Bicara soal motor sport touring adventure, nama Honda CB200X tentu terdengar asing untuk masyarakat Indonesia.
Pasalnya motor ini memang tersedia untuk pasar India sana, dan Indonesia kebagian Honda CB150X untuk mengisi segmen tersebut.
Honda CB200X bermain di segmen motor petualang entry level, dan menjadi rival Xpulse 200 hingga KTM 250 Adventure atau Kawasaki Versys 250 meskipun kubikasi mesinnya sedikit lebih kecil.
Baca Juga: Antara Honda ADV 150 atau Yamaha Nmax 155 Bekas, Harga Setara Mau Pilih Mana?
Basisnya menggunakan platform yang serupa Honda Hornet 2.0 berupa rangka tipe diamond shaped yang dikenal stabil.
Namun ada beberapa penyesuaian agar bentuk motor lebih proporsional untuk melakukan perjalanan jauh atau berpetualang. Fiturnya lumayan loh.
Contohnya penggunaan setang yang lebih tinggi agar pengendaranya bisa duduk tegak, ukuran windshield yang lebih tinggi untuk menghalau angin.
Semi fairing pada sisi bodi supaya serupa Honda CB500X, underguard, serta cover handle bar yang disertai lampu sein.
Selebihnya baik Hornet 2.0 maupun CB200X memiliki detail yang sama seperti housing lampu yang semuanya LED.
Suspensi depan upside down, shockbreaker monoshock, desain velg yang sama-sama membentuk huruf Y.
Knalpot, jok yang bertingkat, handgrip belakang, hingga sama-sama menggunakan sistem penggerak rantai.
Baca Juga: Fitur Idling Stop System Honda Vario 125 2022 Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Cek Komponen Ini
Secara keseluruhan motor Honda CB200X memiliki panjang 2.035 mm, lebar 843 mm, tinggi 1.248 mm, dan jarak sumbu roda 1.355 mm.
Jarak terendah ke tanah alias ground clearance 167 mm. Bobotnya 147 kilogram serta dalam sekali pengisian penuh tangkinya mampu menenggak 12 liter bahan bakar.
Tinggi jok Honda CB200X 810 mm. Bila diibaratkan hampir serupa dengan tinggi jok Honda CB150R Streetfire yang mencapai 797 mm.
Selisih 13 mm atau sekitar 1,3 cm yang agaknya akan cocok untuk pengendara berpostur minimal 170 cm.
Sebagai motor petualang ringan, Honda CB200X memiliki kelengkapan layaknya motor 'batangan' kebanyakan.
Secara standar memiliki engine stop switch dan lampu hazard. Panel instrumen juga sudah digital sepenuhnya.
Adapun untuk menunjang keselamatan sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System).
Oh iya meskipun dalam bahasa pemasarannya menggunakan embel-embel 200, nyatanya kubikasi mesin motor petualang tersebut hanya sampai 184,4 cc.
Spesifiasinya 4-tak, 1-silinder, dan berpengabut injeksi. Jeroannya pakai bore dan stroke berukuran 61.0 x 63,096, serta memiliki perbandingan rasio 9,5:1.
Di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 28 ps di putaran 8.500 rpm serta torsi puncak 16,1 Nm yang diraih pada putaran mesin 6.000 rpm.
Daya maksimumnya itu dikawinkan pada roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.
Kaki-kakinya ditunjang menggunakan ban berukuran 110/70 untuk depan dan belakang 140/70. Kedua ban berpola dual purpose itu menyelimuti velg berukuran 17 inci.
Sistem pengereman dua roda tadi sudah pakai cakram berbentuk wavy. Untuk depan berukuran 276 mm sementara belakang 220 mm.
Motor tersebut tersedia dalam tiga pilihan warna: Nightstar Black, Matte Selene Silver Metallic, dan Sports Red.
Harga Honda CB200X di India Rp 27,9 juta. Penjualannya selain dilakukan offline juga bisa melalui laman resmi Honda.
Andai diproduksi dan dijual di Indonesia, kelihatannya bisa laris nggak ya? Kan demam motor petualang lagi menjamur nih.
Baca Juga: Harga Honda Beat Bekas tetap Tinggi, Apa Penyebabnya?
Tapi sayangnya hal tersebut akan sulit untuk terjadi, karena PT Astra Honda Motor sudah memiliki Honda CB150X.
Motor itu menggunakan basis Honda CB150R Streetfire, yang didesain ulang sebagai motor sport adventure.
Sedangkan untuk kelas di atasnya, AHM sudah menyediakan Honda CRF250 Rally sejak tahun 2017 silam.
Honda CB150X sendiri membuka segmen baru dengan menawarkan motor touring adventure bergaya big bike dengan tampilan kekar dan gagah.
Bisa dilihat dari penggunaan suspensi depan upside down Showa SFF-BP yang lebih panjang dengan jarak main suspensi yang juga lebih panjang.
Kemudian lampu-lampu yang sudah full LED, panel meter digital, hingga pengereman cakram tanpa kawalan ABS.
Sebagai tenaga penggerak, Honda CB150X 2022 disematkan mesin berspesifikasi 4-tak, DOHC, 4 katup pendingin cairan, injeksi PGM-FI dan berkapasitas 149,16 cc.
Baca juga : Test Ride Lengkap Honda CB150X 2022, Favorit Buat Touring?
Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Mesin ini dikawal transmisi manual 6 percepatan.
Tenaganya mencapai 15,6 PS di 9.000 rpm serta torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm, yang punya karakter mesin responsif.
Kini Honda CB150X dilepas AHM dengan nominal harga Rp 33,910 juta untuk warna Mandala Red.
Lalu Rp 34,410 juta untuk warna Amazon Matte Green dan Sahara Matte Brown dan Rp 34,920 juta untuk warna Volcano Matte Black.