Pasar matic di Indonesia memang cukup besar dan terus mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Jadi tidak heran kalau pabrikan sepeda motor terus membuat matic dengan beragam model.
Tujuannya agar bisa menarik minat pembeli dari berbagai kalangan. Matic di Indonesia punya genre mulai retro modern, sporty, maxi, hingga adventure seperti Honda ADV 160.
Untuk wilayah Jakarta, Honda ADV 160 CBS kini dibanderol Rp 36 juta dan Rp 39,250 juta untuk tipe ABS. Bagi yang bosan dengan matic, ada opsi lain sport naked bekas dengan harga seperti ADV 160 lho! Berikut pilihannya.
Motor sport naked pertama yang bisa kalian dapat dengan rentang harga Rp 36-39 jutaan ada dari Kawasaki, yaitu Kawasaki Z250. Memang sih saat ini sport naked dari Kawasaki ini sudah tidak diproduksi kembali.
Baca juga: Spesifikasi Mesin Kawasaki Stockman 2023, Tangguh dan Minim Perawatan?
Buat yang belum sempat memilikinya, mungkin sekarang bisa jadi saat yang tepat. Dibekali mesin 250 cc 2 silinder sama seperti yang digunakan pada Ninja 250 FI generasi pertama dan juga digunakan pada Versys 250.
Karakter tenaganya cukup responsif di putaran rendah dan tengah, tapi untuk putaran atas memang kurang bertenaga ketika kondisi mesin standar. Apalagi putaran mesin tidak terlalu tinggi, 12.500 rpm sudah masuk red line.
Spesifikasinya 250 cc, DOHC 8 katup pakai diameter piston 62 mm dan panjang langkah 41,2 mm dengan perbandingan kompresi 11,3:1. Klaim tenaga maksimalnya 32 PS pada 11.000 rpm dengan torsi maksimum 21 Nm di 10.000 rpm.
Baca juga: Plus-Minus Kawasaki Stockman 2023, Seberapa Pantas Untuk Ditebus?
Seluruh lampu penerangan masih pakai bohlam, termasuk kedua lampu utamanya yang punya desain khas seperti topeng. Spidometernya pakai kombinasi analog untuk rpm dan layar digital untuk menampilkan informasi speed meter, fuel meter, odometer, trip, dan lainnya.
Dengan berat 168 kg membuat handling Z250 untuk perkotaan tidak terlalu agresif, dan butuh usaha ketika melewati jalur sempit. Namun untuk kecepatan tinggi akan terasa lebih stabil.
Kalau ingin tampil beda, bisa tengok merek asal Austria yang cukup terkenal di kancah off road, yaitu KTM dengan seri Duke 250. Duke sendiri menjadi keluarga di KTM, mulai dari 125 cc, 200 cc, 250 cc, 390 cc, sampai yang tertinggi 1290 Super Duke.
Baca juga: KTM RC 8C 2023 Ludes Dalam 2 Menit, Padahal Gak Bisa Punya STNK!
Motor ini juga khas akan karakter torsinya yang besar dan setia akan mesin 1 silindernya. Spesifikasi mesinnya 248,8 cc 1 silinder DOHC 4 katup injeksi berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan.
Pakai diameter piston 72 mm dan panjang langkah 61,1 mm serta rasio kompresi mencapai 12,5:1, dengan ukuran throttle body 38 mm. Tenaga maksimal Duke 250 side muffler diklaim di angka 29,9 ps di 9.000 rpm dengan torsi maksimal 24 Nm di 7.500 rpm.
Tendangan torsinya sudah terasa sejak rpm rendah, mulai 3.000 rpm motor ini sudah bisa memberi hentakan tiap bukaan gas. Tapi memang hawa panas dari mesin ini cukup terasa di kaki.
Desain Duke 250 side muffler sudah semakin mirip dengan keluarga Duke lainnya. Di mana desain headlamp kini pipih dan melancip, isinya ada DRL menggunakan LED tapi masih dengan lampu utama bohlam halogen.
Baca juga: KTM dan Husqvarna Punya Main Dealer Baru, Ada Promo Helm Nolan dan Interkom
Spidometernya super lengkap dan sudah full digital dengan warna latar oranye, sayangnya ukuran tulisan terlihat agak kecil dan desain font seperti pada kalkulator. Isi informasinya ada side stand indicator, shift light, trip 1 & 2, immobilizer, alarm indicator, dan temperatur coolant.
Karena menggunakan rangka tralis dan mesin 1 silinder, membuat Duke 250 punya bobot hanya berkisar 146 kg. Tentu saja membuat handling motor ini sangat lincah, hanya saja posisi berkendara layaknya motor minor fighter, jok tinggi dikombinasi setang lebar namun dekat ke arah pengendara dan posisi footstep sedikit nangkring.
Dari Yamaha juga ada sport naked dengan harga bekas bermain di rentang harga Rp 36-39,5 juta, yaitu Yamaha MT-25. Sport naked satu ini mengambil basic dari Yamaha YZF-R25 yang dilepas fairing dan menggunakan setang model pipa.
Baca juga: Yamaha RX-King Bergaya Bandungan, Tampil Rapi dan Branded!
Kelebihan dari motor ini adalan posisi berkendara yang nyaman ditambah dengan karakter suspensi empuk. Ini karena suspensi belakangnya tidak menggunakan pro-link atau uni-track, artinya monoshock langsung bertumpu ke swing arm.
Jadi sisi positifnya memang redaman sangat empuk, begitu juga dengan suspensi teleskopik depannya. Namun sayang kalau dipakai kencang, rasanya jadi sedikit limbung.
Yang kurang nyaman juga ada pada desain jok di mana MT-25 masih menganut desain jok sport yang tipis dan terpisah dengan pembonceng, sama seperti Z250. Cukup membuat panas bokong saat berkendara lama.
Tidak ada masalah pada mesin 250 cc, 8 katup DOHC, injeksi, 6 percepatan, dan berpendingin cairan ini. Karena tenaganya terasa terus mengisi di setiap putaran mesin.
Baca juga: Cek Harga Yamaha Byson Bekas, Favorit Jadi Bahan Custom
Mesin ini punya tenaga maksimal 36 ps di 12.000 rpm dan torsi maksimum 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Punya tenaga puncak dan torsi puncak di putaran atas, membuat karakter mesinnya seperti motor tipe sport.
Untuk fitur, lampu penerangannya masih menggunakan bohlam dan pakai spidometer kombinasi analog juga digital. Analog digunakan untuk menunjukan putaran mesin dan layar digital untuk menampilkan ragam infromasi. Ada juga shift light di sisi tengah dengan pancaran LED putih.
Jadi suka yang mana?