Penyebab Ban Motor Benjol Sepele, Cuma jadi Kebiasaan

Ban motor benjol
  • Banyak pengendara acuh terhadap tekanan angin ban motor
  • Ban benjol berdampak negatif terhadap stabilitas berkendara

Ban pada sepeda motor memiliki peran yang krusial. Pasalnya, kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara dipengaruhi juga oleh si karet bundar ini.  

Maka dari itu, penting bagi pengendara untuk memerhatikan kondisinya selalu prima. Misalnya saja mengenai tekanan angin ban motor. 

Tak perlu bingung karena rekomendasi tekanan angin ban juga tertera pada motor Anda. Sebagai contoh pada Yamaha NMax, di mana informasi tersebut dapat ditemui pada bagian dalam bagasi. 

Namun, banyak pula pengendara yang tidak melihatnya sebagai acuan. Padahal seiring waktu, udara di dalam ban motor pasti berkurang.

Lupa jadi Kebiasaan

Mungkin saja awalnya pengendara lupa melakukan pengecekan. Tapi lama kelamaan, malah terbiasa berkendara dengan kondisi angin ban tidak ideal. 

Hal ini memberikan dampak negatif, salah satunya membuat ban motor benjol. Pihak IRC pun mengamini jika penyebabnya adalah tekanan angin. 

Pentingnya mengecek tekanan angin ban motor secara berkala

Baca juga: IRC Lepas Pembungkus Ban Motor, Ada Pengaruhnya Terhadap Kualitas?

"Efek dari ban benjol ini bikin enggak nyaman saat riding," buka Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk (produsen ban IRC). 

Diterangkannya pula, kerusakan pada ban itu juga terjadi karena beban berlebih. Lalu, permukaan jalan yang dilalui dalam hal ini motor sering melalui jalanan tidak rata.
  
"Tapi yang sering terjadi adalah tekanan angin ban yang kurang tapi motor dipakai terus menerus," tambah Dodiyanto kepada Autofun.co.id

Pengaruh Material dan Struktur Ban

Dodiyanto pun menyebut ada andil dari struktur dan material dari ban itu sendiri. Dengan kata lain berpengaruh terhadap durabilitasnya selama pemakaian. 

Kualitas kedua faktor itu nyatanya menjadi perhatian IRC. Menurut mereka ini penting, terlebih dengan posisinya sebagai pemasok ban (OEM) dari pemegang merek seperti Honda, Kawasaki, Suzuki maupun Yamaha

Pengukuran kualitas ban IRC sebelum disebar ke pasar dilakukan dengan pengujian kompleks sekaligus komplet. 

"Untuk pengetesan ada indoor dan outdoor test yang cukup lengkap. Khusus outdoor, kami lakukan road test dan feeling test di GT Proving Ground. Di sini akan terlihat bagaimana abrasinya dan lain-lain karena terdapat 14 permukaan jalan," terang Dodiyanto. 

Pengujian Ban Motor IRC

Terkait lokasi pengujian ban IRC, GT Proving Ground yang berlokasi di bilangan Kawarang, Jawa Barat memang lengkap. 

Proving Ground milik GT Radial dilengkapi berbagai fasilitas pengujian ban

Baca juga: Konsisten Sejak 2015, IRC Terus Dukung Event Balap Yamaha Sunday Race

Selain 14 permukaan jalan, terdapat beberapa fasilitas pengujian. Seperti ISO Noise, Vehicle Dynamic Area, Braking & Handling serta Longitudinal Hydroplanning. 

"Bukan saja terlengkap di Indonesia, proving ground kami juga yang tercanggih di Asia Tenggara," pungkas Dodiyanto. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Dapat merugikan diri sendiri sampai pengendara sekitar. Cari tahu dulu fungsi part tersebut sebelum dimodifikasi. Menuangkan kreatifitas dalam modifikasi sepeda motor memang tidak ada larangan atau batasannya. Namun itu berlaku selama motor yang dimodifikasi tersebut fokus untuk ajang kontes modifikasi saja. Lain hal ketika berbicara tentang modifikasi motor untuk pemakaian sehari-hari. Ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dengan maksud agar motor tetap nyaman dan aman bagi pengguna mau
Harga tipe ABS tembus Rp40 juta Warna terbaru Honda ADV 160 ABS jadi hero color Cicilan mulai Rp 1,7 jutaan Honda ADV 160 dipatok paling mahal ketimbang pengguna mesin 157 cc lain semisal. Harga unit terutama varian ABS-nya bahkan sudah tembus Rp40 juta. Menilik dari katalog harga Honda Cengkareng misalnya, Honda ADV 160 ABS dilepas dengan banderol Rp40.111.000 (OTR Jakarta dan Tangerang). Harga tersebut terpaut cukup banyak dibanding PCX ABS (Rp37.712.000). Padahal sebagaimana kita ketahui, mes
Biasanya karena sudah sepi peminat. Update teknologi juga jadi alasan. Ada yang datang dan pergi, itulah perumpamaan yang cocok menggambarkan dunia otomotif, banyak model baru hadir, juga tak sedikit yang menghilang. Tak terkecuali ragam motor di Indonesia, rupanya banyak juga model yang telah disuntik mati. Beberapa waktu lalu redaksi Autofun Indonesia merilis daftar motor baru tahun ini, selanjutnya sebagai penyegaran ingatan mari kita lanjutkan pembahasan mengenai deretan motor yang telah dis
Ada dua varian. Dirakit lokal di Jakarta Utara. Harga kena subsidi Rp 7 juta. Setelah beberapa kali tampil disejumlah pameran otomotif, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menjual motor listriknya. Motor listrik tersebut adalah Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus yang masing-masing dijual Rp 33 juta dan Rp 33,5 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan sudah dipotong subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta. Ini karena Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) motor ini sudah lebih dari 40 persen. Ya, motor
Hanya 300 pcs di dunia. Dijual khusus Indonesia dan sudah SNI. Harga mencapai Rp 25 juta. Bagi bikers, helm jadi salah satu apparel wajib yang dipakai untuk pelindung kepala sekaligus untuk bergaya. Yup, keamanan selama berkendara memang penting, tapi soal gaya juga tak boleh ketinggalan. Makanya helm yang satu ini cocok jadi pilihan, yakni Arai RX7X Shuriken Gold Limited Edition. Helm yang resmi dirilis 24 Desember di Jakarta itu hanya ada 300 pcs di seluruh dunia. Dan menariknya semuanya hanya

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor