Motor matic dulu dianggap hanya untuk pemakaian jarak dekat, gak bisa nanjak dan mesinnya gak kuat. Tapi sekarang sudah jauh berbeda, motor matic kini sudah bisa menjawab segala kebutuhan konsumen.
Lewat jalanan menanjak berliku kuat, dipakai riding jarak jauh pun bisa.
Bahkan kerap diandalkan untuk mengejar waktu, kala jam mepet masuk sekolah atau kantor.
Baca juga : Test Ride Lengkap Honda PCX 160 2022, Ketahui Plus-Minusnya Sebelum Beli
Kami mencoba membandingkan Honda PCX 160 2022 dan Yamaha NMax 155 2022, keduanya memenuhi seluruh kriteria tersebut. Tapi kali ini kami fokuskan pada akselerasi keduanya saja.
Tentunya akselerasi ini bukan berarti mana paling bagus buat kebut-kebutan, tapi mana yang lebih sigap dan bisa diandalkan untuk mengejar waktu. Jadi diantara keduanya mana paling bisa diandalkan?
Biar gak sekedar pakai feeling, kami juga gunakan Racebox, alat pengukur berbasis satelit sehingga lebih presisi. Bahan bakar yang digunakan pun sama-sama RON 92, begitu pula bobot rider yang mengendarai keduanya yakni 75 kg.
Baca juga : Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?
Hasilnya, akselerasi Honda PCX 160 2022 terbukti lebih gesit, tapi tak terlalu superior dari kompetitornya itu. Perbedaan akselerasi untuk tiap parameter sangat tipis sekali.
Misalnya untuk 0-60 km/jam, cuma selisih 0,03 detik saja antara 5,92 detik berbanding 5,95 detik. Lalu untuk 0-80 km/jam Honda PCX 160 mencatatkan 10,58 detik sementara Yamaha NMax 155 di 10,86 detik saja.
Jarak semakin melebar pada putaran atas dengan Honda PCX 160 mencatatkan waktu 19,46 detik untuk 0-100 km/jam. Lantas Yamaha NMax 155 butuh waktu 20 detik pas untuk mencapai kecepatan tersebut.
Baca juga : Begini Rasanya Menunggangi Honda PCX 160 2022, Lebih Baik Dari Pendahulunya?
Nah perkara top speed pun begitu, karena ternyata keduanya punya kecepatan puncak yang setara. Dari spidometer, Honda PCX 160 bisa melesat sampai 115 km/jam dan dari Racebox terbaca 110,2 km/jam.
Kemudian untuk Yamaha NMax 155 kecepatan tertinggi mencapai 117 km/jam, namun pada Racebox tercatat 110 km/jam. Tapi karena akselerasinya ada beda, maka saat sama-sama mencapai top speed, Honda PCX 160 akan di depan Yamaha NMax 155.
Data Akselerasi | |||
---|---|---|---|
PCX 160 | NMax 155 | ||
0-60 km/jam | 5,92 detik | 5,95 detik | |
0-80 km/jam | 10,58 detik | 10,86 detik | |
0-100 km/jam | 19,46 detik | 20 detik | |
0-100 m | 8,15 detik | 8,18 detik | |
0-201 m | 12,71 detik | 12,79 detik | |
0-402 m | 20,34 detik | 20,52 detik | |
Topspeed Spidometer | 115 km/jam | 117 km/jam | |
Topspeed Racebox | 110,2 km/jam | 110 km/jam | |
Konsumsi BBM (MID) | 39,3 km/liter | 42 km/liter | |
Konsumsi BBM (full to full) | 42 km/liter | 37 km/liter |
Beda dari versi 150 cc, Honda kini menerapkan mesin baru berteknologi eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc. Spesifikasinya pun berubah drastis dengan menggunakan format empat katup mesin.
Karakter mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.
Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Begitu pula Yamaha NMax 155 2022 yang berbeda dari versi sebelumnya, karena kini telah disematkan Smart Motor Generator (SMG). Starter motor kini lebih halus dan bisa disematkan teknologi Stop Start System (SSS).
Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, lalu ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.
Misalnya diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.
Dengan kepala piston yang lebih rata, rasio kompresi pun terkoreksi dari 10,5 : 1 menjadi 11,6 : 1. Tenaganya menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022?
Jadi mana yang akan kalian pilih? Keduanya tentu layak menjadi andalan sehari-hari. Kedua motor ini menawarkan kenyamanan berkendara jarak jauh, akomodasi yang mumpuni hingga akselerasi gesit yang relatif masih mirip.
Tentu hal selanjutnya bergantung pada isi kantong. Harga Honda PCX 160 kini direntang Rp 32,079 juta sampai Rp 35,510 juta (tak termasuk versi hybrid). Kemudian Yamaha NMax 155 diangka Rp 31,115 juta sampai Rp 35,250 juta. Harga otr Jakarta.