Dibekali YECVT, Mending Pilih Yamaha Aerox Alpha atau NMax Turbo?

Matic Yamaha dengan fitur Turbo.
  • Yamaha Aerox dan NMax sudah punya fitur turbo
  • Keduanya memiliki segmen berbeda

Yamaha Indonesia kini menerapkan teknologi YECVT yang mampu memberikan sensasi ala turbo pada motornya, dan kini terpasang pada Aerox Alpha dan NMax Turbo.

Selain akselerasi, berkat fitur ini juga motor bisa memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar, namun tetap irit bahan bakar. 

Bahkan penggunaan Turbo yang dioperasikan dengan menekan tombol Shift di handle sebelah kiri juga bisa meningkatkan akselerasi jadi lebih spontan, dan juga bisa deselerasi yang bisa diatur.

Keberadaan fitur ini akan sangat bermanfaat ketika harus menyalip kendaraan, karena adanya tenaga ekstra yang dihasilkan. 

Baca juga: Cek Spesifikasi Lengkap dan Ubahan Yamaha Aerox Alpha

Teknologi yang punya nama lengkap Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) itu juga dilengkapi dengan tiga mode, yaitu Low, Medium, dan High.  

Ya, pada intinya itulah fungsi dari adanya Turbo pada Yamaha Aerox dan NMax, namun jika Anda masih bingung untuk memilih Aerox atau NMax, maka berikut ulasannya.

Beda Segmen Yamaha Aerox dan NMax

Aerox Apha hadir dengan empat varian 

Yamaha Aerox dan NMax sejatinya memiliki segmen berbeda. Terlebih tampilannya juga sudah pasti tidak sama. 

Pada dasarnya untuk desain memang tergantung selera, karena bisa saja ada yang menyukai Aerox atau lebih memilih NMax. 

Untuk Yamaha Aerox yang terbaru, saat ini ada penambahan kata Alpha, yang artinya adalah pemimpin. Dari empat tipe yang ditawarkan, dua diantaranya berlabel Turbo.

Yamaha NMax Turbo dilengkapi juga dengan YECVT 

Sementara itu, Yamaha NMax generasi terbaru yang diluncurkan pertengahan 2024, mengalami banyak perubahan dan dari lima varian yang dijual, tiga diantaranya menggunakan fitur Turbo. 

Aerox Alpha disebut-sebut mengadopsi R Series-DNA yang diklaim menjadi Super Sport Scooter, yang digandrungi kalangan anak muda Indonesia.

Demikian juga dengan NMax, bentuk body yang bongsor membuat motor matic ini jadi primadona, baik untuk kalangan muda maupun orang tua. 

Baca juga: Pakai YECVT, Seberapa Cepat Yamaha NMax Turbo Berakselerasi?

Dimensi Alpha dan NMax Turbo
Keterangan Yamaha Alpha Yamaha NMax
Turbo Turbo Ultimate Turbo  Turbo Tech Max Turbo Tech Max Utlimate
Panjang (mm) 1.980 1.935
Lebar (mm) 710 740
Tinggi (mm) 1.170 1.200
Jarak Sumbu Roda (mm) 1350 1340
Jarak Terendah Ke Tanah (mm) 145 125
Tinggi Tempat Duduk (mm) 790 770
Berat Isi (Kg) 130 135
Isi Tangki (Liter) 5,5  7,1 

Kendati begitu, MotoFun akan memberikan berbagai keunggulan dua motor matic yang sudah dilengkapi dengan fitur Turbo. 

Desain Yamaha Aerox Alpa dan Yamaha NMax Turbo

Desain lampu utama berubah total.

Seperti disebutkan di atas, jika Yamaha Aerox Alpha dengan label Turbo ada dua tipe, yaitu Aerox Alpha Turbo dan Alpa Turbo Ultimate. 

Meski keduanya memiliki nama belakang berbeda, namun secara desain masih sama satu dan lainnya.

Lihat saja, pada bagian luar, keduanya sudah dilengkapi dengan LED projector, desain reflektor lebih kecil namun bisa membuat sorot lampu menjadi lebih fokus.

Desain lampu utama terkesan lebih compact dan pindahnya posisi sein dari sayap bawah menjadi di atas bersanding dengan DRL.

Aerox Alpha memiliki desain sayap lebih lebar

Pada bagian sayap kini terlihat lebar, desain body tengah terdapat beberapa lekukan, sehingga sekilas mirip dengan YZF-R1M.

Untuk tampilan bodi belakang bentuknya minimalis, dengan tambahan model lampu belakang baru membentuk V yang disebut Yamaha R-DNA styled tail light.

Sementara itu untuk desain cover setang, cover knalpot, cover radiator, desain pelek, dan desain spakbor depan belakang sekilas tidak banyak berubah.

Lampu LED projector ganda, menggoda.

Adapun untuk Yamaha NMax tampilan yang menyegarkan memang sangat terasa pada sejumlah sudut, karena kini semakin terkesan agresif. 

Hal ini terlihat pada bagian depan, dimana perlampu-lampu nya dibuat sipit, dan menyatu seperti pada headlamp dan sein. 

Kemudian lampu depan dan jauh sudah menggunakan dual LED projector. Demikian juga dengan lampu senja yang juga sudah LED, termasuk lampu rem dan sein di belakang. 

Suspensi belakang dengan tabung dan setelan preload.

Jika melihat desain samping, NMax saat ini terlihat lebih ramping, namun tetap keren karena sekilas jadi mirip dengan saudaranya, XMax. 

NMax generasi ketiga yang meluncur pada Juni 2024 lalu, juga dilengkapi dengan windshield yang lebih tinggi, dan pada bagian shockbreaker dibuat tertutup body. 

Rangka Alpha dan NMax Turbo
Keterangan Yamaha Aerox Alpha Yamaha NMax
Turbo Turbo Ultimate Turbo Turbo Tech Max Turbo Tech Max Ultimate
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic with 30mm Inner Tubes Teleskopic
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/80-14/C 53P 110/70 - 13 M/C 48P
Ban Belakang 140/7-14/C 62P 130/70 - 13 M/C 63P
Rem Depan Disc Brake Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake Hydraulic Single Disc Brake

Fitur Yamaha Aerox dan NMax Turbo

Smart Key System ada disemua tipe kecuali Standard

Untuk masalah fitur, pada dasarnya Aerox dan NMax yang dilengkapi dengan penamaan Turbo, sudah dilengkapi fitur lebih komplit. 

Pada Yamaha Aerox Alpha Turbo, sudah dilengkapi dengan USB Charging System Type A, Smart Key System, Start & Stop System. 

Selain itu, Aerox Turbo sudah pasti dilengkapi dengan Speedometer sudah TFT 3 Display Mode with Charging Background Color (Day & Night), dimana ada tingkat kecerahan yang bisa disesuaikan. 

Tampilan Track dilengkapi dengan informasi lap time.

Aerox Turbo juga dilengkapi dengan Turn by Turn Navigation, Traction Control System, Emergency Stop Signal alias sinyal darurat.

Yang tak kalah penting adalah tipe ini sudah dilengkapi dengan Y-Connect dan Turbo Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT Konvensional.

Untuk Y-Connect diketahui, ini merupakan teknologi yang menghubungkan antara motor dengan smartphone, yang pengoperasiaannya menggunakan aplikasi Y-Connect. 

Spidometer TFT dengan fitur navigasi dari Google Maps.

Pada aplikasi ini, nantinya akan ada informasi berupa notifikasi telepon & pesan, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli & aki, memonitor konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan notifikasi malfunction.

Untuk fitur Y-Shift yang memiliki tiga tingkatan, dan akan sangat berguna saat melakukan akselerasi dan deselerasi secara cepat ketika menghadapi jalur menantang.

Sementara itu, jika Aerox tipe Turbo Ultimate, ada maka lebih lengkap, yaitu dilengkapi Cover Muffler, Stylish Vision, dan juga Performance Damper. 

Sudah punya ada  fitur Smart Key System, kecuali tipe terbawah yaitu Neo.

Untuk Yamaha NMax Turbo, motor tipe ini tak jauh berbeda dengan yang dilengkapi Aerox Alpha Turbo, seperti Electric Power Outlet dan Smart Key System. 

Selain itu, motor matic ini juga dilengkapi dengan YECVT dan juga Y-Connect. Lebih lanjut, ada juga Turbo Riding dengan dua mode berkendara, yaitu: 

Atur rasio CVT melalui tombol Y-Shift di saklar

T Mode: Town Commuting yang bisa digunakan untuk penggunaan saat berkendara di perkotaan.

S Mode: Sport Touring bisa dipakai saat berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih seperti saat perjalanan keluar kota.

Sementara itu, NMax tipe Turbo Tech Max, ada pembeda pada bagian fitur yaitu penambahan Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, Spesial TechMax Seat, dan juga terdapat Traction Control System. 

Terpasang di rangka tengah sisi kiri

Adapun untuk tipe tertingginya, yaitu Turbo Tech Max Ultimate ada tambahan aksesori berupa Performance Damper, yang akan sangat berguna mendukung performa handling, sehingga jadi lebih stabil saat bermanuver.

Detail Performa 

Mesin generasi baru.
Performa Alpha dan NMax Turbo
Keterangan Yamaha Alpha  Yamaha NMax
Turbo     Turbo Ultimate Turbo      Turbo Tech Max   Turbo Tech Max Utlimate
Tipe Mesin 4 Langkah, berpendingin cairan, SOHC 4 katup, VVA
Jumlah Silinder Silinder Tunggal
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Kapasitas Mesin 155,09cc
Daya Maksimum 15,4 PS 8000 rpm
Torsi Maksimum 14,2 Nm / 8000 rpm
Sistem Starter Electric Strater
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Kompresi 11,6 : 1

Harga

Menyoal harga, Yamaha Aerox Alpha Turbo ada yang lebih murah ada pula yang lebih mahal dibandingkan NMax Turbo. Berikut daftar harga yang ditawarkan sesuai di situs resmi.

Harga Alpha dan NMax Turbo
Keterangan  Yamaha Alpha    Yamaha NMax
Turbo Turbo Ultimate  Turbo Turbo Tech Max  Turbo Tech Max Utlimate
Harga Rp 39.550.000 Rp 41.730.000 Rp 38.640.000 Rp 44.190.000

Rp 46.210.000

 

Perlu dicatat, Untuk Yamaha Aerox Alpha Turbo dan Turbo Ultimate hanya tersedia satu warna yaitu Matte Dark Grey.

Sedangkan untuk Yamaha NMax Turbo tersedia Elixir Dark Silver dan Magma Black. Hanya saja untuk  Turbo Tech Max dan Turbo Tech Max Ultimate cuma Magma Black saja.

 


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Teknologi mesin cukup canggih. Kompresi lumayan tinggi. Rentan membuat kerak ruang mesin. Saat meluncur pertengahan 2024 silam, Yamaha NMax membawa sederet pembaruan, diantaranya 2 opsi mesin. Yakni 155 cc Blue Core generasi ketiga dan juga mesin dengan YECVT yang lebih canggih, tanpa menggunakan roller untuk transmisinya. Dan jika dibandingkan dengan generasi pertamanya yang rilis 2015 lalu, jelas ada banyak peningkatan dan perubahan pada sektor dapur pacu. Salah satunya adalah peningkatan rasi
Dimensi kompak tapi dengan ruang bagasi lega. Baterai ada di bawah kaki dan bisa dilepas. Kecepatan maksimal 55 km/jam. Honda ICON e: memiliki dimensi yang cukup identik jika dibandingkan dengan Honda EM1 e: yang lebih dulu muncul dan dijual di Indonesia. Namun dari segi visual ada sedikit perbedaan, salah satunya desain ICON e: terlihat lebih tegas di beberapa bagian, tidak seperti EM1 e: yang desainnya cenderung membulat. Dari segi harga ICON e: pun dijual lebih murah, hanya Rp 28 juta on the
Penyebab utamanya adalah tumpukan kerak karbon di ruang bakar. Kerak karbon mengganjal pada ring piston dan klep. Ruang bakar harus dibersihkan. Motor yang sedang dikendarai tiba-tiba mogok, bisa jadi karena hilang kompresi pada mesin. Hilang kompresi? Yup, agar mesin, baik itu mesin 2 tak atau 4 tak, dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Pertama-tama, mesin membutuhkan pasokan bahan bakar yang mencukupi untuk membakar di dalam ruang bakar. Bahan bakar ini biasan
Model barunya berubah total. Punya akomodasi lega. Yamaha FreeGo menjadi salah satu opsi motor matic direntang harga Rp 20 jutaan, yang saat ini pilihannya banyak. Motor matic dengan rentang harga tersebut, rata-rata memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang segmen di bawahnya. Motor yang saat dirilis di IMOS 2022 lalu ini berbanderol Rp 21,4 juta sampai Rp 23,2 juta, on the road Jakarta. Kini harganya mulai dari Rp 22,240 juta untuk tipe Standard dan Rp 24,055 juta untuk tipe Connected, harga
Masalah Honda Vario 110 Techno karbu terbilang umum. Usia pakai dan perawatan jadi penyebabnya. Desain timeless. Seperti diketahui, unit bekas dari Honda Vario 110 Techno karbu bisa diincar bagi Anda yang mendambakan matic keren berbanderol miring. Meski demikian, yang perlu diingat adalah usianya yang tak lagi muda, meski secara desain masih menarik. Yup, Honda Vario 110 Techno karbu beredar mulai tahun 2009 dan berakhir pada 2012 setelah varian 125 cc keluar. Hal tersebut pula yang membuat ada

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat