PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini baru saja menambah line up maticnya, Suzuki Avenis 125 kali ini giliran Suzuki Burgman Street 125EX yang dihadirkan.
Suzuki Avenis 125 sendiri saat ini dibanderol Rp 30,180 juta sedangkan Suzuki Burgman Street 125EX dibanderol Rp 24,700 juta.
Dan estimasinya produk yang disebut terakhir baru akan didistribusikan ke pembelinya pada bulan Januari 2024.
Artinya kedua matic 125 cc CBU (Completely Build Up) India ini punya beda harga mencapai Rp 5,480 juta. Signifikan bukan?
Lantas dengan selisih harga tersebut apa saja beda fitur dari Avenis 125 dengan Burgman Street 125 EX?
Selain desain bodi, ada satu komponen yang bisa dibilang menjadi improvement dari Avenis 125 dan cukup menjadi banyak perbincangan sebelumnya.
Komponen tersebut adalah diameter roda belakang Burgman Street 125 EX yang menggunakan lingkar 12 inci.
Baca juga: Suzuki Satria F150 FI Versi 2024 Meluncur, Dijual Rp 33 Juta!
Pelek ring 12 incinya dibalut dengan ban berukuran 100/80-12 di sisi belakang, untuk depan 90/90-12.
Kalau Avenis 125 pakai lingkar pelek 10 inci di belakang dengan ban 90/100-10, depannya pakai ban 90/90-12.
Dengan lingkar roda berbeda ini membuat Avenis menerima banyak kritik, lantaran bentuk roda belakangnya jadi sangat kecil dan kurang proporsional.
Berikutnya kedua matic ini punya perbedaan tangki bensin, Suzuki Avenis 125 punya kapasitas tangki 5,2 liter dan Burgman Street 125 EX sedikit lebih besar, mencapai 5,5 liter.
Namun perbedaan tangki bensin ini bukan hanya pada kemampuannya menampung bensin, tapi posisi mulut tangki bensin dari keduanya juga berbeda.
Baca juga: Kampas Kopling Suzuki Nex Bisa Buat BeAT dan Mio, Lebih Hemat dan Kuat!
Avenis 125 yang lebih dulu hadir di Indonesia punya posisi mulut tangki bensin tepat di belakang jok atau di atas lampu belakang.
Selain membuatnya terlihat unik, dengan begitu mengisi bensin tidak perlu membuka jok.
Kalau Burgman Street 125 EX punya posisi tepat di bawah jok yang bersanding dengan ruang bagasi 21,5 liter, mirip seperti matic pada umumnya yang ada di Indonesia.
Di sektor mesin sebenarnya kedua motor ini menggunakan basic yang serupa, pakai mesin 125 cc berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance).
Punya kombinasi diameter piston 52,5 mm dengan panjang langkah 57,4 mm, rasio kompresi dipatok hanya 10,3:1.
Mesin tersebut pakai pendingin udara menggunakan kipas di sisi kanan, dan untuk menyalakannya masih tersedia kick starter.
Baca juga: Suzuki Andalkan Dua Model GSX Baru di EICMA 2023
Namun keduanya punya klaim tenaga maksimal sedikit berbeda, Suzuki Avenis 125 klaimnya punya tenaga 8,7 ps di 6.750 rpm serta torsi 10 Nm di 5.500 rpm.
Sedangkan Suzuki Burgman Street 125 EX ada di angka 8,5 ps di 6.500 rpm dengan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.
Masih di sektor mesin perbedaan selanjutnya Burgman Street 125 EX lebih canggih berkat teknologi EASS(Engine Auto Stop-Start).
Dengan begitu konsumsi bahan bakar bisa menjadi lebih efisien karena bensin yang terbuang percuma bisa lebih ditekan.
Oiya, sistem starternya juga sudah ‘halus’ karena menggunakan spull magnet untuk memutar kruk as, bukan lagi dinamo starter konvensional.
Dengan harga yang lebih murah Rp 5 jutaan dan bentuk lebih proporsional serta kelengkapan mesin lebih modern, rasanya Suzuki Burgman Street 125 EX lebih menggoda.
Hal ini pun terbukti dari pameran IMOS+ 2023 lalu, yang mana kabarnya motor ini menerima lebih dari ratusan pemesanan.
Spesifikasi | ||
---|---|---|
Suzuki Avenis 125 | Suzuki Burgman Street 125EX | |
1.895 x 710 x 1.175 mm | P x L x T | 1.875 x 700 x 1.140 mm |
1.265 mm | Panjang sumbu roda | 1.290 mm |
160 mm | Jarak terendah ke tanah | 160 mm |
780 mm | Tinggi jok | 780 mm |
107 kg | Berat isi | 111 kg |
4-tak, 1 silinder, SOHC 2 katup, pendingin udara | Tipe mesin | 4-tak, 1 silinder, SOHC 2 katup, pendingin udara |
52,5 x 57,4 mm | Bore x stroke | 52,5 x 57,4 mm |
124,2 cc | Kapasitas mesin | 124,2 cc |
10,3:1 | Rasio kompresi | 10,3:1 |
8,7 ps @6.750 rpm | Tenaga maksimal | 8,5 ps @6.500 rpm |
10 Nm @5.500 rpm | Torsi maksimal | 10 Nm @5.500 rpm |
Fuel injection | Sistem bahan bakar | Fuel injection |
Elektrik & kick | Sistem starter | Elektrik & kick |
Teleskopik | Suspensi depan | Teleskopik |
Tunggal | Suspensi belakang | Tunggal |
Cakram 190 mm, kaliper 1 piston, CBS | Rem depan | Cakram 190 mm, kaliper 1 piston, CBS |
Tromol 130 mm, CBS | Rem belakang | Tromol 130 mm, CBS |
90/90-12, tubeless | Ban depan | 90/90-12, tubeless |
90/100-10, tubeless | Ban belakang | 100/80-12, tubeless |
5,2 liter | Kapasitas tangki bensin | 5,5 liter |