuni dan gesit dipakai.

Tangki bahan bakarnya mudah dijepit kedua kaki. Sehingga, kontak pengendara dengan motor jadi lebih baik. Bantalan tempat duduk juga memberikan potensi sport riding dan kenyamanan.

Tinggi tempat duduk yang mencapai 785 mm, cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Meski bobot motor mencapai 182 kg, tapi saat melaju dan diajak bermanuver tak ada kendala sama sekali.

Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dibekali dengan mesin berkapasitas 249,8 cc, 4 silinder segaris, DOHC, berpendingin cairan, dan 16 katup. Diameter pistonnya 50 mm dan langkahnya 31,8 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,5:1.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 50 PS pada 15.500 rpm. Tenaganya bisa tembus 51 PS ketika ram air aktif, karena udara dari depan masuk lebih kuat. Sedangkan torsi maksimumnya, mencapai 22,9 Nm pada 14.500 rpm.

Mesin ini dikembangkan dari mesin Ninja ZX Supersport lainnya. Mesin baru ini menawarkan putaran mesin yang cepat dan berkarakter fleksibel yang mengombinasikan torsi low mid yang kuat untuk city riding dan power screaming di rpm tinggi untuk riding di sirkuit yang mencapai lebih dari 17.000 rpm.

Untuk mengimbangi performa yang dihasilkan mesin 4-silinder ini, Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dilengkapi dengan rem depan cakram radial-mount monoblock caliper berukuran 310 mm dan rem belakang cakram berukuran 220 mm. Terdapat juga pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya.

Fitur Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dibekali dengan segudang fitur yang canggih dan banyak ditemukan pada moge supersport. Sistem pencahayaan lampu depan dan lampu belakang sudah mengadopsi teknologi LED.

Panel instrumen berdesain canggih dengan tachometer analog besar diapit oleh lampu indikator dan layar LCD multi fungsi, dan lainnya. Terdapat tampilan odometer, dual trip meter, sisa jarak tempuh, konsumsi bahan bakar rata-rata dan pada saat berkendara, temperatur udara, temperatur coolant yang tersedia dalam grafik bar dan juga angka, penunjuk jam, Power Mode, KTRC, KQS, dan Eco Riding. 

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 juga sudah dilengkapi dengan Center Ram Air Duct System. Ram Air Duct System dengan posisi tengah merupakan fitur trademark dari beberapa model Kawasaki Ninja ZX lainnya dan dirancang dari feedback Ninja H2 untuk meningkatkan kinerja mesin.

Kawasaki Traction Control (KTC) juga dapat ditemui pada motor sport ini. Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah yang pertama menggunakan fitur traction control di kelas 250 cc. Ada 3 tingkatan kontrol traksi dan dapat disetel Off.

Fitur Power Mode juga disematkan dan dapat diatur dengan mode Full atau Low. Mode Low hanya menggunakan 70 persen potensi mesin dan putaran mesinnya tidak seringan mode Full.

Salah satu fitur unggulan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah Kawasaki Quick Shifter (KQS). Dengan fitur yang berfungsi di atas 2.500 rpm ini, pengendara tidak perlu menarik tuas kopling saat naik atau turun gigi.

Di sektor mesin, ada juga fitur-fitur unggulannya. Motor full fairing ini disematkan teknologi Electronic Throttle Valves yang memberikan respons mesin yang halus dan natural yang difasilitasi juga Power Mode, Traction Control, dan Quickshifter.

Assist & Slipper Clutch juga dapat ditemukan pada motor ini. Fitur tersebut terinspirasi dari teknologi kopling motor balap dan memberikan rasa ringan pada tuas kopling, serta meredam hentakan mesin saat melakukan penurunan gigi secara ekstrem.

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Kawasaki Ninja ZX-25r 2021 hadir dengan dua tipe, yakni Standar dan Special Edition (SE). Tipe Standar tersedia warna Metallic Spark Black dan dibanderol Rp 97,9 juta (on the road Jakarta).

Sementara tipe SE, tersedia tiga warna, antara lain Red Black, Candy Plasma Blue, dan Lime Green. Tipe ini dipasarkan dengan harga Rp 114,9 juta (on the road Jakarta).

Kesimpulan



Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 merupakan motor sport 250 cc. Tapi, motor ini mampu memberikan sensasi yang tak jauh berbeda dibanding motor gede pada umumnya, dengan sensasi suara dan raungan mesin empat silinder segaris.

Selain itu, fitur yang ditawarkan juga bisa dikatakan lengkap dan memiliki teknologi yang canggih. Dengan kelengkapan fitur tersebut dan mesin 4-silinder, tak heran motor ini memiliki banderol yang paling tinggi di antara motor sekelasnya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C (fr)
Ban Belakang 150/60R1M/C (rr)
Rem Depan Single 310mm (fr)
Rem Belakang Single 220 mm (rr)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat