Mana Lebih Irit, Honda CRF250 Rally atau CRF250L?

Uji konsumsi BBM Honda CRF250 Rally dan CRF250L
  • Dibekali mesin 250 cc 1 silinder yang sama.
  • CRF250L dilengkapi LAF sensor dan jumlah pin ECM lebih banyak.

Honda CRF250 Rally kedatangan saudaranya di Indonesia, usai PT Astra Honda Motor (AHM) menjual Honda CRF250L, keduanya memang punya jarak harga cukup jauh.

Kurang lebih beda harga mencapai Rp 13,030 juta OTR Jakarta, karena CRF250 Rally saat ini dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta.

Memang secara konsep keduanya cukup berbeda, CRF250 Rally punya desain ala motor pacuan dakar.

Motor ini siap diajak melahap jalur off road atau turing di jalur on road dengan kondisi jalan beragam.

Sedangkan CRF250L lebih ditujukan untuk digunakan pada jalur off road yang lebih ekstrim.

Baik untuk bermain di sirkuit atau blusukan ke jalur yang sempit, pasalnya motor ini memang punya bobot yang lebih ringan juga ramping.

Mesin Beda Tipis

Kalau melihat spesifikasi di atas kertasnya, kedua motor ini dibekali dengan spesifikasi yang sama, pakai mesin 4-tak DOHC 4 katup, 6 percepatan, dan pendingin cairan atau radiator.

Baca juga: Intip Jeroan Honda NSF250R, Mesin Setara CBR250R tapi Terlarang di Jalan Raya

CRF250 Rally dibekali kapasitas tangki bensin lebih besar

Kesamaan lainnya juga ada pada kombinasi diameter piston 76 mm dengan langkah 55 mm, rasio kompresi dipatok 10,7:1.

Dengan klaim tenaga maksimal 25,6 ps di 8.500 rpm serta torsi maksimal 23,1 Nm pada 6.500 rpm.

Meski begitu ternyata ada detail perbedaan mesin CRF250L dibanding CRF250 Rally, yaitu punya 48 pin ECM, LAF sensor, dan kumparan magnet punya derajat kerapatan berbeda.

Dengan detail perbedaan tersebut, ternyata membuat karakter kedua mesin ini cukup berbeda walau memiliki klaim tenaga maksimal yang sama.

Beda Karakter Honda CRF250L

CRF250L ramping dan punya respon tenaga lebih responsif

Perbedaan detail komponen pada CRF250L membuat karakter tenaganya terasa lebih responsif pada tiap bukaan gasnya.

Cocok sekali digunakan pada kondisi off road untuk dapat mengail traksi dan melewati obstacle dengan mudah.

Baca juga: Beda Rp 13 Jutaan, Apa Saja Beda Honda CRF250 Rally dan CRF250L?

Untuk CRF250 Rally tetap terasa responsif namun memang tidak seperti CRF250L.

Karakternya punya ‘nafas’ tiap gigi yang lebih panjang sehingga enak untuk digunakan turing jarak dekat maupun jarak jauh.

Ada tabung khusus yang mengolah gas buang CRF250L menjadi lebih bersahabat

Namun ada kesamaan dari keduanya, yaitu suhu panas mesin yang cukup terasa, bedanya di CRF250 Rally sedikit teredam.

Ini karena hawa panasnya tertahan bodi, kalau CRF250L hawa panasnya langsung terasa di kaki pengendara.

Konsumsi BBM

Lantas berapa konsumsi bahan bakar keduanya? Untuk mengetahui hal tersebut, kedua motor ini diisi bahan bakar RON 92 secara penuh.

Kemudian diajak berkendara sehari-hari dengan kondisi jalan pada umumnya.

Selain mengandalkan informasi rata-rata bahan bakar di MID, pengetesan juga dilakukan dengan cara manual full to full sebagai pembanding.

Baca juga: Cabutnya Marquez Beri Efek Domino, Kini Red Bull Hengkang dari Honda

Honda CRF250L (kiri) dan CRF250 Rally (kanan) punya konsep yang berbeda

Hasilnya Honda CRF250 Rally mencatatkan angka 31,3 km/liter untuk full to full dan 32 km/liter pada MID.

Sedangkan Honda CRF250L ada di angka Rp 28,6 km/liter untuk full to full dan 33,2 km/liter di MID.

Untuk pengetesan full to full ternyata keduanya terpaut tipis dan hasilnya bisa jadi lebih boros atau irit tergantung dari karakter jalan juga cara bawa kendaraannya.

