Honda Monkey 2021 Kemahalan? Kompetitornya Ini Dijual Dengan Harga Lebih Terjangkau

Masuk dalam kategori motor hobi Anda hanya bisa menemukan beberapa pilihan motor mini bike yang dijual secara resmi oleh agen pemegang merk di Indonesia. Yang paling terkenal tentunya Honda Monkey 2021.

Honda Monkey Z125

Jika kita kilas balik di medio 1970-an sampai 1980-an beberapa pabrikan sepeda motor berlomba - lomba mengenalkan mini bike dengan tampilan yang cukup beragam. Mulai dari MV Agusta 50, Honda Z50A, Suzuki Van - Van 50, SST Gemini 50 dan yang terakhir Yamaha Chappy 50.

Tapi motor satu ini dijual dengan harga yang relatif tinggi, lebih dari Rp 50 juta untuk sebuah motor kecil tentu untuk sebagian orang terasa tak wajar. Lantas jika hasrat untuk memiliki motor mini sudah menggebu-gebu, kenapa tidak mencoba opsi lain seperti Kawasaki KSR 110 Pro 2021.

Tampilan Kawasaki KSR 110 Pro yang mirip dengan Kawasaki KLX series.

Kesuksesan Kawasaki KSR 110 dimulai sejak 2011, walaupun di negara asalnya Jepang, KSR sudah hadir pada medio 90'an. Pembaharuan yang terus dilakukan, membuat PT  Kawasaki Motor Indonesia tergiur untuk mendatangkan KSR 110 ke Indonesia, untuk menjadi pemain tunggal di kelas motor mini bike kala itu. Bahkan ditahun 2014 KMI kembali memberi varian lain yaitu KSR 110 Pro, yang mana varian ini sudah dibekali kopling manual.

Baca juga : Honda Monkey 2021 Tawarkan Pembaruan, Ini Daftar Perubahannya

Sementara itu Honda Monkey Z125 menjadi motor kecil yang punya banyak varian sejak awal kemunculannya di medio 1968, namun perkembangan teknologi dan trend membuat Honda Monkey kini terlihat lebih modern. Pertama kali PT Astra Honda Motor membawa motor ini pada pertengahan tahun 2019 dalam bentuk CBU dari negara Thailand.

Desain Kawasaki KSR 110 Pro 2021 dan Honda Monkey 2021

Kawasaki KSR 110 Pro

Kawasaki KSR hadir dalam gaya supermoto mini, yang mana desain tersebut menjadi cikal bakal pada generasi penerus yang kini dipegang Kawasaki KSR 110, berjalannya waktu membuat tampilan Kawasaki KSR 110 berevolusi.

Garis bodi yang tajam menjawab perkembangan Kawasaki KSR 110 Pro ditahun 2021. Bahkan jika Anda perhatikan secara detail garis desain KSR 110 Pro tidak jauh berbeda dengan desain Kawasaki KLX series, hanya saja ukurannya lebih mini.

Honda Monkey di Thailand dengan beberapa pilihan warna.

Berbeda dengan Honda Monkey, motor yang awalnya menjadi mainan di salah satu taman bermain anak di Jepang terus dipertahankan hingga kini. Hanya saja Honda Monkey punya banyak generasi bahkan beda negara beda pula varian yang mereka tawarkan. Di Indonesia varian ini merupakan turunan dari varian Z50J yang bertahan sampai tahun 2017. Setang tinggi dengan identitas Honda Monkey masih ditawarkan pabrikan Honda hingga kini.

Baca juga : Review Lengkap Honda Monkey 2021, Motor Mungil dengan Desain Khas

Mesin Kawasaki KSR 110 Pro 2021 dan Honda Monkey 2021

Pertama kali PT Astra Honda Motor membawa motor ini pada pertengahan tahun 2019 dalam bentuk CBU dari negara Thailand. Masih dalam status yang sama Honda Monkey yang awalnya menggendong mesin 50cc kini mulai berevolusi dengan mesin PGM-FI (Programmed Fuel Injection System) 125 cc, SOHC, 4 -tak dengan transmisi manual 4 percepatan.

Mesin Honda Monkey kini sudah tidak mengandalkan kick stater.

Honda Monkey memiliki power maksimal mencapai 9,3 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11 Nm pada 5.250 rpm. Tidak butuh tenaga yang besar untuk menggerakan motor dengan dimensi panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.029 mm. Bobot kosong motor ini mencapai 107 kg dengan tambahan kapasitas bensin 5,6 liter.

Kawasaki KSR 110 dengan sistem percepatan otomatis menjadi motor awal kehadiran supermoto mini dari Kawasaki, namun ditahun 2014 Kawasaki membawa varian kopling manual yaitu Kawasaki KSR 110 Pro. Masih sama - sama mengandalkan pengabutan karburator (Keihin PB18), dengan tipe SOHC silinder tunggal, 4 percepatan manual, mesin 111 cc masih sanggup memuntahkan tenaga 8,6 PS pada 8.500 rpm dan torsi 8,1 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga : Tembus Rp 70 Juta, Cicilan Honda Monkey 2021 Ternyata Masih Terjangkau!

Kawasaki KSR 110 Pro mengandalkan pengabutan karburator. 

Tenaga tersebut masih sanggup mendorong motor dengan dimensi panjang 1,725mm, lebar 749 mm, dan tinggi 0,995 m, serta jarak sumbu roda 1,020 mm. Kapasitas tangki bahan bakar motor berbobot 94 kg ini dapat menampung 7,3 liter bensin. Bobot yang lebih ringan dan kapasitas bensin lebih besar tentunya menjadi salah satu poin pemilihan motor mini bike.

Fitur Kawasaki KSR 110 Pro 2021 dan Honda Monkey 2021

Kawasaki KSR 110 Pro menjadi motor yang minim akan fitur dan teknologi terkini, motor pabrikan geng hijau ini masih menggunakan pencahayaan bohlam dan panel meter analog. Namun untuk kenyamanan dan keselamatan, KSR 110 Pro sudah dibekali suspensi upside down dan rem cakram pada roda depan dan belakang.

Panel meter KSR 110 yang masih analog tanpa adanya indikator bensin.

Dibalut beberapa pembaharuan yang modern kini Honda Monkey sudah dibekali remote Answer Back System dan Anti Theft Alarm, suspensi depan upside down, panel meter digital dan sistem pencahayaan yang sudah LED lengkap dengan DRL pada lampu depan, dan sistem pengereman dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) yang sudah dilengkapi fitur Inertial Measurement Unit (IMU).

Sayangnya Honda Monkey hanya dibekali elektik stater tanpa melengkapi kick stater yang tentunya menjadi opsi disaat motor mengalami masalah pada aki.

Baca juga : Fakta Menarik Kawasaki Z125 Pro 2021, Layak Dipilih Ketimbang Honda Monkey dan Honda Grom 2021?

Harga Kawasaki KSR 110 Pro 2021 dan Honda Monkey 2021

Keduanya berstatus CBU, namun Kawasaki KSR 110 Pro dengan pilihan satu warna ini dibandrol lebih terjangkau yaitu Rp 34,7 juta sedangkan harga Honda Monkey dua kali lipat nya yaitu Rp 79,3 juta (on the road Jakarta). Dengan harga tersebut Anda diberi 3 pilihan warna yaitu hitam, merah dan kuning.

Salah satu sisi modern dari Honda Monkey Z125.

Kesimpulan

Pembeli mini bike tentunya sudah bisa menduga bahwa kenyamanan bukanlah yang utama, terlebih jika Anda memiliki tinggi badan diatas 170 cm. Menikmati perjalanan dari atas motor Kawasaki KSR 110 Pro dan Honda Monkey pastinya menjadi daya tarik orang di sepanjang perjalanan, dan bisa jadi inilah yang Anda inginkan bukan?

Berbicara soal harga jual, Kawasaki KSR 110 Pro dan Honda Monkey Z125 sudah masuk dalam kriteria motor hobi, yang dilepas dengan harga relatif tinggi. Tapi kalau sudah hobi, harga berapa pun akan dibayarkan bukan?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Monkey
Lihat