Yamaha NMax Nekat Tenggak Pertalite, Efeknya Bikin Risih!

Yamaha NMax Turbo.
  • Teknologi mesin cukup canggih.
  • Kompresi lumayan tinggi.
  • Rentan membuat kerak ruang mesin.

Saat meluncur pertengahan 2024 silam, Yamaha NMax membawa sederet pembaruan, diantaranya 2 opsi mesin.

Yakni 155 cc Blue Core generasi ketiga dan juga mesin dengan YECVT yang lebih canggih, tanpa menggunakan roller untuk transmisinya.

Dan jika dibandingkan dengan generasi pertamanya yang rilis 2015 lalu, jelas ada banyak peningkatan dan perubahan pada sektor dapur pacu.

Salah satunya adalah peningkatan rasio kompresi mesin, yang awalnya 10,5 : 1 maka sejak generasi kedua menjadi 11,6 : 1 sampai saat ini.

Perubahan rasio kompresi tersebut menjadi salah satu sebab performa dari motor ini terasa nikmat dan ngisi terus.

Tapi dengan rasio kompresi lebih tinggi inilah, Yamaha NMax membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi pula.

Hal ini ditujukan agar kinerja mesin lebih optimal serta konsumsi BBM dan kadar emisi gas buang bisa lebih rendah. 

Baca juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Rasio Kompresi Mesin Yamaha NMax Tinggi

Dengan kompresi mesin yang tinggi, Yamaha NMax juga membutuhkan BBM beroktan tinggi. 

Berkaca kepada Yamaha NMax lama saja (rasio kompresi 10,5:1), sudah sepatutnya motor matic ini menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 atau Pertamax.

Sementara untuk NMax generasi kedua juga versi Turbo (11,6:1), harus mengkonsumsi oktan 98 (Pertamax Turbo).

Lantas, apakah menjadi salah jika Yamaha NMax tersebut dipaksa meneggak Pertalite (RON 90)?

Tentu saja tidak ada larangan khusus. Hanya saja, perlu diperhatikan juga dampak negatifnya jika hal tersebut terus menerus Anda lakukan.

Walau harganya murah, penggunaan BBM beroktan 90 seperti Pertalite tidak disarankan untuk Yamaha NMax.

Baca juga: Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?

Menukil keterangan dari situs Yamaha Mega Utama Group, dijelaskan bahwa akan ada beberapa efek yang dirasakan oleh si pemilik.

Ketika Yamaha NMax meminum Pertalite, tarikan motor akan terasa agak berat dan pembakaran menjadi tidak maksimal. 

Bahkan ada gejala yang membuat empunya NMax risih.

"Getaran motor terasa lebih kasar hingga dapat dirasakan sampai ke bagian setang. Demikian pula dengan suara pada mesin (kasar), sampai terdengar ngelitik bahkan detonasi (knocking) pada mesin," tulis sumber tersebut. 

Selain hal yang bikin risih saat berkendara, penggunaan Pertalite pada Yamaha NMax yang berkepanjangan juga menyebabkan kerusakan pada bagian mesin.

Baca juga: Bukan Sekadar Ada, Ini Pentingnya Kontrol Traksi di Honda PCX 160 dan Yamaha NMax

Kerugian Yamaha NMax Pakai Pertalite

Mereka juga menyebut, penggunaan Pertalite terhadap Yamaha NMax yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan kerusakan pada spare part motor.

Masalah paling ringan mungkin saja cuma busi. Tapi, tidak menutup kemungkinan pula problem serius seperti kerusakan pada piston dan katup mesin menimpa Anda di kemudian hari. 

Yup, dengan BBM oktan rendah akan menyebabkan ngelitik dan sisa residu pembakaran kian menumpuk.

Gunakan BBM sesuai spek mesin.

Residu tadi akan mengeras dan semakin tebal dan bisa membuat gejala ngelitik semakin parah dan mesin hilang tenaga.

Belum lagi ada resiko residu yang mengeras tadi pecah, dan pecahannya ini mengganjal payung katup mesin dan membuat mesin hilang kompresi.

Alhasil mesin pun bisa mogok, dan paling parahnya katup mesin akan berbenturan dengan piston dan menyebabkan katup bengkok bahkan piston sampai pecah.

Jadi, alangkah baiknya jika penggunaan BBM pada Yamaha NMax ini merujuk kepada anjuran oktan yang sudah ditetapkan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Dimensi kompak tapi dengan ruang bagasi lega. Baterai ada di bawah kaki dan bisa dilepas. Kecepatan maksimal 55 km/jam. Honda ICON e: memiliki dimensi yang cukup identik jika dibandingkan dengan Honda EM1 e: yang lebih dulu muncul dan dijual di Indonesia. Namun dari segi visual ada sedikit perbedaan, salah satunya desain ICON e: terlihat lebih tegas di beberapa bagian, tidak seperti EM1 e: yang desainnya cenderung membulat. Dari segi harga ICON e: pun dijual lebih murah, hanya Rp 28 juta on the
Penyebab utamanya adalah tumpukan kerak karbon di ruang bakar. Kerak karbon mengganjal pada ring piston dan klep. Ruang bakar harus dibersihkan. Motor yang sedang dikendarai tiba-tiba mogok, bisa jadi karena hilang kompresi pada mesin. Hilang kompresi? Yup, agar mesin, baik itu mesin 2 tak atau 4 tak, dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Pertama-tama, mesin membutuhkan pasokan bahan bakar yang mencukupi untuk membakar di dalam ruang bakar. Bahan bakar ini biasan
Model barunya berubah total. Punya akomodasi lega. Yamaha FreeGo menjadi salah satu opsi motor matic direntang harga Rp 20 jutaan, yang saat ini pilihannya banyak. Motor matic dengan rentang harga tersebut, rata-rata memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang segmen di bawahnya. Motor yang saat dirilis di IMOS 2022 lalu ini berbanderol Rp 21,4 juta sampai Rp 23,2 juta, on the road Jakarta. Kini harganya mulai dari Rp 22,240 juta untuk tipe Standard dan Rp 24,055 juta untuk tipe Connected, harga
Masalah Honda Vario 110 Techno karbu terbilang umum. Usia pakai dan perawatan jadi penyebabnya. Desain timeless. Seperti diketahui, unit bekas dari Honda Vario 110 Techno karbu bisa diincar bagi Anda yang mendambakan matic keren berbanderol miring. Meski demikian, yang perlu diingat adalah usianya yang tak lagi muda, meski secara desain masih menarik. Yup, Honda Vario 110 Techno karbu beredar mulai tahun 2009 dan berakhir pada 2012 setelah varian 125 cc keluar. Hal tersebut pula yang membuat ada
Harus kembali dimatikan usai digunakan. Sebagai tanda hendak bermanuver. Penting dalam keselamatan berkendara. Lampu sein pada kendaraan termasuk sepeda motor adalah sebagai tanda isyarat untuk pengendara lain. Nyalanya lampu sein bisa jadi pertanda jika kita akan berbelok kiri atau kanan, atau kala hendak berpindah jalur. Tapi pada praktiknya di jalan pengendara masih kurang memahami cara menggunakan sein dengan benar, bahkan sering abai. Padahal, jika lampu sein cenderung asal digunakan, bisa

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat