Knob Kontak Smart Key System Motor Tak Bisa Diputar, Tanpa Aki Tekor?

Remote Smart Key System motor Honda.
  • Smart Key System banyak ditemui pada motor baru.
  • Lebih aman dari pencurian.
  • Ada 3 sebab knob tak bisa diputar.

Motor dengan kontak keyless atau kerap disebut Smart Key System, kini semakin banyak ditemui.

Terlebih pada motor-motor keluaran anyar seperti Honda Stylo 160 atau bahkan Honda BeAT terbaru.

Sistem kontak canggih ini lebih praktis digunakan, sekaligus lebih aman dari pencurian.

Tak heran jika Smart Key System menjadi salah satu fitur yang banyak dicari pengguna matic di Indonesia.

Namun, pernahkah kalian mengalami kesulitan saat mencoba memutar knob kunci motor Honda dengan fitur smart key? 

Sebelum buru-buru membawa motor ke bengkel, ada beberapa hal yang bisa kalian cek sendiri untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga : Jangan Salah, Segini Takaran Oli Mesin Honda BeAT dkk Sekarang

1. Cek Baterai Remote

salah satu penyebab utama knob kunci motor smart key tidak bisa diputar adalah baterai remote yang lemah atau rusak. 

Pastikan untuk memeriksa kondisi baterai remote terlebih dahulu, cirinya baterai melemah adalah redupnya lampu indicator.

Remote terputus dengan motor.

Atau jarak jangkauan remote menjadi pendek yang membuat harus benar-benar dekat dengan motor agar keyless bisa aktif.

2. Gunakan Remote Cadangan

Ini untuk memastikan apakah memang terjadi kerusakan pada remote yang sebelumnya digunakan. 

Jika penggunaan remote cadangan pun tidak membuat kunci kontak berfungsi, cek langkah ke-3.

Baca juga : 8 Penyebab Mesin Motor Ngempos, Dari Busi Sampai Piston Aus

3. Periksa Kondisi Aki 

Aki yang tidak cukup daya bisa menyebabkan motor tidak bisa menyala meskipun remote berfungsi dengan baik. 

Honda BeAT pun sudah pakai Smart Key System.

Untuk itu pastikan kondisi aki motor dalam keadaan baik. Hal ini Jika motor sudah lama tidak digunakan.

Pastikan untuk menekan tombol remote sampai lampu indikatornya berwarna merah. 

Ini akan memutuskan koneksi antara remote dan aki, sehingga aki tidak mudah drop.

"Jika, posisi warna lampu yang ada pada kunci masih hijau, itu menandakan bahwa masih terkoneksi sama aki," ujar Koordinator Wilayah I PT Wahanaartha Ritelindo, Alex Justian.

Dengan memeriksa kedua hal ini, maka bisa menghindari kerusakan yang lebih parah dan tentunya tidak perlu langsung mengangkut motor ke bengkel. 
 

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Wajib mengganti oli mesin secara rutin. Range biaya servis Rp 100-150 ribu. Tarif di bengkel resmi. Meski terkesan premium dan canggih sejatinya perawatan Honda PCX 160 tidaklah mahal. Motor ini memang menawarkan posisi berkendara yang nyaman, serta akomodasi yang baik dengan ruang bagasi besar di balik joknya. Pada generasi terbarunya yang dirilis Desember 2024 lalu, perubahan besar terjadi pada desain bodinya. Kesan premium masih melekat pada sosok motor ini, dan kini ditawarkan dengan 3 tipe
Akan ada 12 poin untuk 1 tahun. Pelanggaran berat dikurangi 5 poin. Pelanggaran berat SIM dicabut permanen. Surat Izin Mengemudi alias SIM bisa dicabut permanen di Indonesia? Selama ini sih tidak, tapi hal itu akan segera terlaksana. Yup, SIM menjadi bukti jika seseorang telah memenuhi kualifikasi untuk berkendara di jalan raya. Baik itu dengan mobil atau pun motor. Untuk pengguna motor, maka SIM C, CI dan CII wajib dimiliki. SIM C berlaku untuk pengguna motor sampai 250 cc termasuk Honda Forza,
Motor matic Suzuki ada 4 model. Sosok Honda Scoopy 2025. QJ Motor Fort 250. Kembali kami merangkum 5 artikel motor populer sepanjang pekan lalu, salah satunya ragam motor matic Suzuki. Yup, meski dianggap sudah tak menarik dan kurang menjual, namun Suzuki masih memiliki line up motor matic. Tak melulu berstatus CBU India ya, karena yang rakitan lokal pun masih ada semacam Suzuki Address. Berita yang banyak dibaca lainnya ada soal knalpot baru racikan SKR yang punya suara adem dan dibuat lebih pr
Yamaha Aerox dan NMax sudah punya fitur turbo Keduanya memiliki segmen berbeda Yamaha Indonesia kini menerapkan teknologi YECVT yang mampu memberikan sensasi ala turbo pada motornya, dan kini terpasang pada Aerox Alpha dan NMax Turbo. Selain akselerasi, berkat fitur ini juga motor bisa memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar, namun tetap irit bahan bakar. Bahkan penggunaan Turbo yang dioperasikan dengan menekan tombol Shift di handle sebelah kiri juga bisa meningkatkan akselerasi jadi lebih
Teknologi mesin cukup canggih. Kompresi lumayan tinggi. Rentan membuat kerak ruang mesin. Saat meluncur pertengahan 2024 silam, Yamaha NMax membawa sederet pembaruan, diantaranya 2 opsi mesin. Yakni 155 cc Blue Core generasi ketiga dan juga mesin dengan YECVT yang lebih canggih, tanpa menggunakan roller untuk transmisinya. Dan jika dibandingkan dengan generasi pertamanya yang rilis 2015 lalu, jelas ada banyak peningkatan dan perubahan pada sektor dapur pacu. Salah satunya adalah peningkatan rasi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor