Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Honda Vario 125 generasi terbaru.
  • Matic 125 cc satu-satunya dari merek Jepang.
  • Salah satu model yang disukai konsumen.

Di segmen motor matic kelas 125 cc, Honda hanya punya satu jagoan saja, yakni Honda Vario 125.

Skutik 125 cc ini memiliki tampilan yang menarik dengan desain yang modern dan cukup agresif. Desainnya juga sangat mirip dengan Honda Vario 150 yang sudah tak lagi dijual.

Sebelum hadirnya versi 125 cc, motor ini awalnya andalkan mesin 110 cc dengan basis mesin berbeda dari Honda BeAT karena pakai pendingin cairan.

PT Astra Honda Motor sempat meniagakan Honda Vario 110 cc dengan mesin yang sama seperti Honda BeAT.

Hanya saja penjualannya kurang menggembirakan, karena image Honda Vario adalah mesin dengan pendingin cairan.

Baca juga : Tawaran Menarik Sampai Akhir Maret 2021, Honda Vario 125 2021 Kena Diskon Rp 600 Ribu

Dan karena saat ini hanya ada satu pilihan skutik Honda di kelas 125 cc, maka motor ini pun banyak diminati konsumen.

Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Vario 125 pernah terjual 50.000 unit setiap bulannya.

Dibandingkan model lamanya, motor ini ternyata masih mengandalkan mesin yang sama.

Generasi terakhir rilis tahun 2023.

Yup, pada model terbaru yang dirilis 2023 lalu, jantung mekanis 125 cc eSP masih dipertahankan.

Alasannya karena kinerja mesin ini sudah pas dengan kebutuhan konsumennya, cukup bertenaga tapi tetap irit.

Lalu pada model terbaru ini juga mendapatkan desain lebih fresh, meski perubahannya terbilang minor.

Garis desain keseluruhan masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya, kecuali bagian sisi bodi depan yang lebih menekuk dan cover setang baru.

Lalu desain pelek yang dipakai persis versi Vario 150, palang 5 ganda miring. Sisanya jika dilihat sekilas masih nampak sama.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125 2024

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Honda Vario 125, mulai dari desain, performa, hingga fiturnya.

Dan pastinya hal tersebut akan sangat menarik bagi Anda. Namun ada pula kekurangan dari motor ini, berikut kami paparkan review Honda Vario 125 selengkapnya.

Kelebihan Honda Vario 125

1. Desain Sporty

Kesan sporty terasa kuat.

Dari sejak generasi pertama, motor ini memiliki desain yang menarik. Tampilannya terbilang sporty untuk skutik 125 cc.

Sebelum ada PCX 150, bodinya bisa dikatakan bongsor dibandingkan skutik lainnya.

Garis bodinya juga tajam dengan desain lampu yang menyipit. Sehingga membuat tampilannya tak hanya sporty, tapi juga terlihat mewah.

Desain lampunya juga cukup khas dengan model dual keen eyes headlight. Tampilannya semakin mewah dengan penambahan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utamanya.

Dan yang penting, dimensinya cukup untuk semua kalangan, pria atau wanita pasti banyak yang pakai motor ini.

Baca juga : Cicilan Mulai Rp 800 Ribuan, Beli Honda Vario 125 2021 Dapat Potongan Harga Rp 300 Ribu

2. Kapasitas Bagasi Luas

Cover setang ikut berubah.

Salah satu fitur yang banyak dicari konsumen dalam memilih motor adalah kapasitas bagasi yang cukup luas.

Pada motor ini, kapasitas bagasi yang ditawarkan termasuk besar, yakni mencapai 18 liter.

Dengan kapasitas bagasi yang luas ini, pengendara bisa membawa cukup banyak barang.

Bagasinya juga diklaim dapat menampung satu unit helm model full face atau half face.

Tapi jika untuk menyimpan helm, hanya tersisa sedikit ruang kosong untuk menyimpan barang lainnya ya!

3. Performa Mesin Mantap

Performa mesin handal dan irit.

Sebagai tenaga penggerak, kuda besi ini dibekali dengan mesin 4 langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan.

Diameter pistonnya 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm, menghasilkan tenaga maksimum mencapai 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Dengan bobot motor yang tergolong ringan, hanya 111 kg saja, maka power to weight ratio yang dimilikinya cukup baik. Untuk berakselerasi pun tergolong cepat.

4. Konsumsi Bahan Bakar yang Irit   

Mesin 125 cc eSP, belum pakai teknologi eSP+.

Memiliki fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin motor akan mati secara otomatis jika didiamkan selama tiga detik.

Sehingga, tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia ketika motor dalam keadaan diam atau idle. Mesin motor akan kembali hidup saat tuas gas diputar.

Dengan fitur ISS, konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 juga bisa lebih irit. Honda mengklaim skutiknya ini bisa menghemat sampai 51,7 kilometer per liter.

Dan dengan tangki bahan bakar 5,5 liter maka sekali isi full tank bisa melaju lebih dari 200 km.

Baca juga : Review Lengkap Honda Vario 125 2021, Skutik Andalan Honda di Kelas 125 cc

5. Fitur yang Berlimpah

Panel meter digital dan lampu depan LED Honda Vario 125.

Soal fitur, Honda tidak pelit pada skutik injeksi ini. Honda Vario 125 dilengkapi dengan panel meter full digital, sistem pencahayaan LED.

Dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein, lalu idling stop system, anti theft alarm, answer back system, bagasi yang luas.

Kemudian ban depan dan ban belakang tipe tubeless, dengan profil yang cukup gambot, 90/80-14 dan 100/80-14.

Kekurangan Honda Vario 125:

1. Tidak Semua Tipe Dilengkapi Teknologi Keyless

Lampu belakang dan kunci kontak pengaman magnet di Honda Vario 125 2021.

Fitur model barunya memang melimpah, dan pada update tahun 2023 lalu, kunci Smart Key System sudah disematkan.

Tapi sayangnya tidak semua tipe mendapatkan fitur kunci canggih ini, yakni hanya tersebut untuk tipe CBS-ISS saja.

Sedangkan untuk tipe CBS masih mengandalkan secure key shutter atau kunci kontak berpelindung magnetis.

2. Tidak Ada Update Mesin

Meski jantung mekanisnya sudah lebih dari cukup dari sisi performa dan efisiensi, tapi disayangkan tidak ada update pada sektor ini.

Pasalnya di negara tetangga, versi mesin matic 125 cc sudah mengusung teknologi eSP+.

Yup, serupa dengan Honda Vario 160 dengan 4 buah katup, namun kapasitas mesinnya 125 cc.

Dimensi Honda Vario 125 sudah proporsional.

3. Dek Tengah Sempit

Meski dimensinya sudah proporsional, untuk sebagian pengendara yang memiliki postur tubuh cukup tinggi, dek tengah Honda Vario 125 dirasa cukup sempit.

Tak sedikit pengendara yang jarak lututnya terlalu dekat dengan setang saat berbelok atau bahkan sampai mentok.

Di bagian ruang kakinya juga tidak begitu luas. Jika ditambah barang bawaan seperti tas, tentu akan mengganggu pergerakan kaki menjadi kurang leluasa.

4. Harga Terlalu Tinggi

Disebut memiliki banderol yang cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

Dengan harga Rp 23,110 juta hingga Rp 24,765 juta memang terasa tinggi, jika dibandingkan pemain non Jepang.

Semakin mahal?

Misalnya TVS Callisto 125 direntang Rp 21,7 hingga Rp 22,3 juta on the road Jakarta, atau TVS Ntorq 125 berbanderol Rp 22,4 - Rp 22,5 juta.

Namun jika dibanding Suzuki Burgman Street 125 EX dan Suzuki Avenis 125, harga Vario 125 tetap lebih murah, karena produk Suzuki itu impor dari India.

5. Tidak Ada Pilihan Rem ABS

Dengan harga yang masuk kategori menengah, AHM belum berani memberikan opsi tipe dengan rem ABS (Anti-lock Braking System).

AHM masih mengandalkan teknologi CBS (Combi Brake System) yang menjadi standar untuk semua motor maticnya.

