Perbedaan Honda CRF250 Rally dan CRF250L, Lebih Suka Mana Buat Blusukan?

Honda CRF250 Rally (kiri) dan CRF250L (kanan).
  • Keduanya memiliki genre berbeda.
  • Desain yang berbeda membuat CRF250L lebih ringan.
  • CRF250 Rally lebih cocok digunakan untuk berkendara jauh.

PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki 2 jagoan sport adventure di kelas 250 cc, yaitu ada Honda CRF250L yang dibanderol Rp 79,925 juta dan Honda CRF250 Rally seharga Rp 93,345 juta OTR Jakarta.

CRF250 Rally lebih dulu hadir di Indonesia yang diperkenalkan oleh AHM pada tahun 2017, kemudian disusul oleh CRF250L yang resmi dijual di Indonesia pada tahun 2023.

Kedua motor ini memiliki basic yang sama, namun tetap ada beberapa perbedaan untuk menyesuaikan konsep dari masing-masing aliran.

Seperti CRF250 Rally yang bergaya dual sport yang siap diajak melahap jalur on road dan off road.

Sedangkan CRF250L lebih difokuskan untuk mereka yang senang bermain di jalur off road dengan kondisi ekstrim.

Baca juga: Incar Yamaha Aerox Alpha Atau Honda Vario 160? Tipe Terendah Gak Sampai Rp 30 Juta!

Lantas apa saja perbedaan yang terdapat pada CRF250 Rally dan dan CRF250L?

Desain Honda CRF250 Rally Ala Motor Dakar

Tampilan khas pacuan Rally Dakar pada CRF250 Rally.

Honda CRF250 Rally didesain dengan fokus pada petualangan penggunanya dengan mengambil inspirasi dari Dakar Rally. 

Motor ini memiliki windscreen tinggi, lampu depan LED terintegrasi, dan desain bodi yang kokoh untuk melindungi badan pengendara dari terpaan angin selama perjalanan.

Bodi pada area tengah cenderung padat dan lebar, sampai-sampai menutup area mesin CRF250 Rally.

Sedangkan joknya ramping dan panjang agar pengendaranya lebih leluasa dalam memilih posisi duduk.

Baca juga: Berita Populer : Ada Yamaha Aerox Alpha dan Kupas New Honda PCX 160

Desain khas motor garuk tanah pada CRF250L.

Beda dengan CRF250L yang mana bodinya lebih ramping khas akan motor pacuan garuk tanah.

Batok lampu yang menempel pada segitiga, shroud ramping, juga jok yang panjang untuk menyesuaikan posisi berkendara ketika berada di jalur offroad.

Perbedaan bodi ini membuat kapasitas tangki keduanya berbeda, CRF250 Rally tentu lebih gambot dengan kapasitas 12,8 liter sedangkan CRF250L hanya 7,8 liter.

Dengan begitu CRF250 Rally bisa berjalan lebih jauh dan cocok digunakan untuk turing.

Baca juga: 5 Daya Tarik Honda CRF150L, Trail 150 Cc Paling Pas!

Tangki CRF250 Rally mencapai 12,8 liter.

Perbedaan desain bodi juga membuat posisi jok keduanya sedikit berbeda, Rally memiliki tinggi jok yang sedikit lebih rendah karena berada di angka 885 mm, sedangkan 250L mencapai 893 mm.

Honda CRF250L Lebih Ringan

Adanya perbedaan desain dan dimensi membuat Honda CRF250 Rally memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan CRF250L. 

Rally memiliki berat sekitar 152 kg, sedangkan CRF250L memiliki berat 140 kg saja, pembeda utama dari selisih bobot ini tentu saja dari tambahan perlengkapan dan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. 

Bobot yang lebih berat ini tentunya mempengaruhi handling dan stabilitas motor, terutama dalam kecepatan tinggi dan medan yang berat. 

Baca juga: Baru Sebulan, Honda Scoopy Sudah Terjual 5.000 Unit Lebih di Jakarta-Tangerang

Desain ramping bikin bobot CRF250L lebih ringan.

Honda CRF250L jadi punya pengendalian yang lebih ringan dan mudah terutama ketika berada di jalur off road, sedangkan Rally jadi terasa lebih stabil ketika dipakai turing.

Ground Clearance Honda CRF250L Lebih Tinggi

Di area kaki-kaki sebenarnya kedua motor ini dilengkapi komponen yang serupa, seperti pelek jari-jari yang dibalut ban berukuran 80/100-21 di depan dan ban ukuran 120/80-18 untuk belakang.

Suspensi depan menggunakan model upside down dari Showa, untuk belakang pakai monoshock yang terpasang pada pro-link, suspensi belakangnya ini dilengkapi dengan setelan preload.

Mesin CRF250L belum dilengkapi dengan skid plate.

Meski pelek, roda, dan suspensi yang digunakan sama tapi ternyata ada perbedaan jarak terendah ke tanah, yang mana Rally punya jarak 275 mm dan 250L sedikit lebih tinggi berada di angka 277 mm.

Baca juga: Ratusan Ribu Orang Tercerahkan Ilmu Berkendara Aman Honda

Perbedaan jarak terendah ke tanah ini disebabkan oleh adanya penggunaan skid plate atau pelindung mesin pada CRF250 Rally, jadi meski sedikit lebih rendah namun tetap aman karena sisi bawah mesin terlindungi.

Cakram depan lebar milik CRF250 Rally untuk menjaga suhu cakram dan performa pengereman lebih baik saat di jalur on road.

Beda Rem

Keduanya dilengkapi sistem rem hidrolik atau cakram baik di depan maupun belakang tanpa ABS, hanya saja ada perbedaan pada perangkat rem depannya.

Rally pakai diameter cakram floating 296 mm yang diapit kaliper 2 piston, penggunaan cakram lebar ini tentu saja bertujuan untuk lebih cepat melepas panas ketika melakukan pengereman keras yang berulang terutama di kecepatan tinggi.

Beda dengan 250L yang cuma pakai diameter cakram 256 mm, lebih kecil agar tidak mudah nyangkut ketika digunakan di jalur off road sempit.

Untuk rem belakang keduanya kompak menggunakan diameter cakram 220 mm yang diapit kaliper 1 piston.

Kesimpulan

Meski punya basis yang sama, keduanya jelas beda peruntukan dan juga spesifikasi dan harga pastinya.

Untuk yang mau blusukan dengan kemampuan touring jarak jauh yang lebih mendukung, Honda CRF250 Rally jadi pilihannya.

Tangki lebih besar dan adanya windshield akan mendukung keperluan untuk melintasi jalan aspal, tanpa harus meninggalkan kemampuan off road.

Dan Honda CRF250L ditujukan untuk mereka yang memang ingin motor trail murni, yang sangat mendukung untuk off road.

Bobot lebih ringan dan sedikit lebih tinggi, akan membantu pengendalian motor selama dipakai blusukan.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Pabrikan non Jepang juga agresif. Banyak motor listrik baru. Yamaha Aerox Alpha jadi penutup. Pasca pandemi Covid-19, industri otomotif mulai bergerak naik seiring membaiknya kondisi ekonomi. Para pelaku industri otomotif khususnya roda dua tak tinggal diam, dengan memberikan banyak stimulasi untuk merangsang pasar. Selain berbagai program promo, menghadirkan produk baru juga jadi cara jitu menggoda konsumen untuk menebus motor baru. Pada tahun 2024 ini hampir seluruh pabrikan motor hadir dan me
Ada Honda Vario 160 CBS. Yamaha Aerox Alpha Standard masih menarik. Harga kurang dari Rp 30 juta. Jika punya modal dengan budget kurang dari Rp30 juta, namun masih bingung, maka bisa memilih dua motor matic Honda Vario 160 atau Yamaha Aerox Alpha. Namun pada dasarnya, untuk Honda Vario 160, jika nambah budget jadi Rp 30.230.000 Anda bisa mendapatkan varian tertinggi yang dilengkapi fitur pengereman ABS. Karena tipe terendah dari Vario 160 adalah tipe CBS Active yang menurut situs resmi PT Astra
New Honda PCX 160 ada tipe baru. Yamaha Aerox Alpha tampil lebih sporty. Sosok Honda Scoopy baru. Penghujung tahun 2024 menjadi momen kehadiran New Honda PCX 160 dan juga Yamaha Aerox Alpha. Keduanya menjadi produk baru yang sekaligus sebagai penutup tahun 2024, yang justru memanaskan persaingan. Yamaha Aerox Alpha menjadi motor matic sporty yang berubah total, pilihan tipe bertambah dan banyak update fitur baru. Pun dengan New Honda PCX 160 yang tampil fresh, tanpa menghilangkan kesan elegan da
Performa mesin terasa pas. Fitur cukup mumpuni. Punya 4 warna menarik. Honda CRF150L menjadi salah satu motor trail kelas 150 cc yang saat ini sukses diterima konsumen. Tidak hanya untuk para penghobi garuk tanah, tapi juga untuk harian dan menjadi motor dinas instansi tertentu. Pastinya ada sejumlah alasan kenapa motor ini bisa menjadi salah satu model yang digemari. Honda CRF150L hadir pertama kali tahun 2017 silam, sekaligus menjadi produk trail 150 cc kedua pabrikan Jepang. Sebelumnya sudah
Dibanderol mulai dari Rp 1,7 jutaan. Sudah intercom ready, terdapat slot speaker. Helm jenis full face kini semakin beragam merek dan modelnya, jika ingin mencicipi helm model full face dengan brand luar negeri mungkin bisa intip HJC. Pasalnya HJC memiliki line up helm full face entry level tapi dengan fitur bejibun, harga mulai dari Rp 1,7 jutaan, dan ada grafis pembalap MotoGP Fabio Quartararo dan Brad Binder. Helm ini merupakan HJC C10, masuk dalam kategori entry level karena harga jualnya mu

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250L
Lihat