Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 di tahun 2024 ini berbarengan menghadirkan model terbaru, dengan menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing.
Tentu saja bagi Anda yang awam dan ingin memiliki motor matic dengan body gambot akan merasa bingung, karena keduanya memiliki nama besar dan reputasi cukup baik.
Sebelumnya, beberapa waktu lalu MotoFun mengulas versi termurah dari PCX 160 dan NMax 155. Maka dari itu kali ini giliran versi termahalnya yang akan kita bahas.
Baca juga: Adu Tipe Termurah, Pilih Honda PCX 160 atau Yamaha NMax 155?
Pasalnya, baik Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 sama-sama punya versi tertinggi yang memiliki fitur lengkap.
Nah, untuk mengetahui apa saja yang berbeda di tipe tertinggi, Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, berikut ulasannya.
Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 memang menyasar ke segmen pecinta motor matic dengan level sedikit lebih tinggi.
Maka nggak heran keduanya, dilengkapi dengan fitur yang lebih advance, termasuk penamaan kedua produknya.
PT Astra Honda Motor memberikan nama Honda PCX 160 varian teratas dengan tambahan nama RoadSync.
Sedangkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur memberikan nama NMax termahal dengan sebutan Turbo Tech Max Ultimate.
Baca juga: Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas?
Karena jadi varian tertinggi, baik PCX 160 RoadSync maupun NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate, sama-sama harus dibayar dengan mahar di atas Rp 40 jutaan.
Namun jika melihat harganya, NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate memang harganya jauh lebih mahal, yaitu selisih Rp 5.055.000.
Baca juga: Kupas New Honda PCX 160: Spesifikasi, Tipe dan Harga Jualnya
Untuk detailnya perbandingan harganya dengan status on the road Jakarta, lihat sebagai berikut:
Perbandingan Harga | |||
---|---|---|---|
Model | Harga | Model | Harga |
Honda PCX 160 RoadSync | Rp 40.350.000 | Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate | Rp 45.405.000 |
Adapun dengan mengetahui perbedaan harganya, maka berikut ini sejumlah perbandingan fitur dan spesifikasinya.
Honda PCX 160 yang meluncur di awal Desember 2024, hadi dengan tampil lebih segar dan agresif, dengan penggunaan lampu depan yang menyipit dan dibuat lebih tipis.
Terdapat pula LED DRL berbentuk V yang menempel dengan lampu utamanya, dan kini memakai 4 titik LED sebagai penerangannya.
Uniknya pada bagian bawah lampu, dibuat semacam sirip tipis seperti winglet.
Motor matic ini sudah dilengkapi windscreen yang tidak terlalu tinggi, dan kini di baliknya ada setang telanjang yang tertutup cover.
Pada bagian samping motor, mempunyai lekuk garis yang tegas, dari depan, tengah hingga buritan.
Untuk bagian buritan, motor ini sudah dilengkapi LED Bar sebagai lampu belakang yang melebar dan di atasnya sebagai lampu rem.
Lampu sein kini dibuat menjulur ke bawah dan melebar keluar, yang seperti membentuk taring.
Yamaha NMax 155 yang meluncur pada pertengahan tahun 2024 hadir dengan berbagai perubahan cukup menarik.
Secara tampilan, motor ini sudah menggunakan LED dan pada bagian depan dilengkapi Dual Projector LED sehingga pencahayaan jadi optimal, dan lebih terang.
Hanya saja, dimensi per lampu-lampuan NMax 155 dibuat lebih mungil dibandingkan versi sebelumnya, dan pada bagian windshield jadi lebih tinggi dari versi sebelumnya.
Untuk bentuknya, NMax 155 tetap mempertahankan bentuknya yang cukup besar, dan pada bagian samping memiliki garis, bahkan sekilas jadi mirip saudaranya, Xmax.
Oia, pada bagian stang NMax 155 khususnya tipe Turbo Tech Max Ultimate, memiliki tombol lebih banyak, karena pada bagian kiri memiliki saklar untuk menekan tombol turbo.
Dengan berbagai perubahan, Honda PCX 160 RoadSync tentu sudah memiliki berbagai fitur yang cukup menjanjikan.
Sebagai fitur standar, selain lampu sudah LED dan DRL, PCX 160 RoadSync sudah dilengkapi Power Outlet menggunakan USB Type C untuk mengisi daya smartphone.
Kemudian ada juga Smart Key System sebagai kunci kontak sekaligus Anti Theft Alarm juga Answer Back System.
Panel meter sudah layar TFT 5 inci yang berisi beragam informasi, dengan tampilan lebih canggih dan modern, termasuk bisa navigasi alias penunjuk arah.
Layar panel ini juga bisa menghubungkan motor dengan pengendara, melalui aplikasi RoadSync, sehingga motor bisa terkoneksi dengan smartphone dan juga intercom helm.
Alhasil fitur untuk menerima panggilan masuk, mendengar musik, menerima dan membalas pesan bisa dilakukan.
Bagasi berkapasitas 30 liter tetap dipertahankan, yang mana terbesar di kelasnya.
Tipe tertinggi ini sudah pakai teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang mampu mencegah roda belakang selip.
Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate juga memiliki banyak fitur yang cukup menarik, sehingga memberikan kesan premium.
Lihat saja, selain lampu sudah full LED, motor matic ini juga dilengkapi speedometer digital dengan TFT display, sistem navigasi, sistem konektivitas Y-Connect, sampai fitur Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang paling terbaru
Beberapa fitur yang ada pada motor ini juga sudah dilengkapi Smart Key System dengan fitur Answer Back System.
Motor matic ini sudah dilengkapi dengan fitur Electric Power Outlet USB Type-C dan juga Y-Connect yang dapat memberikan notifikasi pesan dan telepon, perih informasi yang ada pada layer panel meter yang informatif.
Yang paling menarik dari NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate yaitu dilengkapi fitur Turbo Riding Mode, yang terdiri dari:
Selain itu, ada juga tombol Turbo Y-Shift, dimana fitur ini akan memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan yaitu 1:low, 2: medium, 3:High, yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.
Tak sampai disitu, NMax tipe tertinggi ini juga sudah dilengkapi dengan ABS Dual Channel, dan tambahan accessories khusus berupa Performance Damper.
Tentunya dengan harga yang lebih dari Rp 40 juta, kedua motor ini menyajikan fitur dan teknologi yang canggih.
Fitur navigasi kini sudah terbenam dan menjadi fitur wajib untuk motor-motor kategori premium, agar pengendara tak perlu membuat smartphone untuk melihat navigasi.
Soal performa keduanya pun sejatinya NMax lebih unggul dengan teknologi mesin terbaru YECVT yang juga memiliki 2 Riding Mode.
Sementara PCX 160 tetap percaya diri dengan menggusung mesin 157 cc eSP+ yang dikenal bertenaga.
Perbandingan Dimensi
Dimensi | ||
---|---|---|
Keterangan | PCX 160 RoadSync | NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate |
Panjang (mm) | 1.936 | 1.935 |
Lebar (mm) | 742 | 740 |
Tinggi (mm) | 1.123 | 1.200 |
Sumbu Roda (mm) | 1.313 | 1.340 |
Jarak Terendah (mm) | 135 | 125 |
Tinggi Jok (mm) | 764 | 770 |
Tangki (liter) | 8,1 | 7.1 |
Berat Kosong (kg) | 133 | 135 |
Perbandingan Kaki-kaki
Kaki-Kaki | ||
---|---|---|
Keterangan | PCX 160 RoadSync | NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate |
Tipe Rangka | Double Cradle | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik | Teleskopic |
Suspensi Belakang | Suspensi Belakang Ganda dengan Tabung | Unit Swing |
Rem Depan | Anti Lock Braking System | Hydraulic Single Disc Brake |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik | Hydraulic Single Disc Brake |
Ban Depan | 110/70 - 14 M/C | 110/70 - 13 M/C 48P |
Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C | 130/70 - 13 M/C 63P |
Perbandingan Mesin
Mesin | ||
---|---|---|
Keterangan | PCX 160 RoadSync | NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate |
Tipe Mesin | 4-Langkah, 4-Valve, eSP+ | Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT |
Pendingin | Pendingin Cairan | |
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder | |
Volume Silinder | 156,9 cc | 155 cc |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | 58 mm x 58.7 mm |
Perbandingan Kompresi | 12:1 | 11.6 : 1 |
Daya Maksimum | 11,8 kW / 8.500 rpm | 11.3 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 14,7 Nm / 6.500 rpm | 14.2 Nm / 6500 rpm |
Sistem Starter | Elektrik | Electric Starter |
Sistem Pelumasan | - | Wet Sump |
Kapasitas Oli Mesin | 0,8 L | 1 L |
Sistem Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering | Single Dry Clutch |
Tipe Transmisi | Otomatis, V-Matic | Automatic |
Sistem Pengapian | Full Transisterized | TCI |
Baterai | 12 V - 5 Ah, tipe MF | YTZ6V/YTZ7V |
Tipe Busi | NGKLMAR8L-9 | NGK/CPR8EA-9 |