Rata-Rata Konsumsi Bahan Bakar
Honda CRF250 Rally
Full to full 31,3 km/liter
MID 32 km/liter
Honda CRF250L
Full to full 28,6 km/liter
MID 33,2 km/liter
Spesifikasi
Honda CRF250L   Honda CRF250 Rally
4-tak, DOHC 4 katup, silinder tunggal, pendingin cairan Tipe mesin 4-tak, DOHC 4 katup, silinder tunggal, pendingin cairan
PGM-FI Sistem bahan bakar PGM-FI
249,67 Kapasitas mesin 249,67
76 x 55 mm Bore x stroke 76 x 55 mm
10,7:1 Rasio kompresi 10,7:1
25,6 ps @8.500 rpm Tenaga maksimal 25,6 ps @8.500 rpm
23,1 Nm @6.500 rpm Torsi maksimal 23,1 Nm @6.500 rpm
6 percepatan Transmisi 6 percepatan
Semi-double cradle, steel Rangka Semi-double cradle, steel
80/100-21 M/C 51P Ban depan 80/100-21 M/C 51P
120/80-18 M/C 62P Ban belakang 120/80-18 M/C 62P
Cakram tunggal 256 mm gelombang, kaliper 2 piston Rem depan Cakram tunggal 296 mm gelombang, kaliper 2 piston
Cakram tunggal 220 mm gelombang, kaliper 1 piston Rem belakang Cakram tunggal 220 mm gelombang, kaliper 1 piston
Showa, 43 mm upside down Suspensi depan Showa, 43 mm upside down
Aluminium swing arm, Showa dengan Pro-Link Suspensi belakang Aluminium swing arm, Showa dengan Pro-Link
2.229 x 903 x 1.203 mm P x L x T 2.230 x 920 x 1.415 mm
1.453 mm Sumbu roda 1.455 mm
277 mm Jarak terendah ke tanah 275 mm
893 mm Tinggi jok 885 mm
140 kg Berat isi 152 kg
7,8 liter Tangki bensin 12,8 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Awalnya pakai tenaga uap. Motor bensin pertama kali 1885. Awalnya bernama Patrol Bicycle. Fakta unik sepeda motor memang perlu kita ketahui, mengingat kendaraan jenis ini jadi alat transportasi yang sangat banyak digunakan di Indonesia, Selain praktis untuk mobilitas, sepeda motor juga dianggap sangat terjangkau, sehingga mudah didapat konsumen. Tapi bicara soal sepeda motor, kali ini Motofun akan membeberkan beberapa fakta unik terkait si kuda besi ini. Baca juga: Sejarah Awal Munculnya Sepeda
Selisih poin Bagnaia-Martin sempat mengecil jadi 7. Martin finish 10 pada race utama. Balapan menyisakan satu seri. MotoGP Qatar yang berlangsung akhir pekan kemarin menyajikan tontonan seru, salah satunya Francesco Bagnaia yang berhasil perlebar jarak klasemen. Usai MotoGP Malaysia sepekan lalu, jarak antara Bagnaia dengan Jorge Martin hanya terpaut 14 poin. Kemudian saat Sprint Race hari Sabtu (18/11/2023) sempat menipis dengan selisih 7 poin saja, usai Martin jadi pemenangnya. Sedangkan Bagna
Kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua mencapai 72 persen. Korlantas Polri tunjuk komunitas motor sebagai duta keselamatan berkendara. Gebyar Keselamatan 2023 menjadi wadah Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) untuk menggiatkan keselamatan dan kepatuhan berkendara di masyarakat. Dalam giat yang berlangsung di Lapangan Pusdik Lantas Polri, Sabtu (18/11/2023), pihak Korlantas Polri memberikan coaching clinic mengenai keselamatan berkendara. Diikuti 900 bikers da
Akselerasi Honda CRF250 Rally lebih cepat. Mesin Honda CRF250L lebih agresif. Harga terpaut Rp 13 jutaan. PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki dua produk sport 250 cc yang masuk kategori dual sport, yakni CRF250 Rally dan CRF250L. Yang disebut pertama sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2017 lalu, dan CRF250L baru debut tahun ini. Keduanya punya beda harga Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta. Tapi keduanya ternyat
Upgrade dari atas sampai bawah. Slang rem dan kaliper punya beragam pilihan warna. Gaya gesek kampas rem dengan cakram jadi lebih besar. Perangkat rem jadi hal yang cukup krusial pada sepeda motor matic, pasalnya motor matic memiliki engine brake yang sangat minim. Beda dengan motor manual yang saat deselerasi akan lebih terasa, apalagi jika dibarengi dengan menurunkan gigi membuat kinerja rem tidak terlalu berat. Bagi pemilik Yamaha Grand Filano yang merasa remnya kurang pakem, bisa melakukan u

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250L
Lihat