Cek Harga Honda CRF Series, Cocok Buat Blusukan Akhir Tahun!

Honda CRF150L.
  • Terjangkau ada CRF150L.
  • CRF250 Rally juga pas untuk touring.
  • Ada produk CBU Thailand.

Honda CRF Series merupakan satu diantara deretan sepeda motor yang hadir di pasar Indonesia untuk mereka penggemar adventure.

Ya, PT Astra Honda Motor (AHM) memang ikut berpartisipasi menawarkan berbagai motor petualangan atau motor trail dengan menghadirkan Honda CRF Series di Tanah Air.

Hal ini memang terlihat dari bentuknya, yang begitu ramping, dengan postur cukup tinggi ditambah velg jari-jari yang dibalut ban tahu agar sanggup menggaruk tanah.

Untuk penggunaan sehari-hari, ada kode khusus yaitu huruf L di belakang angka yang artinya Lincese sehingga sang legal untuk dikendarai di jalan raya. 

Baca juga: Harga Honda CRF150L Bekas Menggiurkan, Lebih Hemat Buat Trabasan!

Pasalnya, CRF juga punya beberapa huruf di belakang seperti F Series untuk Family, dimana motor trailnya bisa digunakan untuk keluarga.

Lalu ada R Series yang biasa digunakan untuk balap, kemudian ada X Series untuk dipakai extrem, termasuk balapan ketahanan enduro, serta RX Series yang kombinasi antara R dan X.

Bahkan ada juga RL Series, M Series yang masing-masing memiliki fungsi berbeda, yaitu bisa digunakan kompetisi tapi legal di jalan raya, dan ada juga khusus supermoto dengan menggunakan ban aspal.  

CRF150L dilengkapi mesin 150 cc pendingin udara dan sudah injeksi.

Maka nggak heran, Honda CRF Series yang ditawarkan di Indonesia adalah L Series mulai dari CRF150L, CRF250L, CRF250 Rally, hingga CRF1100L Africa Twin. 

Baca juga: Honda CRF1100L Africa Twin Inden Setahun, sudah Kantongi 6 SPK

Soal harga, tentu saja berbeda-beda, seperti dilansir Astra Honda Motor, maka berikut daftarnya.

Harga Honda CRF Series
CRF150L Rp 37.205.000
CRF250L Rp 79.925.000
CRF250L Rally Rp 93.345.000
CRF1100L Africa Twin Rp 633.000.000

Perbedaaan Honda CRF di Indonesia

Lampu depan CRF250L memiliki lampu LED namun lebih ramping dan agresif.

Seperti disebutkan di atas, Honda CRF Series yang dijual di Indonesia ada empat model CRF150L, CRF250L, CRF250 Rally, dan juga CRF1100L Africa Twin.

Tentu saja kempat model ini meski sama-sama jadi motor trail, semuanya memiliki beberapa perbedaan. 

Baca juga: Tampilan Baru Honda CRF250 Rally, Kini Tak Monoton Lagi

Dimensi Honda CRF Series

Honda CRF Series
Keterangan CRF150L CRF250L CRF250 Rally CRF1100L Africa Twin
Panjang (mm) 2.119 2.229 2.230 2.330
Lebar (mm) 793 903 920 960
Tinggi (mm) 1.153 1.203 1.415 1.485-1.540
Tinggi Tempat Duduk (mm) 869 893 885 850-870
Jarak Terendah ke Tanah (mm) 285 277 275 250
Jarak Sumbu Roda (mm) 1.375 1.453 1,455 1.575
Bobot (kg) 122 140 152 242
Kapasitas Tanki (L) 7,5  7,8  18,8

Performa Mesin Honda CRF Series

CRF250L dan Rally memiliki sasis atas mesin yang sama 

Hal yang paling berbeda pada Honda CRF Series ini juga terletak pada jeroan mesin. 

Mesin Honda CRF Series

Keterangan

CRF150L

CRF250L

CRF250L Rally

CRF1100 Africa Twin

Tipe Mesin

4-Langkah, SOHC, Satu Silinder

4-langka, DOHC, 4 katup, Satu Silinder

4 stroke, SOHC, Parallel Twin-Cylinder

Kapasitas Mesin

149.15

249,67

1.084

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Diameter X Langkah

57.3 x 57.8 

76 x 55

92 x 81,5

Tipe Tranmisi

5 Percepatan

6 Percepatan

6 Percepatan DCT

Rasio Kompresi

9.5:1

10,7:1

10,5:1

Daya Maksimum (PS/rpm)

12,91/ 8.000

18,9 / 8.500

101/ 7500

Torsi Maksimum

12,43/ 6.500

23,1/ 6.500

112/ 5.500

Tipe Starter

Pedal dan Elektrik

Electric

Tipe Kopling

Manual, Multiplate Wet Clutch

Wet, Multi-Plate Wet Clutch

2 Multiplate Wet Clutches with Coil Spring 

Sistem Pendingin Mesin

Pendingin Udara

Liquid Cooled

Pola Perpindahan Gigi

1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

1-N-2-3-4-5-6

Rangka Honda CRF Series

Hal yang perlu diketahui pada motor trail yaitu perihal rangka, termasuk suspensi, sistem pengereman, dan juga kaki-kaki. 

 

Keterangan

CRF150L

CRF250L

CRF250L Rally

CRF1100 Africa Twin

Tipe Rangka

Semi Double Cradle

Suspensi Depan

Inverted Telescopic Front Suspension

Showa, 43mm Inverted Telescopic

45 mm Showa EERA Inverted Front Suspension, 230 mm Cushion Stroke, adjustable compression and rebound damping

Suspensi Belakang

Monosuspension with Pro-Link Suspension System

Alumunium Swing Arm, Showa 260 Axle Travel with Pro-Link

Showa Pro-Link

Showa EERA Pro-Link Suspension, 220 mm Axle Travel, adjustable compression and rebound damping

Ban Depan

2.75 – 21 45P (Ban Dalam)

80/100 - 21M/C 51P

90/90-21 M/C 54H (Tube Type)

Ban Belakang

4.1 – 18 59P (Ban Dalam)

120/80 - 18M/C 62P

150/70R18 M/C 70H (Tube Type)

Rem Depan

Cakram Hidrolik

Wavy Disc Brake, Dual Piston Calipers

Floating Wave Disc with Dual-Piston Calipers

310 mm Dual Wavy Floating Hydraulic Disc with Alumunium Hub and Radial Fit 4-Piston Calipers and Sintered Metal Pads - ABS

Rem Belakang

Cakram Hidrolik

Wavy Disc Brake, Single Piston Calipers

256 mm Wavy Hydraulic Disc with Single Piston Caliper and Sintered Metal Pads - ABS

Seperti yang disebutkan di atas,  perbedaan CRF150L, CRF250L Extreme, CRF250 Rally, hingga CRF1100L Africa Twin, bisa dilihat dari dimensi dan juga mesin. 

Namun begitu, ada perbedaan lainnya yang perlu Anda ketahui jika menginginkan motor trail dari Honda tersebut. 

Honda CRF150L

Handling termasuk lincah untuk trabasan.

Karena motor CRF150L jadi entry level dengan mesin 150 cc, maka hal itu bisa membuat konsumsi bahan bakarnya tergolong irit.

Motor ini sudah dilengkapi dengan panel indikator digital, dimana di dalamnya terlihat informasi mengenai  spidometer, trip A, trip B, odometer, serta fuelmeter tanpa ada tachometer. 

Selain itu ada juga engine cut off, gantungan helm, hingga tool box.  

Meski jadi varian yang paling bawah, namun CRF250L ini memiliki empat varian warna berbeda, mulai dari Extreme Black, Extreme Red, Extreme White dan juga Extreme Green.  

Honda CRF250L

Posisi berkendara sigap.

Honda CRF250L jadi motor trail satu tingkat lebih tinggi dibandingkan CRF150L. Maka dari itu, motor ini memiliki paket lebih lengkap dari CRF150L.

Beberapa hal menariknya seperti penggunaan lampu LED depan dan belakang di bagian depan dan belakang, dan panel instrumen full digital sehingga informasi jadi lebih jelas dan modern.

Motor ini juga sudah menggunakan hand guard pada handle motor kanan-kiri yang berfungsi sebagai pelindung tangan rider ketika trabasan.

Soal warna, CRF250L memiliki satu varian warna, yaitu hanya menawarkan Extreme Red.

Honda CRF250L Rally

Tampang depan CRF250 Rally sangat berbeda dengan CRF250L

Meski menggunakan mesin yang sama seperti CRF250L, namun CRF250 Rally lebih lengkap untuk perjalan jarak jauh.

Ya, beberapa tambahan pada tipe Rally ini seperti keberadaan Floating Wind Screen dan Shroud, lalu ada juga pada hand guards, kemudian ada Under Cover yang berfungsi sebagai pelindung mesin.

Tak hanya itu, CRF250 Rally juga dilengkapi lampu LED dengan bentuk asimetris, dan juga ada lampu LED pada winker. 

