Gak Mahal, Servis Honda PCX 160 di AHASS Cuma Rp 100 Ribuan!

Honda PCX 160.
  • Wajib mengganti oli mesin secara rutin.
  • Range biaya servis Rp 100-150 ribu.
  • Tarif di bengkel resmi.

Meski terkesan premium dan canggih sejatinya perawatan Honda PCX 160 tidaklah mahal.

Motor ini memang menawarkan posisi berkendara yang nyaman, serta akomodasi yang baik dengan ruang bagasi besar di balik joknya.

Pada generasi terbarunya yang dirilis Desember 2024 lalu, perubahan besar terjadi pada desain bodinya.

Kesan premium masih melekat pada sosok motor ini, dan kini ditawarkan dengan 3 tipe yakni CBS, ABS dan RoadSync.

Sementara untuk jantung pacu, masih mengandalkan penggerak berteknologi eSP+ 157 cc bertenaga 16 PS dan torsi 14,7 Nm.

Honda PCX 160 kini dijual mulai dari Rp 33,750 juta hingga Rp 40,350 juta on the road Jakarta. 

Nah, kembali soal perawatan dibengkel resmi. Servis rutin yang dilakukan di bengkel resmi Honda atau AHASS pun masih terjangkau, khususnya pada servis km 1.000 dan km 12.000.

Seperti disebutkan oleh Ade Rohman, Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Dikatakannya, untuk perawatan skuter matic premium yang rutin dilakukan adalah penggantian oli mesin SPX2. 

Selain itu, busi yang sesuai dengan standar pabrikan di km 12.000. "Demikian gambaran untuk skema item periodical maintenance km 1.000 dan km 12.000," ucapnya pada Autofun.

Adapun untuk biaya service regulernya ada variasi di setiap AHASS  dengan kisaran biaya Rp 100-150 ribu.

Mesin masih andalkan eSP+.

Lalu untuk harga busi standar di Honda PCX 160 Rp 70 ribu. Serta oli mesin menggunakan AHM Oil SPX2 seharga Rp 69 ribu. Berikut detailnya:

Baca Juga: Gak Cukup Ganti Oli, Ini Pentingnya Servis Motor Secara Rutin

Perawatan Jarak Km 1.000

Skema program perawatan untuk honda PCX 160 Km 1.000 lebih identik dengan istilah program perawatan rutin dengan menggunakan fasilitas kupon perawatan berkala (KPB 1).

Hal ini dilakukan dengan fase perawatan rutin ke-1

Adapun poin check yang dilakukan adalah :

1. Penggantian oli mesin yang sudah dipastikan gratis sesuai dengan aturan standar perawatan sepeda motor baru dari AHM .

Banyak dipakai untuk touring

2. Pemeriksaan putaran stasioner (langsam) mesin. Hal ini dilakukan untuk memastikan stasioner putaran mesin standar karena menentukan perputaran oli di dalam mesin saat stasioner.

3. Pemeriksaaan sistem rem depan dan belakang. Seperti diketahui jika langkah ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan keselamatan.

4. Pemeriksaan mur dan baut yang menempel di seluruh sepeda motor dengan menggunakan alat pengencang standar torque wrench atau kunci torsi.

Serta tidak lupa melakukan pembersihan, menyetel, melumasi, atau mengganti jika diperlukan. Sesuai dengan batas servicenya.

Baca Juga: Isi Full Tank Honda CBR250RR SP QS 2023, Tembus 400 Km Lebih!

Perawatan di Km 12.000

Jarak tempuh 12.000 dipatok untuk penggunaan setahun secara rata-rata. Sehingga skema program perawatan untuk Honda PCX 160 Km 12.000 berbeda dari saat masih km 1.000.

Di AHASS lebih identik dengan istilah program perawatan rutin dengan menggunakan fasilitas kupon perawatan berkala (KPB 3) dengan fase perawatan rutin ke-3.

