Seperti yang kita tahu kalau generasi Honda PCX (Spesifikasi | Berita) 160 di Indonesia khas akan desainnya elegan dan cukup memberikan kesan mewah bagi para penggunanya.
Bisa dilihat dari desain bodi gambot dengan lekuk bodi lembut dan penggunaan reflektor lampu utama besar.
Penyempurnaan terus dilakukan untuk membuatnya lebih modern seperti penyematan LED di seluruh lampu penerangannya.
Bodinya yang besar ditopang dengan sepasang suspensi belakang dan dengan balutan ban gambot.
Tapi di Honda PCX 160 ada perbedaan besar pada area kaki-kakinya karena pakai diameter pelek belang atau tidak seragam.
Karena roda depannya pakai lingkar pelek 14 inci lebar 2,75 inci dengan balutan ban 110/70-14, untuk roda belakangnya pakai lingkar pelek 13 inci lebar 3,5 inci dengan ukuran ban 130/70-13.
Baca juga: Lampu Check Engine Honda Vario 150 Nyala Jangan Panik, Ini Arti Kedipannya
Beda dengan PCX 150 generasi terakhir yang menggunakan lingkar pelek depan 14 inci lebar 2,15 inci dengan ban 100/80-14 dan belakang diameter 14 inci lebar 3,5 inci dengan ban 120/80-14.
Ubahan diameter atau lingkar roda belakang pada Honda PCX 160 tentunya bukan tanpa sebab dan buat buat gaya-gayaan, para tim teknikal juga R&D tentunya sudah mempertimbangkan segala hal.
“Kalau dibandingkan dengan PCX 150, tentu setiap model kami ada improvement sesuai kebutuhan konsumen, karena kami rutin mengadakan survey terhadap apa kebutuhan masyarakat dalam berkendara, sehingga diharapkan produk kami diterima dengan baik.”
“Perbedaan lingkar roda ini untuk memberikan kestabilan saat berkendara dan bermanuver. Tentunya juga lebih nyaman saat perjalanan jauh dan melewati permukaan aspal yang tidak rata,” ujar Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).
Meski ada perbedaan lingkar roda belakang, tapi ternyata ground clearance antara PCX 150 dengan PCX 160 tidak terpaut jauh, hanya 2 saja dari 137 mm pada PCX 150 menjadi 135 mm pada PCX 160.
Baca juga: Lima Fakta Honda Vario 110 FI Bekas, Cocok Buat Commuter Harian
Ground clearance yang tidak terpaut jauh tersebut karena adanya beberapa ubahan atau penyesuaian pada PCX 160 untuk menjaganya tetap tinggi, salah satunya suspensi belakang yang lebih panjang.
“Ada beberapa faktor pendukung agar ground clearance tetap tinggi. Seperti panjang suspensi belakang, engine mounting yang posisinya di atas, dan ukuran ban atau ketebalan ban,” rincinya.
Nah jadi seperti itu alasan mengapa Honda PCX 160 punya lingkar berbeda ya sobh!