Perubahan Honda RC213V, Tunggangan Marquez dari Tahun 2012-2016

Perubahan di Honda RC213V Marc Marquez kanan (2012) dan kiri (2016 plus winglet kecil)
  • Honda RC213V jadi andalan Marquez selama 11 tahun.
  • Ubahan terlihat langsung di fairingnya.

Selama 11 tahun bersama, tentu sulit membayangkan melihat motor Honda RC213V tanpa nomor 93 milik Marc Marquez, atau sebaliknya. Sebab keduanya seolah sudah identik. 

Sebab selain banyaknya kemenangan dan podium yang dicetak, sejak naik ke kelas MotoGP pada musim 2013 silam, Marc Marquez belum pernah sekali pun pindah tim dan tunggangan.

Peluncuran motor di Sentul.

Namun musim 2023 ini akan menjadi akhir cerita manis tersebut. Sebab Marc Marquez memutuskan hengkang dari Repsol Honda dan mengakhiri kontrak lebih awal dari jadwal yang seharusnya terjadi musim depan.

Marquez sendiri hanya memakai tipe Honda RC213V bermesin 1.000 cc dengan konfigurasi silinder tipe V4. Detail mesin bertenaga lebih dari 244 PS ini diantaranya, DOHC, 4 valve pneumatik, berpendingin cair.

Nama motor balap tersebut merujuk pada kode RC sebagai simbol motor balap 4-tak Honda. 

Lalu angka 213 sebagai simbol pengembangan motor ketiga yang diproduksi pada abad ke-21. Serta V untuk kode konfigurasi silinder mesin tersebut.

Baca Juga: Daftar Merek Motor yang Bakal Ramaikan IMOS+ 2023, Banyak yang Baru!

Penerus Motor Valentino Rossi

Versi tersebut merupakan penerus dari Honda RC212V dengan mesin 800 cc dan silinder V4 yang membawa Casey Stoner juara musim 2011. 

Keduanya seolah sudah identik.

Serta tunggangan legendaris, Honda RC211V yang jadi motor pertama Honda di ajang MotoGP. Motor tersebut bermesin V5, 990 cc yang sukses mengantar Valentino Rossi dan Nicky Hayden juara dunia MotoGP. 

Dan berikut ubahan bentuk dari awal Marquez bergabung dengan HRC hingga musim 2016.

Baca Juga: MGPA : Kesiapan MotoGP Mandalika Hampir 100%

Honda RC213V 2012

Meski baru membalap bersama tim Repsol Honda pada musim 2013, tapi sejatinya Marc Marquez sudah sempat menyicipi Honda RC213V sejak 2012.

Edisi tes pasca musim 2012.

Tepatnya saat sesi tes pasca musim balap 2012 di Valencia, Spanyol. Ketika itu, Marc Marquez belum memakai livery tim Repsol Honda di motornya.

Tampilan unit tesnya minimalis tapi menarik karena dilabur warna putih dengan grafis sayap merah di fairingnya. Serta ada pelek oranye yang kontras. Cocok buat inspirasi modifikasi nih.

Honda RC213V 2013

Setelah sesi tes pasca musim, Marquez resmi bergabung dengan tim Repsol Honda. Secara bentuk fairing, motor tahun 2013 masih mirip dengan versi sebelumnya.

Versi 2013.

Hal ini tampak dari kisi lubang udara atau ram air model split yang melebar di depan. Motor ini juga yang membawa Marquez merebut gelar juara dunia MotoGP di musim perdananya bergabung.

Honda RC213V 2014

Meski sukses di musim balap 2013, namun ada ubahan signifikan dari sisi bentuk ram air di bagian depan pada Honda RC213V 2014. Ciri khas knalpot under tail dan model terompet dari Termignoni masih terpasang.

Mulai ada emblem One Heart

Oiya, milai musim balap tahun 2014 ini juga slogan One Heart dan Satu Hati dari PT Astra Honda Motor (AHM) mulai tampil di fairing tunggangan Marquez.

Honda RC213V 2015

Peluncuran Honda RC213V 2015 dilakukan di Bali dengan nuansa tradisional yang kental. Secara desain, nyaris tak ada ubahan dengan tampilan musim sebelumnya.

Launching tim di Bali.

Termasuk pada bagian ram air yang masih berbentuk oval dan melebar di bagian fairing depan. Namun kesan lebih segar tampil dengan masuknya Red Bull sebagai sponsor. 

Logo banteng merah dengan lingkaran kuning dari minuman berenergi itu menghias bagian sepatbor depan dan undercowl di sisi bawah fairing. Sayangnya musim ini, Marc Marquez gagal mempersembahkan gelar juara dunia.

