Selain membeli motor matic baru, motor matic bekas bisa jadi pertimbangan untuk kebutuhan antar jemput sekolah anak.
Terlebih tahun ajaran baru anak sekolah akan segera berlangsung, dan motor jadi transportasi favorit untuk mengantar anak sekolah setiap harinya.
Nah, karena yang biasanya antar-jemput anak adalah sang ibu, maka kami pilihkan motor yang memang praktis dan banyak dipakai selama ini.
Kriterianya punya dimensi yang memudahkan, akomodasinya mumpuni juga efisien dalam konsumsi bahan bakar.
Dan yang pasti harganya lebih hemat ketimbang beli baru, tapi jangan jangan lupa spare dana untuk servis dan ganti part ya!
Pun harga yang tercantum tergantung pada kondisi motor, surat-surat, pajak hingga lokasi penjual ya.
Kira-kira motor matic bekas apa sih yang rekomen untuk antar jemput sekolah?
Baca juga : Daftar Harga Matic Bongsor Juni 2023, Honda PCX 160 Tembus Segini!
Kerap disebut dengan Honda BeAT (Spesifikasi | Berita) Eco, salah satu model yang laris dan diminati kala masa produksinya.
Modelnya ramping dan sporty, tak seperti generasi sebelumnya yang cenderung agak chubby.
Dilepas dengan harga Rp 15 jutaan untuk keluaran barunya, kini pasarannya mulai dari Rp 9 jutaan hingga Rp 12 jutaan.
Model ini sekaligus model peralihan sebelum masuk generasi terbaru dengan mesin eSP dan rangka eSAF yang diklaim lebih irit dan ringan.
Mesinnya sudah injeksi dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, serta kubikasi 108,2 cc.
Output maksimal dari motor ini mencapai 8,68 PS di 7.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9,01 Nm di 6.500 rpm.
Ukurannya tergolong ringkas dengan dimensi 1.865 x 666 x 1.068 mm (PxLxT), serta punya bobot 92-93 kg saja.
Pesaing terdekat dari Honda BeAT ini punya banyak pilihan, tapi untu yang sudah injeksi ada Yamaha Mio J atau GT dan juga Yamaha Mio M3.
Depresiasi motor ini lumayan banyak, sehingga bisa jadi opsi dengan budget yang lebih terjangkau.
Baca juga : Mulai Rp 12 Jutaan, Honda Vario 150 Jadi Opsi Matic yang Nyaman dan Kencang!
Yamaha Mio J misalnya harga bekasnya direntang Rp 4 jutaan hingga Rp 6 jutaan saja, untuk tahun produksi 2012-2014.
Lalu Yamaha Mio GT dikisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 6 jutaan untuk tahun produksi yang lebih muda, yakni 2014.
Jika ingin tahun muda bisa lirik Yamaha Mio M3 yang harga bekasnya dari Rp 10 jutaan sampai Rp 13 jutaan untuk tahun 2019-2022.
Kita mundur satu generasi untuk Honda Scoopy (Spesifikasi | Berita) bekas, yakni dengan tahun produksi 2017-2019.
Ciri khasnya motor ini sudah menggunakan pelek dengan lingkar 12 inci, dengan profil ban yang tebal.
Spesifikasi mesinnya pun identik dengan Honda BeAT Eco karena memang satu basis untuk keduanya.
Desain retro modern menjadi daya tariknya, sehingga ibu-ibu akan suka karena juga bisa dipakai untuk bergaya.
Nah, harga jualnya tapi agak sedikit lebih tinggi dari Honda BeAT Eco yakni direntang Rp 12 jutaan sampai Rp 17 jutaan untuk tahun 2017-2019.
Baca juga : Cek Harga Matic Setang Telanjang, Gak Cuma Honda BeAT Street!
Kalau mau motor matic yang punya akomodasi lebih mumpuni dibandingkan motor-motor di atas tadi, langsung cek deh Suzuki Address (Spesifikasi | Berita).
Apalagi dengan rentang tahun 2014-2018, harganya pun tak sampai Rp 10 juta lho.
Menariknya motor ini pun masih diproduksi dan keluar barunya sampai saat ini lho, jadi gak bakal terlihat terlalu tua.
Untuk rentang tahun produksi tersebut, harganya dikisaran Rp 6 jutaan hingga Rp 9 jutaan.
Andalannya tentu saja bagasi yang lapang, bisa menyimpan helm, masih ada dua buah konsol di depan, dengan tiga gantungan barang.
Mesinnya terhitung irit, apalagi kapasitas tangki pun 5 liter lebih, jadi sekali isi full tank bakal jarang mampir SPBU.
Dari Honda juga ada Spacy yang menawarkan akomodasi mumpuni, bagasi muat helm dan tangkinya sampai 5 liter lebih.
Bedanya mesin yang dipakai ada yang masih karburator dan sudah injeksi PGM-FI pertama, dengan dinamo starter kasar.
Harga jualnya pun terjangkau, direntang Rp 5 jutaan sampai Rp 9 jutaan, dengan tahun produksi 2011-2018.
Desainnya cenderung chubby, namun masih ramah untuk dikendarai wanita karena memang relatif ringan bobotnya.