Honda CRF250 Rally VS Suzuki V-Strom 250 SX, Mana Lebih Irit?

Keduanya direspon positif konsumen.
  • Honda CRF250 Rally berkarakter agresif.
  • Suzuki V-Strom 250 SX pas buat touring.
  • Tangki keduanya mencapai 12 liter.

Selain kemampuan mesinnya, urusan konsumsi bahan bakar kerap jadi pertimbangan dalam memutuskan membeli motor.

Walaupun motor tersebut masuk kategori motor hobi, seperti Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX.

Kedua motor sport touring adventure ini jadi opsi menarik untuk berkelana, menempuh jarak jauh.

Honda CRF250 Rally sejak 2017 sudah jadi pilihan banyak orang untuk hobi touring sambil blusukan.

Suzuki V-Strom 250 SX sebagai pemain baru mendapat respon positif, sebagai pilihan untuk ngukur aspal alias touring.

Sama-sama dibekali dengan mesin 250 cc silinder tunggal, berapa konsumsi bensin dari kedua motor ini?

Baca juga : Cek Fitur Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX, Beda Harganya Rp 33 Jutaan!

Konsumsi Bensin Honda CRF250 Rally Lebih Irit?

Honda CRF250 Rally sedikit lebih boros.

Kedua motor tersebut sempat kami uji coba beberapa waktu lalu untuk penggunaan harian dan touring jarak dekat.

Kondisi jalan yang dilalui beragam, dari perkotaan padat, jalur luar kota yang lengang dan jalur off road ringan.

Bahan bakar yang dipakai adalah oktan 92, dengan dikendarai oleh rider berbobot 74 kg.

Hasilnya ternyata masih moderate, layaknya motor bermesin 250 cc dengan konsumsi direntang 25 hingga 30-an km/liter.

Mesin Suzuki V-Strom 250 SX, halus.

CRF250 Rally mencatatkan raihan 32 km/liter dari penunjuk pada panel meter digitalnya.

Sementara saat dihitung full to full, maka catatannya adalah 31,3 km/liter.

Kemudian Suzuki V-Strom 250 SX memperoleh 34,58 km/liter dari pengukuran otomatis pada panel meter.

Lantas saat dihitung full to full, hanya terpaut sedikit saja dengan torehan 34,35 km/liter. Keduanya masih terhitung irit bukan?

Baca juga : Beda Peruntukan, Suka Honda CRF250 Rally atau Suzuki V-Strom 250 SX?

Karakter mesin Suzuki V-Strom 250 SX cocok buat trek panjang.

Yang menarik, kedua motor ini dibekali tangki bahan bakar yang lumayan besar.

Honda CRF250 Rally mencapai 12,8 liter, yang artinya bisa menempuh jarak hingga 396,8 km jika dihitung full to full.

Kemudian Suzuki V-Strom 250 SX dengan tangki 12 liter, maka sekali isi full tank bisa melaju sejauh 412,2 km.

Tabel akselerasi
  Suzuki V-Strom 250 SX Honda CRF250 Rally
0-60 km/jam 3,87 detik 3,34 detik
0-80 km/jam 6,11 detik 5,5 detik
0-100 km/jam 9,62 detik 8,92 detik
0-100 meter 6,93 detik 6,46 detik
0-201 meter 10,71 detik 10,18 detik
0-402 meter 17,06 detik 16,62 detik
Topspeed Spidometer 143 km/jam 136 km/jam
Topspeed Racebox 131,33 km/jam 128,4 km/jam
Konsumsi BBM MID 34,58 km/liter 32 km/liter
Konsumsi BBM Full to Full 34,35 km/liter 31,3 km/liter

Spesifikasi Mesin

Bicara spesifikasi dapur pacu, Honda membekali motor tersebut dengan mesin 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan, transmisi manual 6 speed.

Diameter pistonnya 76 mm dengan langkah piston 55 mm, yang jika dihitung maka makaspiats mesin murninya 249,6 cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 25,6 PS pada 8.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 23,1 Nm di 6.500 rpm.

Sedangkan Suzuki V-Strom 250 SX dimodali mesin  4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 34 PS di 11.500 rpm dengan torsi sebesar 21,7 Nm pada 10.000 rpm.

Baca juga : Suzuki V-Strom 250SX Pasang Crashbar dan Fog Lamp, Touring Makin Aman!

Honda CRF250 Rally pas buat off road.

Kesimpulan

Secara efisiensi, keduanya masih relatif mirip-mirip, masih bermain direntang 30an km/liter.

Namun karakter mesin keduanya berbeda, yang mana CRF250 Rally lebih agresif pada putaran bawah.

Sedangkan karakter nafas mesin yang panjang bisa dirasakan pada Suzuki V-Strom 250 SX.

Soal harga, gacoan Honda yan CBU Thailand itu dilepas Rp 92,930 juta dan Suzuki V-Strom 250 SX yang asal India di Rp 59,5 juta on the road Jakarta.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Pulser ring ABS menyatu dengan cakram depan. Lubang pengisian air radiator di bagasi. Ukuran ban lebih besar. Kemunculan Honda Vario 160 pada tahun 2022 lalu mendapatkan respon beragam. Pasalnya ini adalah matic yang ditunggu-tunggu, dengan harapan mengusung mesin baru. AHM menegaskan, kehadiran Honda Vario 160 2022 karena banyaknya permintaan konsumen, akan matic sporty dipasaran. Motor matic ini pun masuk kategori premium untuk meningkatkan kastanya, dengan disematkan banyak teknologi terkini.
Bangun pabrik 200 hektar. Komponen produksi in house. Jual mobil dan motor listrik. Vinfast merupakan merek otomotif asal Vietnam, yang muncul pertama kalinya tahun 2017. Rencananya mereka akan masuk pasar Indonesia dengan menjual mobil listrik pada tahun ini. Ajang IIMS 2024 akan jadi arena debut mereka untuk masuk pasar otomotif Tanah Air, dengan memboyong produk mobil listrik andalannya. Baca juga : Uji Performa Motor Listrik Yadea T9, Top Speed Lebih Tinggi Dari Honda EM1 e:! Tapi menariknya
Beberapa line up Kawasaki Ninja 2024 series sudah rilis tahun lalu Kawasaki Ninja ZX-4RR jadi pendatang baru Ninja series di Indonesia Meski baru saja merilis motor listrik Kawasaki Ninja e-1, barisan Kawasaki Ninja 2024 series tetap menghias etalase PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tahun ini. Beberapa diantaranya juga sudah meluncur pada 2023 lalu. Ninja versi 2024 yang dihadirkan kali itu pun variatif. Mulai dari mesin 250 cc, 400 cc, 600 cc sampai 1.000 cc. Kawasaki Ninja ZX-4RR Bahkan, ada
Vespa sudah menjadi bagian gaya hidup Vespa matic di Indonesia hadir dengan berbagai model Vespa kini tak hanya sekadar sepeda motor yang bisa digunakan harian. Sebab dengan desain unik, Vespa bisa dibilang jadi bagian gaya hidup bagi konsumennya. Bagaimana tidak, mereka yang menggunakan Vespa kerap tampil necis dan stylish, sehingga mampu menarik perhatian pengguna jalan. Di Indonesia, penjualan Vespa berada di bawah payung PT Piaggio Indonesia selaku distributor resmi di Tanah Air. Baca juga:
Kaki-kaki Honda CRF250 Rally lebih mewah. Suzuki V-Strom250 SX punya rem ABS. Teknologi mesin berbeda. Ada rencana beli motor sport touring adventure tahun 2024 ini? Opsi yang bisa dilirik ada Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX. Maklum saja, hobi touring sambil berpetualang melintasi wilayah baru sedang tren belakangan ini. Istilahnya bisa touring sambil healing dengan mendatangi tempat-tempat eksotis, pemandangan menyejukkan mata dan berudara segar. Tentunya motor sport touring advent

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250Rally
Lihat