Kehadiran Yamaha YZF-R7 bukan lagi isapan jempol. Suksesor Yamaha R6 dipastikan rilis, walau kemungkinan besar tidak berlangsung tahun ini. Hal tersebut bahkan diperkuat setelah munculnya nama sang produk sebagai model 2022.
Seperti dilansir Bennetts.co.uk, motor itu sudah terdaftar dalam Califoria Air Resources Board (CARB). Memang baru sebatas melaporkan informasi emisi gas buangnya saja di negeri Paman Sam itu. Namun, dari daftar pula terungkap nama resmi yang akan diusung penerus R6 ini.
Menariknya lagi, ada dua model yang terpampang di laman itu yakni YZFR7NCB dan YZFR7NCL. Meski demikian tak ada penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi antar kedunya. Satu kepastiannya, motor sport baru Yamaha itu bakal menggunakan mesin kepunyaan Yamaha MT-07 sebagai basis.
Baca juga: Yamaha Siapkan Kelahiran Suksesor Yamaha R6
Secara regulasi, mesin dua silinder segaris CP2 dari MT-07 sudah memenuhi standardisasi Euro 5. Di atas kertas, jantung mekanis berkapasitas 689 cc ini, mampu melontar tenaga sebesar 74,8 PS di 8.000 rpm dengan torsi 68 Nm @6.500 rpm.
Persoalannya, Yamaha R7 mau tak mau bakal bersaing dengan Honda CBR600RR 2021 dan Kawasaki ZX-6R. Di mana kedua rival itu masing-masing berbekal mesin empat silinder. Artinya, sudah pasti output keduanya lebih besar dari Yamaha R7 jika benar mengusung mesin dua silinder.
Agak disayangkan bila demikian adanya. Pasalnya, baik CBR600RR maupun ZX-6R sanggup memuntahkan daya hingga 100 PS. Meski begitu, bisa jadi ini strategi unik dari Yamaha untuk bersaing dari sisi harga. Dengan pemilihan basis mesin itu (dua silinder), banderolnya tentu tak akan semahal kedua kompetitor.
Walau begitu, tampilan ala Yamaha R6 bisa tetap ditawarkan sebagai pemikat. Bisa jadi pula, desain itu dipadukan dimensi serupa dengan produk diskontinyu itu. Dengan kata lain, cukup mengganti saja mesin lama R6 dengan mesin baru berkapasitas 700 cc.
Baca juga: Bedah Teknologi, Motor Sport Setengah Miliar lebih, Honda CBR600RR 2021
Sebagai penggambaran, Yamaha R6 yang sudah setop produksi kali itu punya dimensi 2.039 x 695 x 1.150 mm (P x L x T). Ketinggian jok maupun ground clearance dari R6 sendiri, disetel masing-masing 850 mm dan 129 mm.
Sementara untuk bobot kosongnya mencapai 190 kg. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 18 liter pun tampaknya masih akan dipertahankan pada Yamaha R7 nanti.
Selebihnya tinggal menunggu saja, optimasi apa yang dilakukan Yamaha terhadap produk anyar tersebut. Selain menunjang pengendalian dengan sasis deltabox aluminium, fork upside down di depan dan suspensi tunggal berpelengkap piggyback sudah semestinya menjadi kelengkapan standar Yamaha R7.
Selebihnya, tak ada salahnya pula menerapkan perangkat elektronik yang sekarang ditemui pada Yamaha R1. Fitur semacam kontrol traksi, cornering ABS dan quick shifter sepertinya cocok diaplikasikan terhadap R7 ini.
Baca juga: Mengenal Quick Shifter, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja ZX-25R Benar-benar Butuh Ini?
Meski demikian, rasanya konsumen di Eropa atau Amerika Serikat yang bakal mendapatkannya lebih dulu. Semoga jua penyebarannya bisa dilakoni PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Tanah Air. Toh, lawan utama Yamaha R7 2022 yaitu Honda CBR600RR maupun Kawasaki ZX-6R sudah menanti. Kita tunggu debutnya!