Baca juga : Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas

Kesimpulan

Performa dan efisiensinya banyak disukai.

Honda Vario 125 memang memiliki desain yang sporty, agresif, dan mewah. Fitur yang dibekali juga cukup banyak, meskipun tidak bisa dikatakan lengkap.

Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga bisa dibilang irit. Tapi, banderol yang diberikan cukup tinggi jika dibandingkan dengan skutik lain sekelasnya.

Meski begitu, berbekal merek Honda dan jaringan purna jual yang sudah tersebar, Honda Vario 125 2021 tetap menjadi pilihan banyak orang.

Baik pekerja kantoran, mahasiswa, remaja hingga ibu-ibu yang mengantar anak ke sekolah.

Spesifikasi Honda Vario 125 2024
Dimensi
P x L x T 1.918 x 679 x 1.066 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Tinggi Jok 769 mm
Jarak Terendah 131 mm
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Berat Basah 111 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 125 cc
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Tenaga Maksimal 11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 10,8 Nm @ 5.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 90/90-14
Ban Belakang 100/90-14
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Oli mesin cuma 650 ml. Berbagi platform mesin dengan BeAT dan Genio. Kini ada kemasan oli khusus. Honda Scoopy menjadi produk ketiga yang menggunakan mesin eSP 110 cc generasi terbaru PT Astra Honda Motor (AHM). Bukan semata berukuran kompak, volume oli mesin yang ditampungnya pun lebih sedikit dibanding mesin lama buatan Honda. Lantas, apakah memengaruhi usia pakai dari pelumas tersebut? Untuk diketahui, mesin eSP 110 cc generasi anyar buatan mereka ini pertama kali disematkan pada Honda Genio.
Cicilan termurah Rp 700 ribuan. Uang muka paling tinggi Rp 4,4 juta. Kini punya 3 tipe untuk varian Sporty. Honda BeAT jelas masih menjadi primadona masyarakat Indonesia, termasuk model 2025 yang dirilis belum lama ini. Perubahannya bisa dibilang cukup banyak, karena mencakup area bodi, teknologi hingga sedikit sector mesin. Yang menjadi daya tarik dari motor ini adalah efisiensi bahan bakarnya yang sangat irit. Kemudian bobotnya yang ringan juga membuat handling lincah dan mudah untuk diperkota
Harga mulai dari belasan juta. Paling besar bermesin 150 cc. Menyasar segmen pekerja, harian dan hobi. Meski tak lagi jadi favorit, penggemar motor bebek tetaplah ada, malah kini menyasar segmen pekerja dan kaum penikmat alias hobi. Motor jenis ini dikeal badak alias tahan banding untuk harian, membawa beban hingga melintasi jalur pegunungan. Tentunya saat berlibur menuju daerah pegunungan, sering melihat motor bebek yang dipakai untuk bekerja dan membawa hasil pertanian bukan? Penggunaan gigi t
Tampilan sporty dan cocok dengan selera orang Indonesia Sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern KehadiranHonda Vario 160 masih menjadi pro dan kontra, padahal matic satu ini dibekali dengan banyak fitur baru hingga mesin baru. Tapi ternyata buat beberapa orang, desain Vario 160 kurang menarik, karena dari itu masih banyak yang memilih untuk meminang Vario 150 generasi terakhir. Yup motor yang disebut dengan LED New itu memang dari segi desain, tipe ini terlihat lebih proporsional dan sporty.
Teknologi CVT dengan motor penggerak. Dimensi masih relatif mirip generasi kedua. Kini punya 5 tipe berbeda. Meski sudah beberapa waktu lalu dikenalkan, masih banyak juga yang penasaran dengan Yamaha NMax 2025. Model generasi ketiga itu kini memiliki total 5 tipe yang berbeda-beda, dengan rentang harga yang cukup besar. Tipe terendah dilepas Rp 32,700 juta hingga tipe paling mahal menyentuh Rp 45,250 juta. Harga tersebut on the road Jakarta, dan dengan tipe yang ada jelas memperluas pilihan untu

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat