Meski saat ini motor tipe matic mendominasi penjualan, namun masih ada masyarakat penikmat motor ‘laki’ seperti Honda MegaPro FI atau biasa dikenal NMP FI.
Motor yang diperkenalkan pada tahun 2014 dan stop produksi di tahun 2018 ini merupakan generasi terakhir dari sejarah panjang MegaPro.
Yang mana nama motor tersebut, sudah mewarnai pasar sepeda motor Indonesia sejak tahun 1999.
Nah kalau melirik harga bekas NMP FI di beberapa situs jual beli online, motor ini dijual mulai dari Rp 8 jutaan hingga Rp 15 jutaan.
Harga tersebut tergantung dengan kondisi serta kelengkapan tiap unitnya, seperti surat-surat, status pajak hingga kondisinya.
Hal unik, karena harganya yang terjangkau membuat motor ini kerap menjadi bahan untuk modifikasi custom.
Baca juga: Cek Lagi, Ini Harga dan Daya Tarik Honda Scoopy 2024
Minat juga atau mulai melirik NMP FI ini? Berikut beberapa plus-minus dari motor sport satu ini.
Selain untuk bahan modifikasi, untuk dipakai harian pun motor ini dikenal nyaman dan juga irit bahan bakar.
Tapi tetap juga ada beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian pemilik, usai menebus unit bekasnya.
1. Posisi Berkendara Nyaman
Yang pertama tentu saja segmen motor sport naked ini punya posisi berkendara nyaman.
Apalagi di NMP FI ini ada perubahan posisi setang yang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Ini membuat posisi lengan serta pundak semakin relax, punggung pun lebih tegap sehingga tidak membuat pegal cepat muncul selama perjalanan.
Desain jok berpunuk yang rendah juga cukup bersahabat untuk rata-rata postur orang Indonesia.
Ini karena tinggi joknya hanya 774 mm sehingga membuat kaki postur 172 cm bisa menapak dengan mudah.
2. Suspensi Lembut
Kenikmatan mengendarai NMP FI ditunjang juga berkat karakter suspensinya yang lembut, cukup ampuh untuk meredam hentakan dari jalan tidak rata.
Baca juga: Daftar Matic 150-160 Paling Irit, Yamaha NMax Atau Honda Vario 160?
Karakter lembut pada suspensinya ini dilengkapi juga dengan jarak main atau travel cukup panjang, dengan begitu jarang terasa bottoming.
3. Rem Cakram Dikedua Roda
Salah satu fitur keselamatan, yaitu sistem rem pada NMP FI juga cukup mumpuni karena sudah menggunakan cakram ganda.
Meskipun sebenarnya ini juga sudah digunakan pada varian NMP karburator, hanya tetap dipertahankan di varian FI.
Pakai kaliper 2 piston di depan dan kaliper 1 piston di belakang, punya respon rem cukup baik sehingga ampuh menghentikan laju motor dengan berat kering 135 kg ini.
4. Mesin Injeksi
Kelebihan selanjutnya tentu saja penggunaan mesin 150 cc, SOHC 2 katup, dan pendingin udara yang sudah pakai sistem bahan bakar fuel injection atau PGM-FI.
Baca juga: Rekomendasi Matic Bekas Budget Rp 10 Jutaan, Ada Honda Vario 125!
Sistem ini membuat NMP FI lolos uji emisi Euro3, jadi lebih ramah lingkungan karena kandungan gas buang yang tidak begitu berbahaya.
Konfigurasinya hampir square karena menggunakan diameter piston 57,3 mm dengan panjang langkah 57,8 mm.
Mesin dengan rasio kompresi 9,5:1 ini klaimnya memiliki tenaga maksimal 13,3 ps di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 12,3 Nm pada 6.500 rpm.
Karakter tenaganya khas dengan rasa ‘padat’ di putaran rendah juga tengah namun tidak terlalu isimewa di putaran atas.
Selebihnya vibrasi mesin terasa minim, suara mesin halus dengan suara knalpot ngebass yang khas.
Oia mesin ini hanya dibekali 5 percepatan, jadi wajar kalau tidak memiliki top speed tinggi, tapi rasanya cukup untuk digunakan sehari-hari.
1. Tangki Rawan Bocor
Salah satu kekurangan atau penyakit khas dari MegaPro series adalah tangki bensin yang rawan bocor.
Baca juga: Sering Dianggap Lemot, Berapa Sih Tenaga Honda BeAT Sebenarnya?
Beberapa informasi menyebutkan kalau bahan yang digunakan tangki 12,3 liter ini agak tipis, jadi kerap bocor di bagian sambungan atau sirip di sisi bawah.
2. Tutup Tangki Jadul
Karena hadir di tahun 2014 jadi wajar kalau kelengkapan NMP FI ini terbilang jadul, salah satu contohnya adalah model tutup bensinnya yang terbilang lawas.
Posisi atau desain tangki bensinnya ini lebih tinggi dari tangi itu sendiri, kurang lebih seperti yang digunakan pada Honda Tiger.
Kekurangan dari model ini adalah air yang kerap masuk ke dalam tangki bensin dan mengakibatkan mesin mogok.
Dengan harga unit bekasnya yang sudah terjangkau, lalu posisi berkendara nyaman jelas motor ini bisa jadi opsi menarik.
Selain untuk harian, motor ini juga nyaman untuk dipakai jarak jauh keluar kota, apalagi konsumsi bahan bakar dikenal irit.
Namun harus diperhatikan juga kondisi mesin dan tangki bahan bakarnya, jangan sampai dapat unit yang tangkinya sudah keropos.
Spesifikasi Honda New MegaPro FI | ||
---|---|---|
P x L x T | 2.052 x 742 x 1.079 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.316 mm | |
Jarak terendah | 156 mm | |
Tinggi jok | 774 mm | |
Berat kosong | 135 kg | |
Kapasitas tangki | 12,3 liter | |
Tipe mesin | 4 langkah, SOHC 2 klep berpendingin udara | |
Suplai bensin | injeksi PGM-FI | |
Diameter x langkah | 57,3 x 57,8 mm | |
Isi silinder | 149,5 cc | |
Rasio kompresi | 9,5:1 | |
Tenaga maksimal | 13 ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 12,3 Nm/6.500 rpm | |
Tipe starter | electric & kick | |
Kapasitas oli | 1 liter | |
Tipe kopling | manual | |
Transmisi | 5 percepatan | |
Ban depan | 80/100-17 M/C 46P | |
Ban belakang | 100/90-17 M/C 55P | |
Rem depan | cakram piston ganda | |
Rem belakang | cakram piston tunggal | |
Suspensi depan | teleskopik | |
Suspensi belakang | monosok | |
Tipe pengapian | full transistorized | |
Tipe aki | 12V-3,5 Ah | |
Tipe busi | NGK CPR9EA-9 |