Motor matic memang enak untuk dikendarai karena badan bisa sedikit lebih rileks karena hanya perlu mengontrol gas dan rem tanpa melakukan pergantian gigi.
Ini karena transmisinya bekerja secara otomatis yang diatur oleh CVT (Continuously Variable Transmission) dengan berbagai komponen di dalamnya, salah satunya adalah kampas kopling.
Kampas kopling motor matic memang berbeda dengan tipe manual seperti motor bebek atau sport, salah satunya karena kopling motor matic tipe kering dengan model 3 sepatu kampas.
Nah bagi yang masih memiliki Yamaha Mio karburator dan Honda BeAT series ada subtitusi kampas kopling nih.
Bisa menggunakan kepunyaan Suzuki Nex old atau generasi pertama, ini karena kampas kopling Nex old lebih terjangkau tapi dengan kualitas terjamin.
Yang sudah sering menangani pekerjaan ini adalah Fajar Jaya Sukmana dari bengkel FJR.
Baca juga: Panen, FIF Bukukan Laba Rp 3 Triliun di Kuartal Tiga 2023
“Awalnya mau beli kampas kopling untuk BeAT tapi ternyata habis, coba cek motor lain ternyata sama dengan Nex."
"Sudah pernah pasang dan bisa untuk BeAT karburator dan injeksi juga Mio dengan kode mesin 5TL.”
Secara fisik ketiga kampas ini punya bentuk yang mirip namun kampas Nex terlihat sedikit lebih panjang.
”Pemasangan tanpa rubahan. Yang dipakai sepatu kampas Nexnya saja, karena plat dudukan kampas koplingnya berbeda."
"Jadi plat kampas kopling tetap menggunakan bawaan,” ujar pria yang bengkelnya ada di bilangan Pondok Melati, Bekasi.
Yang tidak kalah penting adalah harga dari kampas Nex old lebih terjangkau, menurut part katalognya kampas yang dijual assy berikut plat koplingnya cuma Rp 124 ribuan.
Baca juga: Lagi Naik Daun, Segini Harga dan Cicilan Yamaha MX King 150 di Solo
Sedangkan kalau melihat di beberapa referensi, sepatu kampas kopling BeAT original dibanderol Rp 164 ribu, untuk Mio dijual assy dengan harga Rp 270 ribuan.
Harga tersebut tentu tidak mengikat, artinya tiap toko atau marketplace akan memiliki harga jual berbeda.
Lumayan hematkan?