Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 kerap dibanding-bandingkan, karena keduanya memiliki body gambot dan sama-sama matic kelas premium.
Bahkan Honda PCX 160 baru mengalami penyegaran sehingga jadi lebih keren dibandingkan model sebelumnya.
Selain itu, PCX 160 terbaru jugakini harganya sampai Rp 40 jutaan. Tapi itu untuk menebus PCX 160 tipe ABS RoadSync alias paling tinggi dan harganya lebih murah dari Yamaha NMax termahal yang mencapai Rp 45,4 juta.
Baca juga: Kenali 3 Tipe Honda PCX 160 2025, Masih Ada yang Rp 33 Jutaan!
Lalu bagaimana dengan PCX 160 termurah, apakah harganya masih bisa bersaing dengan dengan NMax yang juga tipe termurah?
Ya, Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 memang kerap dibanding-bandingkan, karena harganya pun saling bersaing.
Untuk pasar Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek sejatinya menawarkan PCX 160 dengan tiga varian, yaitu PCX 160 CBS sebagai tipe termurah, ABS tipe menengah dan ABS Roadsync.
Sementara Yamaha, variannya ada lima yang termurah mulai dari tipe Neo Version, Neo S Version, lalu selanjutnya ada tipe Turbo, Turbo Tech Max dan termahal Turbo Tech Max Ultimate.
Baca juga: Masih 155 Cc, Ini Beda Mesin Yamaha NMax Neo dan Nmax Gen 2
Jika Anda ingin mengetahui bagaimana spesifikasi dan harga tipe termurah, lihat ulasannya di bawah ini.
Jika melihat harganya, meski sama-sama termurah, maka Yamaha NMax Neo Version memang terjangkau dengan selisih Rp 895.000 lebih murah dibandingkan PCX 160 CBS.
Berikut perbandingan harganya:
Dengan perbedaan harga tersebut, lantas bagaimana fitur dan spesifikasi kedua motor matic tersebut. Berikut uraiannya.
PCX 160 termurah memiliki nama CBS yang merupakan singkatan dari Combi Brake System.
Pada dasarnya, tipe CBS terbaru ini ubahannya sangat minor, sehingga tidak terlalu signifikan dari model sebelumnya.
Untuk pembeda utama yaitu penyematan teknologi pada pengereman, yang masih menggunakan CBS.
Ya, pengereman CBS memadukan kinerja rem depan dan belakang bersamaan dengan menarik tuas rem belakang saja.
Selain itu, kaliper rem depan memiliki 3 buah piston, sehingga terlihat lebih besar.
PCX 160 CBS sudah dilengkapi panel meter full digital, serta Smart Key System untuk menyalakan mesin.
Motor matic ini juga menggunakan lampu sudah full LED dan update power outlet USB Type-C.
Tidak hanya itu, PCX 160 CBS pada bagian velg berwarna hitam dengan logo emblem PCX 160 berkelir Silver.
Varian termurah ini hadir dengan pilihan warna Exceptional Black, Exceptional White, Exceptional Matte Silver, dan Exceptional Red.
Untuk Yamaha NMax Neo Version sekilas memang terlihat sama, dengan varian lainnya.
Namun sejatinya, NMax Neo version hanya dilengkapi fitur terbaru berupa Y-Connect dan Electric Power Outlet.
Adapun fitur Y-Connect yang dapat dilihat dari layar panel digital, dimana fitur ini dapat memberikan notifikasi pesan dan telepon.
Selebihnya memiliki fitur yang sama dengan lainnya, menggunakan rear sub-tank suspension, hingga Start & Stop system.
NMax Neo Version hadir dengan empat pilihan warna, yaitu White, Dull Blue, Red dan juga Black.
Hasil akhirnya adalah keduanya merupakan tipe basic yang cocok untuk konsumen ingin model terbaru dari kedua motor tersebut namun dengan dana terbatas.
Setidaknya bisa mendapatkan desain bodi terbaru pun sudah cukup untuk memenuhi hasrat memiliki motor keluaran anyar.
Fitur yang disematkan pun sudah cukup baik, dari konektivitas smartphone, lampu full LED hingga performa mesin yang jempolan.
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version | ||
---|---|---|
Keterangan | PCX 160 CBS | NMax Neo Version |
Panjang (mm) | 1.936 | 1.935 |
Lebar (mm) | 742 | 740 |
Tinggi (mm) | 1.123 | 1.200 |
Sumbu Roda (mm) | 1.313 | 1.340 |
Jarak Terendah (mm) | 135 | 135 |
Tinggi Jok (mm) | 764 | 770 |
Tangki (liter) | 8,1 | 7,1 |
Berat Kosong (kg) | 132 | 130 |
Perbandingan Kaki-kaki
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan | PCX 160 CBS | NMax Neo Version | ||||
Tipe Rangka | Double Cradle | Underbone | ||||
Suspensi Depan | Teleskopik | |||||
Suspensi Belakang | Ganda | Unit Swing | ||||
Rem Depan | Cakram | |||||
Rem Belakang | Cakram | |||||
Ban Depan | 110/70-14 | 110/70-13 | ||||
Ban Belakang | 130/70-13 |
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan | PCX 160 CBS | NMax Neo Version | ||||||||
Tipe | 4-tak, SOHC, 4 katup, eSP+ | 155cc Blue Core, VVA, 4 katup, SOHC | ||||||||
Pendingin | Cairan | |||||||||
Rasio Kompresi | 12 : 1 | 11,6 : 1 | ||||||||
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | 58 x 58,7 mm | ||||||||
Kapasitas Mesin | 156,9 cc | 155,09 cc | ||||||||
Tenaga Maksimal | 16 PS / 8.500 rpm | 15,3 PS / 8.000 rpm | ||||||||
Torsi Maksimal | 14,7 Nm / 6.500 rpm | 14,2 Nm / 6.500 rpm | ||||||||
Transmisi | CVT | Automatic |