Memelihara sebuah motor bebek macam Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 150, itu ibaratnya mendapatkan paket combo. Lantaran secara performa keduanya cukup memuaskan.
Tapi ada satu lagi hal yang menarik dari kedua motor tersebut, yakni soal efisiensi bahan bakar. Yup, dari hasil pengetesan yang dilakukan tim Autofun.co.id ternyata keduanya terhitung irit!
Tapi seirit apa?
Nah, pengetesan yang dilakukan dengan cara memakainya untuk harian di dalam kota. Tentunya kondisi lalu lintas cenderung padat dan stop & go, sehingga motor kerap dipakai berakselerasi.
Karakter berkendaranya pun dipakai normal, bukan sengaja dibuat irit agar mesin bekerja dalam kondisi efisien terus menerus. Bahkan sesekali motor dipacu dengan cepat.
Baca juga : Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit?
Jika motor Honda dikenal irit itu memang benar adanya, bahkan termasuk Honda Supra GTR 150 yang dari hasil pengetesan internal kami dengan metode full to full, angkanya termasuk fantastis.
Yup, bisa menembus 46 km/liter lho untuk penggunaan dalam kota. Artinya jika dipakai untuk jalan jauh dengan laju kecepatan yang konstan, maka bisa lebih irit lagi.
Dan salah satu sebab kenapa bisa irit, karena output yang dihasilkan ternyata memang lebih besar, yakni 16,3 PS di 9.000 rpm juga torsi maksimal mencapai 14,2 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.
Spesifikasi mesinnya sendiri 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan, 149,16 cc dengan ukuran piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm, dengan transmisi manual 6 percepatan.
Meski tak seirit kompetitornya, namun raihan konsumsi bahan bakar dari Yamaha MX King 150 sudah memuaskan. Dan sebagai catatan, unit yang kami pakai adalah milik rekan yang dipakai sehari-hari dan jarak tempuhnya lebih jauh.
Tapi dengan hasil 42 km/liter masih terhitung memuaskan. Mungkin jika unitnya benar-benar gres dari pabrikan, rasanya bisa lebih irit lagi dan bukan tak mungkin sejajar dengan Honda Supra GTR 150.
Baca juga : Dipakai Harian, Seberapa Irit Bensin Honda Supra GTR 150 2023?
Yamaha MX King 150 mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57 mm dengan langkah piston 58,7 mm, transmisinya manual namun masih 5 percepatan.
Jantung pacu motor ini output maksimalnya 15,3 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm. Sedikit lebih rendah dari kompetitor dekatnya tadi ya!
Ingin memiliki motor dengan performa mumpuni, bobot yang ringan dan masih lincah dipakai harian, maka motor bebek bisa jadi jawabannya. Terlebih jika memilih bebek super seperti Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 150 ini.
Soal efisiensi pun tak diragukan lagi, karena basis mesin yang dipakai adalah milik motor tipe sport. Dan kala dipasang pada motor bebek yang punya bobot lebih ringan, maka akan membuatnya irit bahan bakar lantara power to weight ratio yang lebih bagus.