Honda RC213V 2016

Musim balap MotoGP 2016 ditandai dengan hadirnya winglet sebagai peranti penambah aerodinamika di motor. Awalnya diusung oleh Ducati dan kemudian diikuti oleh banyak pabrikan, termasuk di Honda RC213V 2016 Marc Marquez.

Gunakan winglet mungil di seri Australia.

Padahal saat peluncuran motornya di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pun, Honda RC213V masih tampil polos tanpa winglet. Penggunaannya pun masih malu-malu karena tak semua seri motor tersebut memakai winglet.

Menariknya, pengembangan desain winglet tersebut dilakukan sembari berjalannya musim.

Sehingga ada kalanya desain fairing dan posisi winglet di motor Marc Marquez berubah. Bahkan di seri-seri terakhir, tampangnya cukup radikal.

Di Misano dan Valencia Marquez gunakan winglet besar.

Oiya, mulai musim 2016 ini juga pemasok ban di MotoGP berganti, dari Bridgestone menjadi Michelin. Hasilnya, Marc Marquez sukses kembali merebut gelar juara dunia.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Banyak yang Belum Tahu, Kanebo Tak Boleh Untuk Ngelap Bodi!

Lap chamois bisa merusak bodi. Cara pakai yang salah memperparah efek merusak. Lap microfiber lebih direkomendasikan. Mencuci motor jadi ritual yang kerap dilakukan bikers, dan biasanya menggunakan kanebo untuk membasuh juga mengeringan bodi motor. Tapi tahukah kalian, kalau mencuci motor menggunakan kanebo sebagai alatnya, bisa membuat bodi motor kalian baret-baret! "Karena sekarang itu kanebo kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan, mereknya sudah banyak macamnya," buka Joddy Ario dari J

Tiga Teknisi Honda Siap Adu Kemampuan Dikompetisi Tingkat Dunia

Indonesia kirim tiga perwakilan. Ada tes tulis dan praktik. Pertama diadakan Honda Motorcycle Co Ltd. PT Astra Honda Motor (AHM) bakal mengirimkan tiga teknisi andalannya untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia, dalam ajang Honda Global Technician Contest Motorcycle (GTC) 2023. Kompetisi yang melibatkan seluruh teknisi Honda di dunia itu akan berlangsung di Honda Technical College Kanto, Tokyo, Jepang, 7-8 Oktober 2023. Event ini jadi yang pertama diselenggarakan oleh Honda Motor Co Ltd. Sebelum

Bukan 1 Tahun, Garansi Rangka Motor Yamaha Sekarang 5 Tahun!

Kasus rangka eSAF Honda bikin Yamaha ikutan repot. Yamaha membuat keputusan besar soal garansi rangka motornya. Kehebohan pembahasan rangka motor Honda yang belakangan ini terjadi, sedikit banyaknya berpengaruh terhadap Yamaha. Alhasil, membuat jenama garpu tala membuat keputusan besar terkait garansi rangka motor Yamaha. Seperti pernah disampaikan oleh Dyonisius Beti selaku President & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini. Semenjak kasus rangka eSAF merebak, ada sur

Murah! Tiket IMOS+ 2023 Dijual Mulai Rp 12.500 Saja

Lokasi pameran pindah ke ICE BSD. Harga berlaku untuk tiket pre sale. Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang sebelumnya digelar dua tahunan, kini rutin berlangsung tiap tahun. Dan pada penyelenggaraan ditahun ganjil ini, namanya menjadi IMOS+. Ajang IMOS+ 2023 akan berlangsung pada 25-29 Oktober mendatang. Selain nama gelaran yang sedikit berubah, venue acara pun berpindah. Baca Juga: Yamaha Jupiter Z1 2023 Dapat Penyegaran, Ini Bedanya Dari Tahun Lalu Lokasi Gelaran Pindah Yup, lokasi ev

Alasan Yamaha Gear 125 Bekas Layak Dipinang, Harga Murah Hingga Fitur Fungsional

Harga bekasnya mulai Rp 10 jutaan. Punya posisi berkendara nyaman dengan fitur fungsional. Solusi jika ingin membeli sepeda motor dengan harga lebih murah bisa pilih motor bekas, untuk pemakaian sehari-hari rasanya matic dengan mesin 125 cc akan lebih cocok salah satunya Yamaha Gear 125. Untuk harga barunya motor ini dibanderol Rp 18 jutaan dengan pilihan Standard Version dan S Version. Sedangkan untuk harga bekas kalau melihat di beberapa marketplace, sudah bisa dipinang dengan harga jual mulai

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor