Hingga akhir 2020 lalu, Yamaha YZF-R15 menjadi motor sport entry level terlengkap soal optimasi berkendara. Di kelas 150 cc, dialah satu-satunya pengguna fork upside down (USD) dan assist and slipper clutch. Namun, situasi berubah pasca PT Astra Honda Motor (AHM) memugar Honda CBR150R. Tak cuma bermodalkan wajah. Kelengkapan seperti kepunyaan sang rival pun kini ditemui pada All New Honda CBR150R 2021.
Tampangnya sendiri berubah signifikan ketimbang model pendahulu. Yap, apalagi kalau bukan lantaran mengadopsi desain kepunyaan Honda CBR250RR 2021. Secara impresi jelas berubah jauh. Ditambah lagi dengan sematan berupa peredam kejut USD.
Faktanya pula, assist and slipper clutch kini tersemat di perangkat girboks Honda CBR150R generasi terbaru ini. Menariknya lagi, harga motor sport Honda ini ternyata masih lebih murah dari Yamaha YZF-R15 2021. Banderol termurah si kompetitor dipatok Rp37,405 juta. Sementara Honda CBR150R 2021 ditetapkan Rp36,180 juta. Yap, terdapat selisih sebesar Rp1,225 juta antar keduanya.
Baca juga: Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!
Dengan gap segitu, tentu menguntungkan buat Anda yang ingin membeli Honda CBR150R 2021. Toh, dua bekalan tadi sudah dipakai motor sport Honda ini. Walau begitu, PT AHM tak melakukan ubahan terhadap sektor jantung mekanis CBR150R baru. Sebagaimana dijelaskan saat peluncurannya awal tahun ini, ubahan hanya menyasar kepada area air cleaner dan saluran buang saja.
Dengan kata lain, mesin Honda CBR150R 2021 tetap mengandalkan tipe mesin DOHC, berkapasitas 149,16 cc dengan bore x stroke 57,3 x 57,8 mm dan rasio kompresi 11,3:1. Berkat rancangan tersebut, Honda CBR150R 2021 mampu menorehkan tenaga 17 PS @9.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm @7.000 rpm.
Baca juga: Sebelum Membeli, Simak Kelebihan dan Kekurangan All New Yamaha R15
Sebaliknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum melakukan revisi apapun terhadap produknya tersebut. Pun halnya pada sektor pemasok output. Mesin SOHC dengan kapasitas 155,1 cc, masih menjadi andalan. Begitu pula terkait kalkulasi diamater dan langkah piston hingga perbandingan kompresi - tetap 58 x 58,7 mm dan 11.6 ± 0.4 : 1.
Melalui dapur pacu tersebut, Yamaha YZF-R15 2021 sanggup mendulang tenaga maksimum 19,3 PS @10.000 rpm. Sementara capaian torsi puncaknya, tercatat 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm. Dibandingkan si rival, performa mesin Yamaha YZF-R15 unggul 2,3 PS dan 0,3 Nm.
Baca juga: Simak Spesifikasi All New Honda CBR150R 2021, Kena Update Fitur dan Desain Makin Agresif
Secara logika, Yamaha YZF-R15 lebih baik dalam berakselerasi maupun menjangkau kecepatan tertinggi. Apalagi, bobot keduanya sudah dipukul rata. Berkat ketambahan fork upside down dan assist and slipper clutch, berat tubuh Honda CBR150R 2021 (non-ABS) bertambah dari sebelumnya 135 kg menjadi 137 kg. Prihal dua penilaian tersebut, tentu akan terbukti setelah keduanya diuji secara bersamaan.
Menurut kami, wajar jikapun Anda kepincut dengan Honda CBR150R 2021. Selain tampang yang serupa dengan Honda CBR250RR 2021, perangkat pendukung seperti fork USD dan assist and slipper clutch, sudah menjadi perlengkapan standarnya. Bukan saja selevel dengan bekalan Yamaha YZF-R15, harga jual Honda CBR150R 2021 pun lebih murah daripada Yamaha YZF-R15.
Baca juga: Pilih All New Honda CBR150R 2021 atau Yamaha R15 2021? Daripada Galau, Simak Dulu Komparasinya
Akan tetapi, Anda pun mesti memaklumi bahwa performa Honda CBR150R 2021 tak lebih baik dari Yamaha YZF-R15 2021. Satu-satunya impresi yang didapat oleh pembeli Honda CBR150R baru, terletak pada posisi berkendara. Selain sumbu roda, ketinggian jok dan jarak kolongnya pun ikut dipangkas. Alhasil, pengendalian terhadap Honda CBR150R 2021 menjadi kian proporsional dan bersahabat.
Perbandingan Mesin | ||
---|---|---|
Honda CBR150R 2021 | Yamaha YZF-R15 2021 | |
Tipe Mesin | DOHC empat katup | SOHC empat katup |
Kapasitas Mesin | 149,16 cc | 155,1 cc |
Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | Injeksi |
Bore x Stroke | 57,3 x 57,8 mm | 58 x 58,7 mm |
Rasio Kompresi | 11,3:1 | 11.6± 0.4:1 |
Tenaga maksimal | 17 PS @9.000 rpm | 19,3 PS @10.000 rpm |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @7.000 rpm | 14,7 Nm @8.500 rpm |
Transmisi | Manual enam percepatan | Manual enam percepatan |
Sistem Pendingin | Cairan | Cairan |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 12 liter | 11 liter |