Basis Mesin Sama, Begini Performa Honda CRF250 Rally dan CRF250L

Keduanya CBU Thailand.
  • Akselerasi Honda CRF250 Rally lebih cepat.
  • Mesin Honda CRF250L lebih agresif.
  • Harga terpaut Rp 13 jutaan.

PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki dua produk sport 250 cc yang masuk kategori dual sport, yakni CRF250 Rally dan CRF250L.

Yang disebut pertama sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2017 lalu, dan CRF250L baru debut tahun ini.

Keduanya punya beda harga Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta.

Tapi keduanya ternyata pakai basis mesin yang sama, lantas bagaimana dengan performa keduanya?

Spesifikasi Mesin

Mesin 250 cc silinder tunggal DOHC 4 katup, assist & slipper clutch jadi andalan keduanya.

Bahkan keduanya memiliki klaim tenaga dan torsi serupa, yakni 25,6 PS @ 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm @ 6.500 rpm.

Meski begitu, perangkat pendukunh kinerja mesin ternyata banyak beda diantara keduanya.

Baca juga : Dijual Nyaris Rp 80 Juta, Pajak Tahunan Honda CRF250L 2023 Cuma Segini!

Mesin 250 cc DOHC.

Seperti pada ECM hingga detail sensornya berbeda. Sehingga hal ini membuat keduanya tak bisa saling tukar komponen.

Lanjut adanya EVAP, LAF Sensor dan CKP Sensor di Honda CRF250L. Tujuannya memberikan standar emisi yang lebih baik.

Jadi ECM alias otak si mesin dan juga kabel bodinya, gak bisa saling tukar pakai ya!

Honda CRF250L Kalah Gesit

Namun karakter keduanya memang berbeda, tenaga CRF250L terasa lebih responsif, terutama di putaran-putaran rendah.

Nafas mesin ditiap giginya terasa lebih pendek, karena karakter mesin yang lebih meledak ledak.

Honda CRF250L lebih pas untuk offroad.

Memang karakter seperti lebih banyak disukai, dan menyesuaikan dengan penggunaannya, untuk berkendara agresif saat trabasan.

Honda CRF250 Rally justru lebih smooth, namun tetap berasa memiliki tarikan torsi yang kuat.

Jantung pacunya memiliki karakter nafas panjang, sehingga cocok dipakai touring jarak jauh.

Baca juga : Beda Rp 13 Jutaan, Apa Saja Beda Honda CRF250 Rally dan CRF250L?

Perbedaan karakter mesin pun terlihat dari hasil akselerasi keduanya, yang diukur menggunakan Racebox, yang berbasis satelit.

Untuk parameter 0-60 km/jam, Honda CRF250L kalah setengah detik dengan hasil 3,86 detik berbanding 3,34 detik milik CRF250 Rally.

Lalu untuk parameter 0-80 km/jam, masih unggul CRF250 Rally dengan 5,5 detik berbanding 6,42 detik.

Honda CRF250 Rally kerap dipakai untuk touring.

Pun untuk parameter 0-402 meter, yang mana nafas dari CRF250L mulai habis untuk trek panjang, maka hasilnya 16,62 detik berbanding 17,48 detik.

Semakin berbukti dengan raihan topspeed yang terpaut cukup signifikan, dengan keunggulan dari CRF250 Rally.

Dengan nafas mesin lebih panjang, kecepatan yang bisa diraih juga lebih tinggi versi Rally.

Data Akselerasi
  Honda CRF250L Honda CRF250 Rally
0-60 km/jam 3,86 detik 3,34 detik
0-80 km/jam 6,42 detik 5,5 detik
0-100 km/jam 10,88 detik 8,92 detik
0-100 meter 6,77 detik 6,46 detik
0-201 meter 10,71 detik 10,18 detik
0-402 meter 17,48 detik 16,62 detik
Top Speed Racebox 120,7 km/jam 128,4 km/jam
Top Speed Spidometer 131 km/jam 136 km/jam
Konsumsi BBM
Full to Full 28,6 km/liter 31,3 km/liter
MID 33,2 km/liter 32 km/liter

Kesimpulan

Dengan karakter mesin yang agresif dan meledak-ledak, Honda CRF250L memang disiapkan sebagai mainan untuk trabasan.

Sedangkan Honda CRF250 Rally disiapkan sebagai motor touring dual purpose, yang bisa menaklukkan dua medan.

Maka pilihan tentu kembali ketangan konsumen, lebih suka trabasan atau touring tapi bisa juga untuk lintasi jalan off road ringan.

