Skuter matic bermesin injeksi keluaran awal dari Yamaha, seperti Soul GT 115 sudah dibekali dengan lampu indikator kerusakan, atau check engine.
Sehingga masalah yang muncul terlihat dari nyala lampu tersebut. Salah satu masalah yang diinformasikan oleh lampu indikator tersebut adalah bagian kelistrikan.
Sayangnya, mengetahui informasi mengenai masalah di motor tersebut cukup sulit karena harus mengetahui kode angka melalui jumlah kedipan lampu.
Hal ini berbeda dengan Yamaha Maxi Series yang sudah dilengkapi dengan kode angka digital untuk mengetahui sumber masalahnya.
Baca Juga: Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022
Sehingga saat lampu menyala ada baiknya menyambangi bengkel resmi Yamaha untuk mengetahui kode dan kerusakan tersebut.
Seperti kode 46 yang dialami oleh Ketty, seorang pengguna Yamaha Soul GT (Spesifikasi | Berita) 115 buatan 2013.
Dirinya datang ke bengkel resmi Yamaha Bahana Motor, Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur karena mengeluhkan laju motornya terasa tersendat.
Selain itu, komponen kelistrikan seperti lampu-lampu, klakson dan sein pun tidak normal. Seperti indikasi aki mulai soak.
Padahal menurutnya aki belum lama diganti. Lampu indikator injeksi pun kerap menyala dan mati tiba-tiba.
Hal ini yang membuatnya khawatir dan langsung mengeceknya ke bengkel resmi. Setelah dicek menggunakan scanner, muncul kode kerusakan 46.
Baca Juga: Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Yamaha Soul GT 115 Bekas, Matic Murah Bertampang Muscle Car
Ternyata kode tersebut merujuk pada kerusakan komponen kiprok atau regulator motor.
"Kode 46 ini merupakan indikasi kerusakan kiprok atau regulator. Tapi belum tentu komponen itu yang rusak," ucap Zainal, mekanik Yamaha Bahana Motor.
Pasalnya, saat diperiksa kondisi baut positif aki di motor tersebut ternyata kendor. Ini karena kabel aki sempat dicopot ketika motor ditinggal mudik.
Solusinya pun diselesaikan cukup dengan mengencangkan baut-baut aki. Motor pun normal dan lampu check engine tak lagi menyala.
Meski demikian, Zainal mengatakan jika kerusakan kiprok pun bisa saja terjadi.
"Jika kondisi aki sehat, baut kencang tapi lampu indikator tetap menyala. Maka fix itu kiproknya yang rusak," wantinya sembari menyebut untuk segera dilakukan pergantian parts jika sudah rusak.