Dibanding skutik Yamaha 125 cc lainnya, Yamaha FreeGo 2021 punya desain paling beda. Walau bermesin serupa dengan Yamaha Gear 125 2021 maupun Yamaha Fino 125 2021, nyatanya dia punya tubuh paling bongsor. Otomatis berpengaruh dengan bobot - lebih berat. Lantas, hal menarik apa yang membuat Yamaha FreeGo 2021 tetap pantas untuk dibeli?
Faktanya, motor matic ini bukanlah produk yang benar-benar baru. Sejak meluncur 2018 silam, belum ada lagi sentuhan berarti dilakukan terhadapnya. Di sisi lain, pihak Yamaha Indonesia seakan fokus dengan eksistensi skutik entry level (ditandai dengan peluncuran Yamaha Gear 125) dan Maxi Yamaha (All New Yamaha NMax Connected dan All New Yamaha Aerox Connected 2021).
Wajar jika kami beranggapan perannya tampak terlupakan. Padahal, sepeda motor Yamaha FreeGo digagas menjadi kompetitor Honda Vario 125. Meski secara postur berbeda, penetapan harga keduanya masih cukup selevel.
Bahkan lebih murah. Seperti ditampilkan oleh situs resmi pabrikan, harga Yamaha FreeGo 2021 dibanderol Rp19.275.000 (on the road Jakarta). Nominal tersebut tak semahal Honda Vario 125 CBS (tipe standar) yang dilego Rp20.600.000.
Pemandangan itupun masih terlihat kala membandingkan varian lain. Misalnya saja pada Yamaha FreeGo S Version (Rp20.815.000) dan Honda Vario CBS ISS berbanderol Rp21.505.000. Di tipe ini, skutik Yamaha lebih murah Rp690.000.
Baca juga: Review Yamaha FreeGo 2021, Skutik Praktis untuk Harian
Padahal dari sisi fitur, motor Yamaha FreeGo 2021 tak kalah lengkap. Tilik saja dari kedua varian di atas. Seperti halnya Vario CBS-ISS 2021, ia pun sudah dilengkapi dengan fitur penyala-mati mesin otomatis (Start & Stop System/SSS).
Dengan begitu, pembeli FreeGo S dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar selama perjalanan. Ketika fitur itu aktif (terletak di setang sebelah kanan), mesin akan mati otomatis saat bertemu kondisi idle (contoh: di lampu lalu lintas). Lantas tinggal puntir saja tuas gas untuk menyalakannya kembali mesin motor matic ini.
Hanya saja fitur SSS itu tak tersedia pada FreeGo termurah. Namun, baik Yamaha FreeGo maupun FreeGo S memiliki panel meter modern. Tampilan informasi serbadigital, dapat dilihat pada area kokpit dengan lampu latar berwarna biru.
Sementara power outlet absen pada Honda Vario 125, Yamaha Indonesia justru membekali fitur pengisi ulang daya gawai itu di semua varian Yamaha FreeGo 2021. Penyajian ini menarik, mengingat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah membekalinya sejak tipe FreeGo terbawah sekalipun.
Meski begitu, Anda harus membeli lagi konektor USB port agar kompatibel dengan smartphone. Baiknya pula, pengisian ulang baterai dilakukan dalam keadaan berhenti. Itu lantaran tak ada satu pun konsol di area tersebut yang dapat difungsikan untuk menaruh gawai.
Baca juga: Fitur Sama-sama Lengkap, Pilih Honda Scoopy 2021 atau Yamaha FreeGo 2021?
Bergeser ke bawah, terdapat sistem kunci berpengaman magnet. Tapi, sajian ini hanya terdapat di tipe terendah saja. Lain hal ketika Anda memilih varian di atas di mana sudah tersedia sistem penguncian modern (smart key system).
Untuk informasi pula, fitur yang ada di Yamaha FreeGo S dan FreeGo ABS 2021 tak disediakan sang kompetitor. Dengan sistem demikian, cukup menggunakan knop saja untuk proses mengontak maupun mengunci kendaraan.
Kuncinya pun sudah terintegrasi dengan immobilizer dan answer back system. Satu lagi. Walau ada perbedaan model kunci, semua opsi pada skutik ini sudah menyediakan tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Praktis.
Baca juga : Pilih-pilih Skutik Yamaha 125 cc, Yamaha Freego 2021 Paling Masuk Akal!
Seperti disebutkan sebelumnya, memang tak ada satu pun konsol di bawah kemudinya. Termasuk pula pada sisi kiri yang idealnya dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan. Sementara pada FreeGo, sisi itu justru digunakan untuk akses utama pengisian bahan bakar.
