Suzuki V-Strom 250 SX jadi motor sport touring adventure termurah saat ini, dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.
Tentunya konsumen yang disasar adalah mereka yang hobi touring dan melintasi jalanan off road ringan pakai motor.
Dalam aktivitas tersebut, pastinya ada kemungkinan motor terjatuh, misalnya karena jalan yang licin.
Dan motor ini sudah dibekali fitur pengaman yang akan aktif, saat motor terjatuh.
Fitur dimaksud adalah Tip Over Sensor (TOS), yang akan langsung mematikan mesin saat motor jatuh.
Baca juga : Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?
"Jika motor miring lebih dari 45 derajat, sensor ini akan langsung aktif," kata Harsono, Group Leader Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales.
"Saat kemiringan motor segitu, itu sudah pasti jatuh motornya," tambahnya.
Menurut pria ramah ini, TOS akan mematikan mesin, sistem injeksi dan juga fuel pump.
"Kenapa langsung dimatikan, karena jika terjatuh di jalan aspal, ada kemungkinan percikan api."
"Jika tidak ada TIS ini, mesin dan sistem bahan bakar masih aktif dan ada kemungkinan bensin bocor dan menyebabkan kebakaran," bebernya.
Makanya saat motor ini terjatuh, tidak bisa langsung distarter lagi untuk menghidupkan mesin.
Bisa dilihat akan ada lampu Master Warning Indicator yang menyala, dan untuk mereset cukup dengan memutar kontak OFF.
Kemudian putar kontak ON lagi, dan dicoba starter maka mesin akan langsung bekerja normal lagi.
TIS sendiri seolah sudah menjadi fitur wajib untuk motor-motor injeksi, dan tiap pabrikan pun punya fitur serupa namun beda penamaan.
"Tapi ada beberapa model Suzuki yang gak ada TOS ini, seperti Nex II itu gak ada, Address juga gak ada," pungkas Harsono.
Baca juga : Jadi Motor Adventure Terjangkau, Berapa Pajak Suzuki V-Strom 250 SX?
Motor ini tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal.
Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal.
Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun.
Suzuki V-Strom 250 SX tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal.
Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal.
Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun.
Handguard pun sudah tersemat sebagai standarnya, dengan kualitas dan kekuatan yang lebih baik dari kompetitor.
Tangki 12 liter memungkinkan motor ini bisa melaju jauh, dengan sekali pengisian bahan bakar.
Berikutnya bobot motor ini pun terhitung ringan, yakni 167 kg saja, lebih ringan dari kompetitor macam Kawasaki Versys-X 250.
Perkara jantung pacu pun menarik untuk dibahas, mengingat motor ini mengusung mesin satu silinder dan berpendingin oli.
Baca juga : Fakta Menarik Suzuki V-Strom 250 SX 2023, Lebih Murah Dari Rival!
Spesifikasi mesinnya 40tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).
Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan.
Karakter mesinnya cenderung halus namun mengisi, sehingga tak liar dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh.
Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 SX | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 2.180 x 880 x 1.355 mm | |
Sumbu Roda | 1.440 mm | |
Jarak Terendah | 205 mm | |
Tinggi Jok | 835 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat | 167 kg | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Kapasitas Mesin | 249 cc | |
Tenaga Maksimal | 26,8 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok, preload | |
Ban Depan | 100/90-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Harga | Rp 59,5 juta (OTR Jakarta) |