Kepincut Boyong Honda Vario 110 Techno Karbu? Kenali Dulu Penyakit Khasnya

  • Masalah Honda Vario 110 Techno karbu terbilang umum.
  • Usia pakai dan perawatan jadi penyebabnya.

Seperti diketahui, unit bekas dari Honda Vario 110 Techno karbu bisa diincar bagi Anda yang mendambakan matic keren berbanderol miring. Meski demikian, yang perlu diingat adalah usianya yang tak lagi muda.

Yup, Honda Vario 110 Techno karbu beredar mulai tahun 2009 dan berakhir pada 2012 setelah varian 125 cc keluar. Hal tersebut pula yang membuat ada sederet masalah yang berpotensi ditemui pada matic bermesin 110 cc tersebut. Seperti apa?

Baca Juga: Sudah Waktunya Disegarkan, Kapan Yamaha XMax Baru Meluncur?

Cek Area CVT

Dari sekian jenis varian yang ada, keluhan yang kerap hadir oleh pengguna Honda Vario 110 Techno karbu ada di bagian CVT. Hal tersebut bisa jadi karena faktor usia dan perawatannya.

CVT Vario Techno 110

Ciri bagian ini perlu diservis cukup beragam. Mulai getaran motor berlebihan saat putaran bawah ketika hendak berakselerasi. Hingga tarikan motor yang terasa lemot.

Masalah getaran di putaran mesin tersebut biasanya terjadi pada bagian kampas kopling ganda serta mangkok yang sudah tipis atau selip. Selain getaran saat berkendara, performa motor pun menjadi payah saat dibawa menanjak.

Di samping itu, ada beberapa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan motor matic kurang bertenaga. Semisal ruang CVT kotor, kondisi V-belt yg sudah aus, roller aus hingga pegas driven face lemah.

Karena itu, perawatan komponen penggerak pada ruang CVT disarankan setiap 8.000 km. Serta untuk penggantian V belt setiap 24.000 km atau 2 tahun dalam kondisi penggunaan normal.

Mesin dan Pendinginan

Selain 'takdir' bawaan Honda Vario 110 Techno karbu yang boros, masalah lain di motor ini sebenarnya umum ditemui pada motor-motor 4-tak.

Sudah pakai radiator

Misalnya jika keluar asap, cek jeroan mesinnya, karena ada indikasi oli masuk ke ruang bakar. Tapi masalah tersebut jarang ditemui saat mendapatkan unit yang terawat.

Tetapi dari sistem pendinginan cairnya, perlu perhatian detail karena faktor usia. Contohnya bagian kisi radiator yang bocor karena gesekan dengan kipas, atau kotoran yang menghambat jalur air.

Lalu bisa jadi masalah hadir dari sil waterpump yang rusak. Akibatnya, ketika mesin berjalan, langsung ada komponen yang kebanjiran oli.

Kelistrikan

Lagi-lagi faktor usia bisa mempengaruhi komponen. Kali ini coba cek bagian kelistrikan. Tak melulu soal aki, karena bisa saja hanya peranti kecil seperti sekring yang mati.

Cek kelistrikannya

Diluar itu, komponen kiprok dari motor tersebut juga bisa jadi pemicu borosnya pengeluaran Anda. Pasalnya, ketika kiprok rusak, maka pengisian daya aki tidak optimal dan berujung kelistrikan yang kerap tekor.

Jadi, jangan lupa teliti sebelum membeli ya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor