Sanyang Motor alias SYM bakal mewarnai persaingan di segmen skutik medium 150 cc. Bukti itu nyata, mengingat produk terbarunya yaitu SYM Jet X 150 yang bakal tersedia di pasaran. Pertanyaannya, pantas kah lini buatan jenama Taiwan ini melawan Honda PCX 160 dan Yamaha NMax?
SYM Jet X 150 2021 semestinya bisa menjadi opsi baru selain dua jenama Jepang itu. Hal ini terlihat dari desain yang ditawarkannya. Sebagaimana pemandangan yang dirilis Paultan.org, skutik baru SYM hadir dengan perawakan tak ubahnya SYM Jet X 125.
Bisa dikatakan Jet X 150 mengadopsi sepenuhnya bahasa desain kepunyaan pemilik platform. Mulai dari bagian depan, wajah yang terkesan kaku itu dipadu dengan sematan lampu utama ganda LED. Di dalam rumah lampunya pun terdapat detail berupa daytime running light (DRL) dengan jenis lampu serupa.
Keunikan fasad SYM Jet X 150 juga terlihat di mana sepasang penerangan utama itu terpisah oleh rongga bak sebuah air scoop. Ada lagi yang tak biasa. Tengok saja terapan lampu sein LED di bagian atas cover itu.
Baca juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama
Idealnya pula sebuah skutik medium, dek SYM Jet X 150 cukup lapang guna mendukung fleksibilitas posisi kaki. Termasuk pula desain jok bertingkat yang diimbuhi aksen berwarna merah. Namun, porsi terbanyak jelas diberikan untuk sang pengendara. Perancangan demikian pun lantas dipadukan dengan penggunaan setang model telanjang layaknya Honda PCX 160.
Penyajian area samping SYM Jet X 150 pun tak kalah dinamis. Dua panel bodi dengan warna berbeda teraplikasi di bagian ini. Sementara bagian buritan dibuat meruncing mengikuti desain lampu belakang.
Berbeda dengan bagian depan, penerangan bagian belakang yakni lampu belakang, rem hingga sein terintegrasi dalam satu rumah. Keseluruhan pendarannya sudah menggunakan tipe lampu hemat daya. Selaras pula dengan headlamp, pihak pabrikan melakukan separasi pada lampu belakang SYM Jeet X 150 ini. Khusus sinyal belok, Jet X 150 lebih modern ketimbang Yamaha NMax yang masih berupa bohlam.
Memang belum sepenuhnya spesifikasi SYM Jet X 150 diungkap. Namun, hal tersebut tentu tidak dibutuhkan untuk mengetahui usungan kaki-kaki yang digunakannya. Pada suspensi depan, SYM Jet X 150 menggunakan fork teleskopik. Sementara pada bagian belakang, peredam kejut ganda dengan penyetelan preload dipakai sebagai perlengkapan standar.
Baca juga: Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax
Menyoal suspensi belakang, SYM Jet X 150 memang tak sekomplet Yamaha NMax yang sudah dilengkapi tabung (subtank). Meski begitu setidaknya penyajian darinya sedikit lebih kaya daripada Honda PCX 160. Jangankan subtank, suspensi skutik Honda itu juga tidak menyediakan pengaturan tingkat kekerasan.
Lantas pengereman. Penghenti kedua laju roda berukuran 14 inci SYM Jet X 150 didukung oleh cakram lumayan besar. Penyajian darinya, terutama cakram belakang berbeda dengan PCX 160 maupun NMax. Piringan kepunyaan SYM Jet X 150 justru terletak di sisi kiri atau bagian dalam CVT.
Memang pada unit yang diabadikan Paultan ini belum menyediakan sistem pengereman antilock braking system (ABS). Namun, sumber serupa menyebut versi SYM Jet X 150 ABS bakal ditawarkannya kepada konsumen ke depan. Jikapun berkaca pada SYM Jet X 125, kemungkinan besar versi terbawah Jet X 150 menggunakan pengereman CBS.
Baca juga: WMoto Xtreme 150i Siap jadi Kuda Hitam, Honda ADV150 bakal tetap Arogan?
Hal yang paling ditunggu tentu saja soal performa. Dikatakan mereka, SYM Jet X 150 menggendong mesin satu silinder berkapasitas 149,6 cc. Pencapaian dayanya adalah 12,4 PS @8.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal diperoleh sebesar 12 Nm pada putaran 6.000 rpm.
Mengenai hal ini, skutik SYM harus mengakui keunggulan para rival. Untuk diketahui, Yamaha NMax punya torehan output masing-masing 15,3 PS @8.000 rpm dan 13,9 Nm @6.500 rpm. Perbandingannya semakin jauh kala berhadapan dengan Honda PCX 160. Berkat mesin terbarunya, dia mampu membuat catatan tenaga 16 PS @8.500 rpm serta torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Bukan cuma kalah output, nyatanya SYM Jet X 150 juga lebih memiliki berat tubuh mencapai 140 kg. Ya, berselisih cukup jauh dengan Yamaha NMax dan Honda PCX 160 yang sama-sama punya timbangan badan 130 kg (Yamaha NMax standar) dan 131 kg (Honda PCX 160 CBS).
Dua faktor yang mesti dilihat ditujukan kepada kelengkapan fitur dan akomodasi. Mulai dari fitur, SYM Jet X 150 punya panel meter serba digital. Kemudian, sistem pengunciannya pun sudah menggunakan model keyless dan remote untuk answer back system. Tersedia pula sebuah kompartemen di sebelah kiri. Punya ruang lumayan besar dengan ketersediaan power outlet.
Baca juga: Butuh Performa dan Akomodasi, Honda PCX 160 Bisa Jadi Opsi Ideal
Sayangnya, akomodasi barang bawaan SYM Jet X 150 terpaut cukup jauh dengan kedua lawan. Disebutkan daya tampung ruang di bawah joknya hanya berkapasitas 18 liter. Jelas ini terjadi karena bagasi itu jua bersanding dengan tangki bensin 7 liter.
Sebaliknya, optimasi memuat barang lebih banyak didapat pada Yamaha NMax. Begitu pula Honda PCX 160 yang terang-terangan punya bagasi berkapasitas 30 liter. Ini didapat keduanya lantaran menempatkan tangki bensin diantara pijakan kaki. Bukan hanya berpengaruh terhadap distribusi bobot. Aplikasi demikian jua memudahkan pemilik saat ingin mengisi bahan bakar - tanpa harus membuka jok.
Walau terdapat beberapa kekurangan dibanding kompetitor, SYM Jet X 150 tetap menarik untuk menjadi pilihan. Untuk motoris di Malaysia, skutik ini kabarnya bakal dijual pada rentang harga RM8.000 dan RM10.000. Penetapan ini tentu lebih murah dari Honda PCX 160 maupun Yamaha NMax.
Lantas, semenarik itukah andaikata SYM Jet X 150 dipasarkan di Indonesia? Tentu saja, jika banderolnya tak lebih mahal dari skutik Honda dan Yamaha. Dengan begitu, pemegang merek dalam hal ini MForce Indonesia bisa mencuri pangsa pasar dari kedua pesaingnya tadi.