COVID-19 masih mewabah di Indonesia. Namun, situasi tersebut tidak menyurutkan pemegang merek untuk merilis produk unggulannya kepada khalayak Tanah Air. Terbukti, beberapa motor baru meluncur di awal 2021 ini. Berikut rangkumannya.
PT Astra Honda Motor (AHM) memulai sepak terjangnya di tahun kerbau logam, melalui peluncuran All New Honda CBR150R. Impresi terhadapnya mengejutkan, lantaran CBR150R generasi kelima tak sedikit pun membawa desain model pendahulu.
Bisa dibilang, inilah evolusi bentuk tubuh yang mengentalkan DNA motor sport-nya. Terlebih CBR150R 2021 mengadopsi desain serupa dengan Honda CBR250RR. Mulai dari bentuk cover muka, lampu ganda hingga DRL yang menyatu dengan sein, benar-benar dibuat mirip. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada bentuk fairing samping, tangki, buritan dan knalpot.
Perawakan nan agresif itu nyatanya di optimalkan pihak pabrikan dengan mengubah sedikit rancang bangun. Alhasil, terdapat revisi pada posisi berkendara. Termasuk pula soal tinggi jok (782 mm) dan ground clearance (160 mm). Nominal itu lebih rendah dibanding CBR150R lama.
Artinya, ia lebih ramah untuk pengendara. Stabilitas berkendara terhadap Honda CBR150R terbaru pun ditingkatkan lewat pengadaan fork upside down (USD). Ditambah lagi sematan Assist and Slipper Clutch (ASC). Secara perbekalan, ia kini selevel dengan Yamaha R15. Meskipun, PT AHM tak melakukan perubahan masif seputar mesin.
Baca juga: Selain Desain, Intip Perbedaan Honda CBR150R Baru dengan Model Lama
Mengenai opsinya sendiri, Honda CBR150R 2021 hadir dalam dua varian yaitu CBS dan ABS. Untuk ketersediaan kelirnya sendiri ada sembilan, termasuk warna Tricolor yang belum lama ini ditambahkan bersamaan dengan CBR250RR. Honda CBR150R dijual mulai dari Rp 35,9 juta sampai Rp 40,8 juta (on the road Jakarta).
Pasca ingar bingar pemberitaan di Jepang maupun Thailand, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda PCX 160 di Indonesia. Berbeda dengan CBR150R, tampilan skutik medium dari kubu sayap kepak bak polesan semata.
Pengembangan sebenarnya justru terjadi pada struktur paling fundamental. Misalnya saja dari rangka. Model sasis duplex steel cradle yang digunakannya kini jauh lebih simple. Posturnya memang tak berbeda jauh dari Honda PCX 150.
Namun, perubahan inilah yang membuat PCX 160 unggul dalam hal akomodasi. Bagasi di bawah joknya sanggup menelan muatan sebanyak 30 liter. Jangankan dengan Yamaha NMax, daya tampung miliknya pun lebih banyak ketimbang PCX model lama (28 liter).
Baca juga: Honda PCX 160 2021 Makin Irit!
Meski begitu, daya pikat sesungguhnya dari PCX 160 terletak pada jantung mekanis. Bukan lagi bermodalkan mesin 150 cc dua katup. Konfigurasi mesinnya kini berubah menjadi 160 cc dan sudah empat katup. Soal performa jelas melabung karena outputnya kini mencapai 16,2 PS @8.500 rpm dan 15 Nm @6.500 rpm.
Terdapat selisih signifikan dari sang pendahulu (PCX 150) yang membuat pencapaian daya 14,7 PS @8.500 rpm serta torsi maksimal 13,2 Nm @6.500 rpm. Sekaligus pula melampaui pencapaian rival dari jenama garpu tala. Menariknya lagi, komponen pemasok daya darinya mampu mencatat efisiensi lebih baik. PT AHM mengklaim konsumsi BBM Honda PCX 160 2021 di angka 54 km/liter.
Peningkatan jua diikuti terapan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), guna menunjang keselamatan pengendara. Untuk dicatat, perlengkapan yang bersanding dengan sistem pengereman ABS ini hanya ada di PCX 160 tipe tertinggi. Pabrikan melegonya dengan banderol Rp 33,950 juta. Anda tetap bisa menikmati sensasi mesin baru PCX tadi lewat varian dasar (non-ABS) yang dijual Rp 30,350 juta.