Baca juga : Bukan Cuma Bodi, Beda Honda CRF250L dan CRF250 Rally Ternyata Banyak!

Spesifikasi
Honda CRF250L   Honda CRF250 Rally
4-tak, DOHC 4 katup, silinder tunggal, pendingin cairan Tipe mesin 4-tak, DOHC 4 katup, silinder tunggal, pendingin cairan
PGM-FI Sistem bahan bakar PGM-FI
249,67 Kapasitas mesin 249,67
76 x 55 mm Bore x stroke 76 x 55 mm
10,7:1 Rasio kompresi 10,7:1
25,6 ps @8.500 rpm Tenaga maksimal 25,6 ps @8.500 rpm
23,1 Nm @6.500 rpm Torsi maksimal 23,1 Nm @6.500 rpm
6 percepatan Transmisi 6 percepatan
Semi-double cradle, steel Rangka Semi-double cradle, steel
80/100-21 M/C 51P Ban depan 80/100-21 M/C 51P
120/80-18 M/C 62P Ban belakang 120/80-18 M/C 62P
Cakram tunggal 256 mm gelombang, kaliper 2 piston Rem depan Cakram tunggal 296 mm gelombang, kaliper 2 piston
Cakram tunggal 220 mm gelombang, kaliper 1 piston Rem belakang Cakram tunggal 220 mm gelombang, kaliper 1 piston
Showa, 43 mm upside down Suspensi depan Showa, 43 mm upside down
Aluminium swing arm, Showa dengan Pro-Link Suspensi belakang Aluminium swing arm, Showa dengan Pro-Link
2.229 x 903 x 1.203 mm P x L x T 2.230 x 920 x 1.415 mm
1.453 mm Sumbu roda 1.455 mm
277 mm Jarak terendah ke tanah 275 mm
893 mm Tinggi jok 885 mm
140 kg Berat isi 152 kg
7,8 liter Tangki bensin 12,8 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Akselerasi Honda CRF250 Rally lebih cepat. Mesin Honda CRF250L lebih agresif. Harga terpaut Rp 13 jutaan. PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki dua produk sport 250 cc yang masuk kategori dual sport, yakni CRF250 Rally dan CRF250L. Yang disebut pertama sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2017 lalu, dan CRF250L baru debut tahun ini. Keduanya punya beda harga Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta. Tapi keduanya ternyat
Upgrade dari atas sampai bawah. Slang rem dan kaliper punya beragam pilihan warna. Gaya gesek kampas rem dengan cakram jadi lebih besar. Perangkat rem jadi hal yang cukup krusial pada sepeda motor matic, pasalnya motor matic memiliki engine brake yang sangat minim. Beda dengan motor manual yang saat deselerasi akan lebih terasa, apalagi jika dibarengi dengan menurunkan gigi membuat kinerja rem tidak terlalu berat. Bagi pemilik Yamaha Grand Filano yang merasa remnya kurang pakem, bisa melakukan u
Keduanya punya konsep dan peruntukan berbeda. Tangki CRF250 Rally lebih besar cocok untuk turing. CRF250L punya desain ramping yang lincah di jalur sempit. Setelah sukses dengan Honda CRF250 Rally yang diluncurkan tahun 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) masuk segmen trail 250 cc dengan Honda CRF250L. Keduanya ini punya harga terpaut jauh, bedanya mencapai Rp 13,030 juta untuk OTR Jakarta, karena CRF250 Rally dibanderol Rp 92,930 juta sedangkan CRF250L hanya Rp 79,900 juta. Lantas dengan beda harg
Didatangkan langsung dari Jepang secara utuh. Setara motor bensin 125 cc. Punya teknologi e-boost. Lagi-lagi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjadi pionir di Indonesia dengan menghadirkan produk terbarunya sebelum pabrikan lain. Kali ini KMI secara resmi memperkenalkan dan menjual motor listrik pertamanya di Indonesia yang didatangkan secara utuh dari Jepang. Diberi nama Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 dengan tagline Spark a New Era yang sebelumnya sudah mulai dijual di Amerika Serikat. Keduanya
Punya spesifikasi yang identik. Performa keduanya beda tipis. Harga Rp 140 jutaan. Tak perlu menunggu lama untuk PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengenalkan motor listriknya yakni Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1. Keduanya resmi dikenalkan untuk pasar domestik pagi hari ini (17/11/2023) di Jakarta. Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI menyebut jika produk motor listrik ini merupakan yang pertama setara mesin 125 cc. "Kedua motor ini dikembangkan sebagai motor listrik di kelas 125 cc perta

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250L
Lihat