Letak tangki bensin Yamaha FreeGo sendiri berada di bawah pijakan kaki. Tak perlu khawatir akan keberadaannya di sana. Toh, bak tampungan bahan bakarnya itu sudah dilidungi pelat baja yang kuat. Pun ketika melewati gundukan karena motor matic ini punya ground clearance lumayan tinggi, 135 mm.
Baca juga: Pilihan Skutik Rp20 Jutaan, Dari Honda Scoopy sampai Yamaha FreeGo 2021
Lantaran penempatan tangki bensi itu pula, PT YIMM leluasa memaksimalkan akomodasi barang bawaan. Bagasi di bawah jok Yamaha FreeGo memiliki kapasitas 25 liter. Kalkulasi ini lebih besar dari kepunyaan Honda Vario 125 dengan kapabilitas sebanyak 18 liter.
Bukan cuma itu. Dari seluruh skutik 125 cc yang ada di pasaran, Yamaha FreeGo lah pemilik bagasi terluas di kelasnya. Seperti halnya Yamaha NMax, helm jenis full face sanggup ditelan bagasi FreeGo. Berikut beberapa barang lain semisal jas hujan atau sarung tangan.
Dari sisi dimensi, Yamaha FreeGo 2021 lebih besar ketimbang skutik 125 cc Yamaha lain. Namun, menurut kami pengendaliannya tak berbeda jauh dengan skutik entry level pada umumnya. Setelan jok 778 mm dan jarak kolong 135 mm, ideal dengan ukuran tubuhnya. Dan, tergolong moderat untuk kebanyakan motoris di Tanah Air.
Baca juga : Harga Yamaha Freego 2021 Naik Tipis, Tapi Kini Disajikan Dengan Kelir Baru
Kemampuannya dalam hal pengendalian jua ditunjang oleh aplikasi roda berukuran 12 inci - sama seperti sematan di Honda Scoopy 2021. FreeGo pun mengedepankan peredam kejut teleskopik dan suspensi tunggal di depan dan belakang (ciri khas skutik entry level).
Termasuk halnya pengereman. Penghenti laju pada Yamaha FreeGo mengandalkan cakram dan tromol (depan-belakang). Namun, ada tetap bisa mengoptimalkan sektor ini dengan membeli Yamaha FreeGo ABS 2021. Sistem rem bersensor padanya terletak di roda depan, sama seperti penyajian Yamaha Aerox 155 2021. Tentu dengan konsekuensi menebusnya dengan harga Rp23.190.000.
Secara klasifikasi mesin, Yamaha FreeGo 2021 mestinya tergolong ke dalam skutik entry level Yamaha. Namun, PT YIMM menerapkan desain berbeda terhadap motor yang pertama kali meluncur 2018 ini. Bisa dilihat pula, beragam benefit bisa Anda dapatkan dengan memilih produk berlambang garpu tala satu ini.
Pengisian bahan bakar tanpa harus membuka, bisa dijadikan nilai tambah ihwal kepraktisannya. Begitu pula jika Anda memilih FreeGo S maupun FreeGo ABS. Sistem penguncian tanpa anak kunci tak hanya menambah kemudahan dalam pengoperasian, melainkan juga lebih aman. Satu yang tak kalah penting, akomodasi barang bawaan yang berlimpah di bagasi. Dengan ketersediaan varian dan harga tersebut, menjadikan Yamaha FreeGo 2021 pilihan menarik bukan?
Daftar Harga Yamaha FreeGo 2021 | ||
---|---|---|
Yamaha FreeGo | Rp19.275.000 | |
Yamaha FreeGo S Version | Rp20.815.000 | |
Yamaha FreeGo ABS | Rp23.190.000 |
Spesifikasi Yamaha FreeGo 2021 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Air Cooled 4-Stroke,SOHC | |
Susunan Silinder | Single Cylinder | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Perbandingan Kompresi | 9,5 : 1 | |
Volume Silinder | 125 cc | |
Daya Maksimum | 9,5 PS @8000 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,5 Nm @5500 rpm | |
Sistem Starter | Electric & Kick Starter (Standart) | |
Sistem Pelumasan | Wet Sump | |
Kapasitas Oli Mesin | Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L | |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection | |
Tipe Kopling | Single dry clutch | |
Tipe Transmisi | Full Automatic | |
P x L x T | 1905 x 690 x 1100 (mm) | |
Jarak Sumbu Roda | 1275 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 778 mm | |
Berat Isi | 100 Kg | |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 L | |
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Telescopic Fork | |
Suspensi Belakang | Unit Swing | |
Ban Depan | 100/90 - 12M/C 59J - Tubeless | |
Ban Belakang | 110/90-12M/C 64L - Tubeless | |
Rem Depan | Single Disc Brake | |
Rem Belakang | Drum Brake | |
Tipe Busi | CR6HSA | |
Sistem Pengapian | TCI / Transistor | |
Battery | YTZ7V |