Tuas Rem Motor Aus Bikin Aki Tekor? Begini Penjelasannya

Tuas rem aus terlihat di ujung dalamnya.
  • Tuas aus bikin lampu rem menyala terus menerus.
  • Bisa berbahaya buat pengendara di belakang.

Salah seorang pembaca Autofun menceritakan motor matic injeksi, Yamaha Soul GT yang tiba-tiba mati setelah didiamkan sekitar dua hari. Dirinya mengaku jika sebelumnya kondisi motor normal tanpa masalah.

Hal ini cukup membuatnya bingung, apalagi komponen mesin, kondisi oli dan kelistrikan pada pengisian daya baterai motornya normal. Pun demikian dengan indikator check engine yang tak menyala sebelum mogoknya motor tersebut. 

Setelah diperiksa ternyata sumber masalah motor tersebut dikarenakan aki tekor dan kurang daya. Padahal usia pakai akinya masih cukup panjang. Kenapa masalahnya?

Baca Juga: Daftar Motor Kurang dari Rp 30 Juta, Pilih Honda, Suzuki, atau Yamaha?

Gara-gara Tuas Rem Aus

Penyebab tekornya aki tersebut ternyata soal sepele. Syahril, mekanik bengkel resmi Yamaha Bahana Motor di Cibubur, menyebut aki tekor disebabkan tuas rem depan yang sudah aus. 

Solusinya harus diganti

"Ini karena lampu rem menyala terus. Tuas atau handle yang sudah aus bakal menekan switch lampu rem ketika motor dihidupkan. Sehingga suplai listrik menjadi terbuang sia-sia," paparnya.

Memang, kondisi tersebut baru berefek dalam jangka panjang. Namun keausan handle rem ini kerap terabaikan dan jarang dicek. Sehingga masalah pun bisa tiba-tiba muncul. Biasanya keausan handle rem karena faktor usia pakai.

Solusinya, tuas rem harus diganti. Karena keausan handle rem tersebut tak bisa diperbaiki. Untuk tuas di master rem standar Yamaha Soul GT, harganya hanya Rp 32 ribu saja. Harga ini bisa saja berbeda di motor-motor matic lainnya.

Baca Juga: Ogah Percaya Kutukan, Bagnaia Nekat Pakai Nomor 1 di MotoGP 2023

Bisa Cek Kondisi Tuas Sendiri

Syahril mengatakan untuk rutin memeriksa keausan handle rem ketika servis, atau dapat dipantau sendiri. Caranya bisa dengan melihat nyala lampu rem saat motor dihidupkan. 

Lampu rem belakang kerap menyala bisa jadi gejala tuas rem aus

Jika lampu menyala ketika rem tak ditekan, bisa jadi dikarenakan tuasnya yang aus. Selain itu, dilihat dari fisiknya juga bisa terlihat di ujung bagian dalam tuas yang tak lagi rata.

Cukup Berbahaya Saat Berkendara

Dirinya menjelaskan lebih lanjut, jika kondisi ini tidak berpengaruh ke kampas rem, tapi lebih ke usia pakai aki yang makin singkat. Karena kondisinya berbeda dari kebiasaan pengguna yang sering menekan rem saat berkendara.

Tapi kondisi ini tetap berbahaya untuk pengendara di belakang. Karena pengereman motor tak terpantau dengan baik dari belakang.
 
Selain itu, segi keamanan saat motor dinyalakan juga cukup membahayakan. Karena motor masih bisa distarter tanpa menekan tuas rem.

Jadi, jangan lupa dicek rutin ya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Soul GT
Lihat