Sekarang ini motor matic itu sudah menjadi andalan bagi semua lapisan masyarakat. Mau motor ringkas untuk sehari-hari ada matic entry level. Mau yang bagasi besar bisa pilih matic premium macam Honda PCX 150 atau Yamaha Nmax 155.
Mau motor matic yang besar untuk touring, bisa pilih Yamaha Xmax 250 atau Honda Forza 250. Nah, kalau mau motor matic kecil yang ringan, tapi gak pasaran dan kesannya laki banget juga ada, salah satunya Yamaha X-Ride 125 2022.
Motor matic satu ini memang agak beda, karena menawarkan desain tangguh ala motor petualang. Posturnya nampak lebih tinggi, setang lebar serta peredaman suspensi yang berkarakter empuk, nyaman untuk harian atau melibas jalanan rusak.
Baca juga : Yamaha X-Ride 125 Hadir dengan Warna Baru, Harganya Tak Sampai Rp 19 Jutaan
Sekarang ini Yamaha X-Ride 125 ditawarkan dengan 3 pilihan warna yakni Extreme Black, Attractive Red dan Exclusive White. Semuanya dipadu dengan striping menarik dengan motif ala-ala camo alias kamuflase.
Dibandingkan sejumlah model matic entry level Yamaha lainnya macam Mio M3 125, Mio Z, Soul GT 125, banderol Yamaha X-Ride 125 ini memang lebih mahal. Dari situs resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) angkanya Rp 18,99 juta on the road Jakarta.
Tentunya jika kalian mau beli motor ini bisa dengan cara tunai atau kredit alias mencicil. Bicara cicilan, dari simulasi kredit pada situs Yamaha Mustika Motor, angsuran termurah Rp 741 ribu saja, itu dengan uang muka sebesar Rp 4,95 juta.
Baca juga : Tampil Lebih Modern, Ini Bedanya Honda BeAT Street 2021 dan Honda BeAT Street Lama
Menariknya uang muka tadi sudah dipotong diskon, dari normalnya Rp 6,7 juta. Artinya ada diskon uang muka Rp 1,75 juta. Lumayan banget bukan? Dan dari tabel tadi, potongan uang muka berlaku untuk semua tenor kredit.
Masih terlalu mahal? Tenang, uang muka terendah yang bisa kalian pilih untuk membeli motor ini adalah Rp 750 ribu saja. Angsurannya Rp 887 ribu namun dengan tenor kredit 35 bulan, alias yang paling lama. Masalah ini tinggal kalian atur sesuai kemampuan kalian deh.
Baca juga : Adu Fitur Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, Harga Beda Tipis Dapat Apa?
Jika kompetitor sesama pemain Jepang seperti Honda BeAT Street atau Suzuki Nex Crossover menggunakan basis bodi dari matic entry level, maka Yamaha X-Ride 125 ini berbeda. Tak ada jejak Mio M3 125 atau model Yamaha lainnya pada desain motor ini.
Yamaha X-Ride 125 yang dijual saat ini adalah generasi kedua, yang memiliki penampilan lebih modern. Bagian depannya memiliki sudut yang tajam, menjorok ke depan dengan body moulding yang tegas dan berkesan kokoh. Tampak mukanya memang terlihat gahar dan juga modern.
Baca juga : Cuma Beda Gocap, Mending Beli Yamaha Gear 125 2022 atau Soul GT AKS SSS 2022 Nih?
Area ini berhiaskan lampu tunggal yang berkesan tekno dengan penerangan LED, serta telah dilengkapi dengan LED DRL pada bagian atasnya. Reflektor lampu jauh terletak di bawah.
Penggunaan setang model telanjang telah menjadi ciri khas dari skutik murah bergaya adventure, begitu pula dengan Yamaha X-Ride 125. Namun bentuknya terlihat proporsional, dengan peletakkan panel meter dan lampu sein yang pas.
Motor ini menggunakan dek rata, sehingga bisa dipakai untuk membawa barang. Bagian bodi belakang nampak tebal, karena punya bagasi yang lumayan besar, sebelum akhirnya semakin meruncing ke arah belakang, dengan sentuhan behel model tanduk yang sporty.
Secara dimensi motor ini masih mudah dikendarai, karena ternyata tak begitu besar. Panjangnya 1.860 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.070 mm. Sumbu rodanya 1.260 mm dengan jarak terendah 135 mm dan tinggi jok hanya 760 mm saja.
Baca juga : Harga Nyaris Rp.18Juta, Suzuki Nex Crossover 2021 Siap Lawan Yamaha X-Ride 2021?
Dipakai pengendara wanita pun rasanya tak ada masalah, karena bobot isi motor ini h anya 98 kg saja. Sementara kapasitas tangki bahan bakarnya 4,2 liter yang terkadang dirasa kurang besar.
Lagi-lagi dibandingkan dengan matic Yamaha lain, fitur yang dibawa Yamaha X-Ride 125 ini lumayan lengkap loh. Misalnya sudah ada Answer Back System, yang remote-nya terpisah dari anak kunci.
Kemudian lampu hazard yang sudah menjadi standar skutik Yamaha masa kini. Jok berdesain rata, layaknya sebuah motor adventure yang akan memudahkan pengendara untuk mengatur posisi duduk.
Lalu bagasi berukuran besar, ban tubeless dengan profil ban lebar ukuran 80/80-14 dan 100/70-14, Eco indicator sampai suspensi belakang model tabung yang kasih kesan padat untuk area kaki-kaki.
Dan diantara kompetitor sekelas, Yamaha X-Ride 125 ini punya keluaran tenaga dan torsi yang paling kuat, maklum mesinnya 125 cc sendiri, sedangkan kompetitor hanya 110 cc dan 115 cc saja.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dengan injeksi bahan bakar. Output maksimal yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 9,5 PS pada putaran 8.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang mampu diraih diangka 9,6 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.
Baca juga : Ada Potongan Rp 300 Ribu, Angsuran Termurah Honda BeAT Street 2021 Cuma Rp 700 Ribuan Saja
Well, menggunakan motor matic entry level dengan skin ala motor adventure memang akan membuat kalian beda sendiri diantara pengendara lainnya. Apalagi populasi pengguna pun tak sebanyak matic entry level kebanyakan.
Dengan tampilan lebih gagah dan macho, memang motor seperti ini lebih pas untuk konsumen laki-laki remaja. Meski begitu, efisiensi bahan bakar tetap irit kok, karena pakai basis mesin matic entry level yang memang fokus pada efisiensi bahan bakar.
Jadi, tergoda sama Yamaha X-Ride 125 gak nih?
Spesifikasi Yamaha X-Ride 125 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L xT | 1860mm X740 mm X 1070mm | |
Sumbu Roda | 1.260 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 760 mm | |
Berat Isi | 98 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Mesin | ||
Tipe | 4-stroke, SOHC, Blue Core | |
Jumlah Silinder | 1 | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | |
Kapasitas Mesin | 124,9 cc | |
Tenaga Maksimal | 9,5 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 9,6 Nm @ 5.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Sasis | ||
Tipe Rangka | Underbonce | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/80-14 | |
Ban Belakang | 100/70-14 | |
Tipe Ban | Tubeless | |
Rem Depan | Cakram |