Harga Lebih Murah Dari Honda CBR150R 2022, Ini 5 Daya Tarik Yamaha R25 Bekas

Beda kelas, tapi harganya mirip-mirip, pilih mana?
  • Performa jelas lebih kuat Yamaha R25.
  • Fitur kalah canggih dari sport 150 cc.

Harus diakui, sekarang ini untuk bisa memiliki motor sport full fairing minimal harus menyiapkan dana Rp 30 jutaan. Yup, dengan dana itu pun kalian hanya bisa mendapatkan motor sport full fairing kelas 150 cc.

Dari situs resmi masing-masing, saat ini termurah adalah Suzuki GSX-R150 2022 yang dilepas dari Rp 33,5 juta - Rp 37 juta. Disusul Honda CBR150R 2022 dengan rentang harga Rp 36,180 juta sampai Rp 41,080 juta. Paling mahal ada Yamaha R15 2022 dengan harga Rp 38,9 juta sampai Rp 44,1 juta.

Anggaplah kalian memiliki budget untuk menebus Honda CBR150R non ABS dengan livery Honda Racing Red yang dilepas Rp 36,880 juta, maka kalian bisa mendapatkan Yamaha R25 tahun 2016 ke bawah, seperti terpantau pada situs jual beli online.

Jika ingin menyisakan dana untuk perbaikan unit, kalian bisa menebus rakitan tahun 2015 yang memiliki rentang harga dari Rp 24 jutaan sampai Rp 33 jutaan. Hanya saja, harga tadi tak mengikat, tergantung kondisi unit, status pajak dan harga buka penawarannya.

Lantas jika memilih Yamaha R25 bekas, apa yang menjadi daya tarik dari motor ini?

Desain lama Yamaha R25 lebih disukai banyak orang.

1. Tampilan Sporty Banyak Disukai

Dibandingkan model update tahun 2019, model pertama dari Yamaha R25 lebih banyak disukai. Desain fascia lebih tegas, dengan sepasang lampu depan ganda yang besar namun memiliki sudut agresif, meski masih pakai halogen sebagai penerangannya.

Kemudian lekuk fairingnya pun lebih simple, bukan model bertumpuk (cross layer) seperti pada model update. Hanya saja cover tangki bahan bakar dirasa terlalu menjulang tinggi, dan nampak terlihat menonjol.

Buritan tentu tak ada masalah, dengan tampilan meruncing pada ujungnya, membuat bagian ini masih dipertahankan oleh Yamaha, termasuk juga untuk model naked bike-nya, Yamaha MT-25. Hanya memang bentuk sepakbor belakang sedikit aneh.

Baca juga : Timang-Timang Honda CBR150R 2022 atau Yamaha R15 Connected 2022, Mau Pilih Mana?

Perbandingan Yamaha R25 lama dan baru.

Memang harus diakui jika model generasi pertama ini sedap dipandang dari sudut mana pun. Desainnya relatif aman dan bisa diterima semua kalangan. Beda cerita pada model baru yang mengundang kontroversi, dan butuh waktu untuk menyukainya.

2. Mesin Lebih Bertenaga

Tentu saja dengan kapasitas mesin lebih besar, performa yang ditawarkan beda jauh dengan motor sport 150 cc apa pun. Yamaha R25 dibekali mesin 250 cc, DOHC 8 katup, pendingin cairan, dengan sokongan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston.

Output maksimal dari mesin ini mencapai 36 PS pada putaran 12.000 rpm, dengan torsi sebesar 22,1 Nm di 10.000 rpm. Output mesin tadi disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual enam percepatan.

Baca juga : Tenaganya Ngalahin Honda CBR250RR SP QS, Ini Motor Yang Akan Balap Pertama Kali di Mandalika

Mesin 250 cc jelas lebih kuat.

Bandingkan dengan sport 150 cc yang paling mentok hanya mampu mengeluarkan daya sebesar 19 PS saja. Tentu kalian akan merasakan mesin yang lebih kuat untuk penggunaan sehari-hari atau bahkan trackday.

Hanya saja, mesinnya ini masih terhitung sederhana karena tak ada fitur penyokong lain, seperti Assist & Slipper Clutch atau bahkan Quick Shifter yang sekarang sudah tersedia pada sosok Yamaha R15 model terbaru. Lebih kuat tapi kalah canggih!

3. Fitur Lumayan Lengkap

Apa yang jadi daya tarik dari motor sport 250 cc ini? Pertama panel meter digital-analog dengan ukuran yang besar. Jarum takometer yang naik-turun mengikuti putaran mesin, serasa memacu adrenalin lebih cepat kala digunakan untuk trackday.

Panel meter digital-analog jadi andalan.

Kemudian panel meter ini juga memiliki shift light, sebagai panduan untuk memindahkan gigi transmisi. Meski informasinya terhitung standar tapi lumayan, ada odometer, trip meter, fuel average, fuel real time dan jam digital.

Baca juga : Pilih Motor Sport 250 Cc Silinder Tunggal, Antara Suzuki Gixxer SF 250 2022 atau Honda CBR250R Sempak?

Untuk lampu-lampu, praktis hanya lampu belakang saja yang sudah pakai LED. Lampu depan dan sein masih halogen. Kemudian kunci kontak model biasa, tanpa adanya pengaman magnet.

Sektor pengereman, tentunya sudah cakram pada kedua roda dan tersedia opsi rem ABS jika kalian mengincar unit ABS. Desain pelek dan ukuran bannya terhitung apik, tapi sudah digunakan juga untuk Yamaha MT-15.

Lengan ayun asimetris yang kokoh.

Peredaman depan mengandalkan suspensi teleskopik dengan diameter tabung 41 mm, terhitung besar. Kemudian suspensi belakang pakai monosok yang bertumpu pada lengan ayun berdimensi besar dan kokoh.

4. Kaki-Kaki Nyaman

Daya tarik lain dari Yamaha R25 adalah karakter suspensinya yang terbilang empuk. Baik suspensi depan dan belakang, sama-sama mampu meredam guncangan dengan sangat baik dan menambah kenyamanan berkendara.

Karena empuk, tentunya dipakai melibas tikungan dengan cepat akan ada gejala mengayun. Dan sebagai informasi saja, suspensi depan pada motor ini model fix, alias tanpa setelan apa pun. Sedangkan belakang tersedia setelan preload saja.

Baca juga : Diskon Tembus Rp5 Juta, Harga Honda CBR250RR lebih Murah dari Yamaha R25

5. Kemudahan Mendapat Suku Cadang

buritan tak berubah sejak awal.

Yamaha dikenal dalam hal kemudahan mendapatkan suku cadang, baik di bengkel resmi atau online. Kalian juga bisa melihat ketersediaan melalui aplikasi Yamaha Part Catalogue yang bisa diunduh ke smartphone kalian.

Jika suku cadang yang dicari tak tersedia, kalian cukup menunggu dalam waktu sekitar seminggu. O iya, harga jual suku cadangnya juga relatif terjangkau untuk sebuah motor sport 250 cc.

Gimana, tergoda Yamaha R25 bekas?

Spesifikasi Yamaha R25 Old
Dimensi
PxLxT 2.090 x 720 x 1.135 mm
Sumbu Roda 1.380 mm
Tinggi Jok 780 mm
Jarak Terendah 160 mm
Tangki 14,3 liter
Berat Isi 166 kg
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 8 katup, pendingin cairan
Kapasitas 250 cc
Diameter x Langkah 60 x 44,1 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 36 PS @ 12.000 rpm
Torsi Maksimal 23,6 Nm @ 10.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Diamond
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Roda Depan 110/70-17
Roda Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha YZF R25
Lihat