Seraya pengenalan PCX 160 pula, APM Honda merilis Honda PCX Hybrid (e:HEV). Dari segi desain tak ubahnya dengan PCX bermesin konvensional. Hanya saja, ia ketambahan beberapa detail berwarna biru sebagai pembeda. Begitu pula soal penggunaan baterai. Yang membuatnya berbeda kini, tentu saja pasokan mesin 160 cc rancangan Honda tadi. Unit ini dibanderol Rp 43,550 juta.
Ada satu lagi produk yang ikut dikenalkan yakni Honda Forza 250 2021. Ia kian atraktif dengan lekuk bodi yang menajam. Begitu pula pada bagian cover knalpot. Penegasan sebagai skutik modern pun dipertahankan via terapan LED untuk seluruh sistem pencahayaan. Kebaruan pada sektor penerangan juga terlihat lantaran desain lampu sein di area spion ikut diperbaharui.
Baca juga: Tergoda Kredit Honda Forza 2021, Simak Cicilannya
Faktor kenyamanan Forza 2021 pun ditingkatkan karena memiliki setelan windscreen lebih tinggi. Ketinggiannya secara 40 mm yang artinya lebih optimal untuk menghalau terpaan angin ke wajah pengendara. Selebihnya, sistem kerja naik-turun item ini tetap dioperasikan via tuas layaknya mobil berpelengkap windows electric.
Peminat skutik bongsor ini mendapatkan pilihan warna Pearl Horizon White, Indy Gray Metallic, Mat Gunpowder Black Metallic. Paling baru adalah kehadiran kelir Candy Rosy Red. Keempatnya dilego setara yaitu Rp 83,810 juta.
Kabar kurang sedap malah datang dari pihak garpu tala. Awal tahun ini dimulai dengan pengumuman recall Yamaha TMax. Seperti dituliskan pihak APM yakni PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM), komponen front stop switch pada big scooter itu berpotensi membuat malfungsi pada cruise control dan lampu rem. Untuk itu para pemilik diminta untuk mendatangi diler terkait untuk mendapatkan pergantian komponen secara gratis.
Giat yang dilakoni Yamaha Indonesia tahun ini tak seagresif dua tahun belakangan. Usai merilis All New Yamaha NMax Connected, Yamaha XSR 155, Yamaha WR 155 R dan Yamaha Gear 125, aktivitas mereka kali ini hanya sebatas memberikan penyegaran warna saja.
Hal tersebut bisa Anda lihat pada pengenalan warna baru dari Yamaha MX King 150. Selang berapa hari, muncul juga skema kelir baru pada Yamaha R15 2021. Lantas dua hari berturut-turut (27 Januari dan 28 Januari 2021), tersaji pada Yamaha Fino 125 Sporty dan Yamaha MT-25 2021. Sementara di bulan ini, muncul suguhan kelir Prestige Silver pada Yamaha NMax Connected ABS.
Baca juga: Bukan Sekadar Ada, Ini Fungsi Kontrol Traksi Yamaha NMax dan Honda PCX 160
Memang belum ada produk lagi hingga Februari 2021 ini. Kendati begitu boleh diapresiasi karena penyegaran warna itu dilakukannya terhadap semua model. Dan yang pasti, tidak ada perubahan harga dari sebelumnya.
Daftar Harga Motor Yamaha 2021 | ||
---|---|---|
Yamaha MX King 150 2021 | Rp 24,075 juta | |
Yamaha R15 2021 | Rp 37,080 juta | |
Yamaha Fino 125 Sport 2021 | Rp 18,735 juta | |
Yamaha MT-25 2021 | Rp 55,460 juta | |
Yamaha NMax Connected ABS 2021 | Rp 33,750 juta |
Agresivitas muncul dari PT AHM. Hal itu terlihat jelas setelah meluncurnya All New Honda CBR150R dan Honda PCX 160. Teruntuk keduanya, sudah pasti menjadi ancaman bagi Yamaha R15 dan Yamaha NMax. Bukan cuma itu, Honda PCX Hybrid 2021 dan Honda Forza 250 2021 pun ikut ditawarkannya sebagai senjata Honda tahun ini.
Sedangkan dari pihak PT YIMM, dua bulan pertama 2021 ini hanya digagasnya melalui penyegaran warna saja. Maklum, senjata andalan mereka seperti NMax, XSR 155, WR 155 maupun Gear 125 sudah dilepasnya lebih dulu. Namun bukan berarti tak punya nilai saing, mengingat Yamaha Indonesia juga menawarkan keunggulan dari produk-produk buatannya tersebut. Bagaimana dengan jenama lain? Kita tunggu saja kejutannya!