Detail Ubahan Mesin Yamaha Lexi LX 155, Halus dan Torsi Lebih Besar!

Mesin Yamaha Lexi LX 155.
  • Bobot mesin lebih ringan.
  • Getaran mesin lebih halus.
  • Torsi membesar 0,3 Nm.

Kehadiran Yamaha Lexi LX 155 2024 jadi awal hadirnya mesin Blue Core 155 cc generasi ketiga.

Setelah sebelumnya generasi awal terpasang pada Yamaha NMax old, kemudian generasi kedua pada Yamaha Aerox 155.

Maka generasi terbaru ini untuk pertama kalinya terpasang pada sosok Yamaha Lexi LX 155.

Mesin generasi terbaru ini punya keluaran torsi 0,3 Nm lebih besar dari mesin generasi kedua.

Ferry Nurul Fajar, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan ubahan mesin ini fokus pada efisiensi mekanis.

Baca juga : Irit, Konsumsi Bensin Yamaha Lexi LX 155 Tembus 46 Km/liter!

Yang diubah pertama kali berfokus pada rotor atau magnet yang dibuat lebih ringan.

"Tapi memperingan magnet kita memikirkan balance antara bagian kiri dan kanan agar seimbang," katanya.

Torsi lebih besar 0,3 Nm.

Perubahan kedua adalah crankshaft yang dibuat lebih pendek untuk mengurasi bobot, dan dimensinya menyesuaikan untuk faktor balance tadi.

Berat rotor dari 1.250 gram menjadi 1.130 gram, dan panjang crankshaft dari sebelumnya 282,3 mm menjadi 277,8 mm.

Yang berikutnya untuk perpindahan putaran dari crankshaft ke camshaft, dudukan sproket-nya ada penyesuaian.

Dan penggerak camshaft, dibutuhkan rantai keteng yang kini punya tensioner hidrolis.

Baca juga : Kredit Yamaha Lexi LX 155 2024, Cicilan Cuma Rp 1 Jutaan

Tensioner rantai keteng sudah hidrolis.

"Kita pakai tekanan oli untuk penstabilnya, lebih halus dan awet juga," beber Ferry di Bandung (3/2/2024).

Karena menggunakan tekanan oli, maka ada jalur oli baru pada crankcase dan juga blok mesinnya.

Diameter katup pun juga disesuaikan, yang kini lebih besar dari sebelumnya 19,5 mm pada versi mesin 125 cc, kini menjadi 20,5 mm.

"Blok mesin juga dibuat lebih baik lagi yang disebut mirror bore cylinder, dinding lebih halus, minim gesekan dan kurangi oil loss," jelasnya.

Baca juga : Yamaha Lexi LX 155 2024 Dibekali Mesin Baru, Akselerasi Makin Jengat!

Mesin baru lebih halus dan asyik buat tanjakan.

Karena melihat dari segi ubahannya dan banyak yang tidak bisa diaplikasikan, maka mesin ini disebut generasi terbaru.

"Yang pasti mesin ini lebih ringan tapi juga ada ubahan pada struktur agar lebih minim gesekan," pungkasnya.

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Ada dua tipe Lux Connected dan Neo. Pakai mesin hybrid. Model Classy yang masuk kategori premium. Selain secara tunai, Yamaha Grand Filano 2024 juga bisa dibeli secara kredit, terlebih tahun ini ada banyak pilihan warna baru yang menarik. Namun sebelum menuju dealer untuk menebus unitnya, Anda harus memastikan tipe apa yang akan dipilih. Pasalnya Yamaha Grand Filano ini punya dua yang ditawarkan, yaitu Grand Filano Lux dan Grand Filano Neo. Baca juga: Ragam Fitur Unggulan Yamaha Grand Filano 202
Paling murah di tipe CBS dengan harga Rp 27,550 juta. Memiliki 4 kompartemen di depan. Honda Stylo 160 2024 hadir dengan nuansa baru di kelas matic modern classic, ditawarkan dalam 2 pilihan tipe. Pertama ada tipe CBS yang dibanderol dengan harga Rp 27,550 juta dan untuk tipe ABS ada di harga Rp 30,425 juta, untuk on the road Jakarta. Bisa dikatakan kalau harganya ini mepet dengan Yamaha Grand Filano tipe Lux yang merupakan tipe tertinggi dengan harga Rp 27,500 juta. Lalu kalau dibandingkan deng
Kondisi jalan beragam. Pakai bensin oktan 92. Jarak tempuh mencapai 112 km. Akhir pekan kemarin (3-5/2/2024) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan test ride Yamaha Lexi LX 155 2024. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat dengan rute kombinasi dalam kota dan luar kota menuju kawasan Ciwidey hingga Rancabali. Autofun.co.id jadi salah satu media yang diundang untuk merasakan langsung sensasi berkendara dari motor ini. Kami mendapatkan unit tipe S Version berwarna merah, yang merupakan
IMRG menginduk kepada Indian Riders Group USA Promosi pariwisata jadi salah satu agendanya PT Arya Motor Indonesia (AMI) memulai kembali eksistensinya di 2024 dengan membentuk klub moge (motor gede), Indian Motorcycle Riders Group (IMGR) Indonesia. Tidak sendiri, komunitas ini juga menginduk kepada payung besar Indian Riders Group di Amerika Serikat. Pembentukan IMRG sendiri diinisiasi langsung oleh Polaris selaku produsen sepeda motor Indian. Arahan tersebut lantas diimplementasikan oleh PT AMI
Kaki-kaki gambot berpengaruh terhadap handling. Performa jempolan di putaran tengah hingga atas. Honda Stylo 160 bisa dikatakan sebagai Honda Vario 160 dengan skin modern classic, karena keduanya punya harga yang mirip bahkan dengan penggunaan basis mesin serupa. Stylo 160 tipe CBS dibanderol dengan harga Rp27,550 juta dan untuk tipe ABS ada di harga Rp30,425 juta on the road Jakarta. PT Astra Honda Motor (AHM) pun langsung menyediakan beberapa unit tes yang bisa dicoba oleh para rekan jurnalis

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Lexi
Lihat