Beda Karakter Handling Honda Vario 160 2022 dan Yamaha Aerox 155 2022, Mau Yang Lincah atau Stabil?

Kedua motor ini beda karakter handlingnya.
  • Keduanya punya dimensi dan suspensi belakang yang berbeda
  • Honda Vario 160 lebih compact dan lincah untuk di perkotaan
  • Yamaha Aerox 155 dengan wheelbase panjang membuatnya lebih stabil

Honda Vario 160 2022 diperbaharui untuk menggeser dominasi sport scooter dari Yamaha Aerox 155 2022. Karenanya banyak ubahan yang dilakukan PT Astra Honda Motor agar motor andalannya itu bisa sepadan dengan kompetitor dekatnya itu.

Mulai dari peningkatan spesifikasi hingga tenaga mesin, juga penggunaan rem belakang tipe cakram. Namun disamping itu semua, bentuk Honda Vario 160 tidak sepenuhnya berubah.

Masih menganut konsep matic perkotaan yang compact, hanya saja dibumbui dengan desain bodi gambot. Untuk mengimbanginya, kedua pelek Honda Vario 160 ribuat lebar lengkap dengan ban berprofil gambot.

Dengan segala perbedaan tersebut, tentunya cukup berpengaruh terhadap karakter suspensi dan handling. Karenanya kali ini mari kita bahas mengenai karakter suspensi dan handling dari kedua matic ini.

Keduanya punya dimensi yang berbeda, cukup mempengaruhi handling

Baca juga: Komparasi Posisi Riding dan Handling Yamaha Aerox 155 2022 VS Honda Vario 160 2022, Nyaman Mana?

Karakter Suspensi Beda Banget!

Suspensi depan Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155 masih menggunakan tipe teleskopik. Diameter as yang digunakan pun seragam, berdiameter 26 mm. Salah satu yang banyak dikeluhkan oleh pemilik Yamaha Aerox 155 adalah suspensi depan yang keras.

Keras yang dikeluhkan penyebabnya justru karena suspensi depan Yamaha Aerox 155 yang terlalu empuk, baru diduduki saja suspensi depan langsung amblas. Dengan begitu jarak main suspensi depan hanya tersisa sedikit.

Jadi wajar kalau saat melewati polisi tidur atau jalan berlubang, hentakan dari suspensi depan Yamaha Aerox 155 sangat terasa akibat suspensi depan yang mentok atau bottoming.

Suspensi ganda milik Aerox 155 dilengkapi tabung terpisah, beri kesan sporty dan menambah kenyamanan

Untuk suspensi depan Honda Vario 160 terbilang jarang mengalami bottoming, redamannya terasa lebih padat namun lembut. Sehingga bisa menyerap guncangan jalan rusak  dengan baik.

Baca juga: Komparasi Yamaha Aerox 155 2022 dan Honda Vario 160 2022, Mana Yang Lebih Nyaman Dipakai?

Penggunaan suspensi belakang ganda yang digadang-gadang akan hadir pada Honda Vario 160, nyatanya tidak terjadi. Nyatanya matic satu ini masih setia menggunakan suspensi tunggal untuk belakang, bedanya lebih panjang 11 mm dibanding generasi sebelumnya.

Honda Vario 160 tetap setia dengan suspensi tunggal di belakang, redamannya terasa agak keras

Karakter redamannya untuk postur 65 kg masih terasa keras seperti generasi-generasi sebelumnya, apalagi busa joknya juga terbilang keras. Redamanannya baru terasa pas ketika dipakai berboncengan.

Yamaha Aerox 155 menggunakan suspensi belakang dengan tabung terpisah. Selain membuat tampilannya lebih sporty, redamannya juga lebih baik. Untuk berkendeara sendiri masih terasa nyaman dan stabil.

Tapi ketika dipakai berboncengan, barulah sesekali terasa bottoming ketika melewati jalur yang cukup rusak. Namun balik lagi ke postur pengendara dan pembonceng yang ditopang oleh Yamaha Aerox 155.

Baca juga: Dipakai Boncengan, Nyaman Mana Honda Vario 160 2022 atau Yamaha Aerox 155 2022?

Handling, Lincah atau Stabil?

Jika bicara handling, baik Vario 160 maupun Aerox 155 memiliki keunggulan masing-masing. Pasalnya kedua matic ini memiliki wujud serta dimensi yang sangat berbeda.

Honda Vario 160 tetap tampil compact dengan panjang 1.929 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.088 mm. Sedangkan Yamaha Aerox 155 punya panjang 1.980 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.150 mm.

Dimensinya yang compact membuat Vario 160 lincah untuk memliuk cepat maupun ketika berada di perkotaan

Dimensi yang lebih gambot serta tambahan komponen lainnya membuat Yamaha Aerox 155 lebih berat. Untuk tipe ABS 125 kg dan non ABS 122 kg. Bandingkan dengan Honda Vario 160 yang cuma punya berat 115 kg untuk tipe CBS dan 117 kg di tipe ABS.

Belum lagi adanya perbedaan wheelbase yang cukup jauh. Honda Vario 160 hanya 1.277 mm sedangkan Yamaha Aerox 155 mencapai 1.350 mm. Dengan beragam perbedaan tersebut, wajar jika handling keduanya punya karakter yang berbeda.

Baca juga: Honda Vario 150 Ngejreng dengan Kelir Mirip Suzuki Nex, Vietnam Abis!

Wheelbase panjang bikin Yamaha Aerox 155 lebih stabil saat menikung kencang

Handling dari Honda Vario 160 terasa lebih lincah untuk meliuk-liuk, terutama dalam kondisi macet. Karena dimensinya yang lebih pendek, pengendara tidak terlalu khawatir menyenggol kendaraan lain.

Pelek serta ban lebarnya juga cukup membantu dari segi handling, traksi ban jadi lebih mencengkram dan stabil. Tapi memang kalau untuk diajak menikung kencang, sisi belakang jadi terasa sedikit limbung.

Beda dengan Yamaha Aerox 155 yang justru agak sulit untuk diajak bermacet-macetan, perlu perhitungan yang tepat agar tidak menyenggol kendaraan lain. Bobot yang lebih berat dan dimensin panjang memberikan keuntungan tersendiri.

Yamaha Aerox 155 jadi terasa lebih mantab ketika kecepatan tinggi, baik saat lurus atau menikung. Motor terasa lebih ‘anteb’ dan tidak terasa geol dari kaki belakang, salah satunya karena suspensi belakang ganda.

Nah, tentukan pilihan sesuai kebutuhan deh…

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 160
Lihat