Sama seperti CRF250L, untuk CRF250 Rally memiliki pilihan warna cuma satu yaitu Extreme Red. 

CRF1100L Africa Twin

Honda  CRF1100L Africa Twin

Ada harga ada rupa. Begitulah kalimat yang cocok untuk CRF1100L Africa Twin karena memang banyak keunggulannya. 

Termasuk keberadaan 6 poros Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk memonitoring kondisi motor.

Kemudian ada juga Adjustable windscreen yang dapat diatur melalui lima level pengaturan agar memberikan perlindungan dari angin ketika melakukan perjalanan jauh.                                      

Panel meter TFT sudah layar sentuh

Belum lagi keberadaan Full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch.

Alhasil layar ini mampu memberikan informasi lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Selain itu, panel meter ini juga tersambung dengan smartphone menggunakan aplikasi Android Auto dan Apple Carplay dengan koneksi bluetooth.

Ini dihadirkan untuk mempermudah pengendara mengintegrasikan dengan sistem operasi smartphone ketika berkendara.

Bahkan kaki-kaki motor dioptimalkan melalui penggunaan suspensi depan elektrik dari Showa yaitu Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA). 

Beberapa fitur lainnya, seperti Cruise Control yang memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan, serta mendukung jika digunakan touring jarak jauh. 

Honda CRF1100L Africa Twin

Motor ini juga sudah dilengkapi fitur DCT dengan 2 mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport.

Belum sampai disitu, ada juga ”G switch” untuk torsi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road, sehingga saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. 

CRF1100L Africa Twin telah dilengkapi fitur cornering detect yang berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Jadi Honda CRF Series mana yang cocok untuk kalian bawa pulang?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

AHM bantah PCX 160 kemahalan. Masih sediakan tipe CBS. Beri opsi untuk konsumen. Dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada penghujung tahun 2024, New PCX 160 resmi mengaspal pada Jumat (6/12/2024) kemarin. Motor matic premium itu hadir dengan desain baru yang persis dengan versi 125 cc yang debut global di Eropa bulan November lalu. Dengan tetap mempertahankan kesan premium, lekuk bodi barunya dibuat lebih tegas tanpa meninggalkan kesan mewah. Konsep desain yang diusungnya yakni aktif, dinamis,
Kini punya 3 tipe. Pakai fitur RoadSync. Mesin tidak ada perubahan. Menyusul setelah debut global pada November lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) bergerak cepat menghadirkan Honda PCX 160 2025 dengan 3 tipe berbeda. Motor matic premium tersebut hadir dengan desain yang berubah total, persis dengan unit PCX 125 yang debut di Eropa. Tidak hanya itu, motor ini juga menawarkan kecanggihan teknologi pada panel meternya. Apalagi kalau bukan dengan adanya fitur konektivitas gawai dengan nama RoadSync. M
PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda PCX 160 2025 Mengalami pengembangan pada desain Penambahan fitur yang tak dimiliki kompetitor Generasi terbaru Honda PCX 160 meluncur tanpa embel-embel turbo selayaknya NMax, melainkan dilengkapi fitur yang belum pernah ada di model PCX terdahulu. Sebagaimana diketahui, rival utama Honda PCX tersebut ketambahan fitur anyar berupa Y-Shift yang membuatnya kini berjuluk Yamaha NMax Turbo. Berkat sematan tersebut pula pengendara mendapatkan sensasi berbeda mana
Viral pengendara sepeda motor ngotot terobos palang pintu kereta api. ada petugas yang mencegah. Media sosial dihebohkan dengan seorang pengendara sepeda motor nekat terobos palang pintu kereta yang sudah ditutup. Bahkan dari rekaman video yang diunggah akun Instagram Fakta Indo, terlihat pengendara sepeda motor saling dorong dengan petugas yang berniat menghentikan laju motor saat ingin menerobos. Parahnya lagi, tak jauh dari keributan tersebut terlihat sebuah kereta melintas cukup cepat. "Mesk
Kerap jadi andalan instansi pemerintah. Honda Supra X 125 dijual mulai Rp 19,9 juta. Honda Revo dikenal irit. Harus diakui jika motor bebek yang dulunya menjadi idola banyak orang, kini mulai teralihkan. Pasalnya kini penjualan motor matic sangat dominan di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Tapi untuk daerah luar kota masih membutuhkan motor tipe underbone, seperti Honda Revo dan Supra X 125. Hal inilah yang kami lihat saat berkunjung ke Astra Motor Yogyakarta di Jombol, yang memajang due

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF1100L Africa Twin
Lihat