Jadi matic termurah PT Astra Honda Motor (AHM), harga Honda Beat nyatanya tetap lebih mahal ketimbang produk Yamaha satu ini. Bukan semata banderol bersahabat, Yamaha Mio M3 125 bahkan punya mesin yang lebih gede.
Tak dipungkiri, harga masih menjadi salah satu acuan konsumen dalam melihat sebuah produk. Terlebih jika motor tersebut 'bermain' di kategori entry level.
Sebagai contoh Honda Beat. Selaku perwakilan kubu sayap kepak, harga matic ini memang paling murah dibanding matic Honda lain.
Honda Beat oleh pihak pemegang merek dijual mulai Rp18 jutaan. Tepatnya Rp18,050 juta untuk tipe CBS, Rp18,7 juta buat Honda Beat Street dan Rp18,9 juta pada Beat Deluxe.
Walau begitu, penetapan harga Honda Beat ini masih lebih mahal daripada Yamaha Mio M3 125. Pasalnya, line up sejenis dari jenama garpu tala cuma dijual Rp17.405 juta saja.
Menyasar segmen muda, Mio M3 125 sendiri tampil dengan balutan decal nan mentereng. Termasuk suguhan pada warna barunya yang baru-baru ini rilis.
Baca juga: Awet Muda, Yamaha Mio M3 125 Punya 4 Warna Baru
Ada 4 warna yaitu Metallic Cyan, Metallic Yellow, Metallic Red dan Metallic Black. Dua pilihan pertama itu, benar-benar dibuat untuk anak muda.
Bukan semata kontras, decal pada varian Metallic Cyan dan Metallic Yellow pun sengaja dibuat meriah. Cocok buat Gen Z yang dinamis.
Dengan harga lebih murah tadi, Anda juga mendapatkan matic bermesin 125 cc. Otomatis, performa yang dihasilkannya di atas Honda Beat.
Mesin berteknologi Bluecore darinya mampu menghasilkan tenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6 Nm pada 5.500 rpm.
Namun perlu dicatat bahwa output mesin besar itu rupanya terpaut sedikit saja dengan Honda Beat.
Baca juga: Daya Tarik Yamaha NMax Connected, Nyaman dan Praktisnya Juara!
Beat meski berbekal mesin 110 cc mampu menorehkan pencapaian masing-masing 9 PS di 7.500 rpm dan 9,3 Nm di 5.500 rpm.
Selain itu, motor buatan Yamaha Indonesia juga lebih berat. Bobotnya 92 kg, sementara Beat hanya 89 kg saja.
Dengan mesin 125 cc, Mio M3 125 faktanya berbekal tangki bensin 4,2 liter. Sama seperti Beat yang notabene menggendong jantung mekanik 110 cc.
Lantas terkait rancang bangun. generasi anyar Mio memiliki ground clearance 135 mm, sedangkan Beat sedikit lebih tinggi yakni 147 mm.
Lantas menyoal tinggi jok, pihak Yamaha Indonesia menyetel tempat duduk produk ini diangka 750 mm. Sementara jok Honda Beat lebih pendek yaitu 740 mm.
Harga murah itu juga berpengaruh terhadap fitur, di mana sistem penerangan Mio M3 125 masih berupa bohlam biasa dan kunci berpengaman magnet.