Adapun poin check yang dilakukan adalah:

Pemeriksaan:

1. Pemeriksaaan saluran bahan bakar untuk memastikan tidak ada sumbatan dan kebocoran.

2. Pemeriksaan dan penyetelan cara kerja handle gas agar presisi saat digunakan dan menunjang kenyamanan berkendara.

3. Pemeriksaan dan pengukuran jarak renggang valve untuk in dan ex. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa dan efisiensi bahan bakar.

4. Pemeriksaan putaran stasioner mesin. Langkah dilakukan untuk memastikan putaran mesin di kondisi standar karena menentukan perputaran oli di dalam mesin saat stasioner.

5. Pemeriksaan tegangan aki untuk memastikan semua sistem elektronik bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

6. Pemeriksaan kapasitas minyak rem.

7. Pemeriksaan keausan brake pad atau kampas rem untuk penunjang keselamatan berkendara tetap optimal.

8. Pemeriksaaan untuk memastikan sistem pengereman sistem di depan dan belakang karena berkaitan dengan keselamatan.

9. Pemeriksaan dan penyetelan fungsi arah sinar lampu depan untuk memastikan perjalanan di malam hari tidak ada gangguan.

10. Pemeriksaan fungsi standar samping. Hal ini sangat penting dilakukan karena di standar sampaing terdapat switch yang apabila masalah mengganggu kinerja Honda PCX 160.

11. Pemeriksaan sistem suspensi dengan tujuan memastikan pengendara nyaman saat berkendara.

12. Pemeriksaan roda dari keolengan atau ban dari keausan. Selain itu tekanan anginnya juga diperiksa agar nyaman saat berkendaraan.

13. Pemeriksaan dan penambahan cairan pendingin. Hal ini wajib dilakukan untuk menjaga performance mesin serta keawetan mesin

14. Pemeriksaan Drive belt (CVT)

Untuk km 12.000 ada hal lain yang harus di lakukan dan penting. Seperti pergantian oli mesin dan busi.

Serta melakukan pembersihan peranti selang pernapasan crankcase dan saringan kasa oli mesin. Banyak juga ya.

Oiya, dan biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu ya!

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Akan ada 12 poin untuk 1 tahun. Pelanggaran berat dikurangi 5 poin. Pelanggaran berat SIM dicabut permanen. Surat Izin Mengemudi alias SIM bisa dicabut permanen di Indonesia? Selama ini sih tidak, tapi hal itu akan segera terlaksana. Yup, SIM menjadi bukti jika seseorang telah memenuhi kualifikasi untuk berkendara di jalan raya. Baik itu dengan mobil atau pun motor. Untuk pengguna motor, maka SIM C, CI dan CII wajib dimiliki. SIM C berlaku untuk pengguna motor sampai 250 cc termasuk Honda Forza,
Motor matic Suzuki ada 4 model. Sosok Honda Scoopy 2025. QJ Motor Fort 250. Kembali kami merangkum 5 artikel motor populer sepanjang pekan lalu, salah satunya ragam motor matic Suzuki. Yup, meski dianggap sudah tak menarik dan kurang menjual, namun Suzuki masih memiliki line up motor matic. Tak melulu berstatus CBU India ya, karena yang rakitan lokal pun masih ada semacam Suzuki Address. Berita yang banyak dibaca lainnya ada soal knalpot baru racikan SKR yang punya suara adem dan dibuat lebih pr
Yamaha Aerox dan NMax sudah punya fitur turbo Keduanya memiliki segmen berbeda Yamaha Indonesia kini menerapkan teknologi YECVT yang mampu memberikan sensasi ala turbo pada motornya, dan kini terpasang pada Aerox Alpha dan NMax Turbo. Selain akselerasi, berkat fitur ini juga motor bisa memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar, namun tetap irit bahan bakar. Bahkan penggunaan Turbo yang dioperasikan dengan menekan tombol Shift di handle sebelah kiri juga bisa meningkatkan akselerasi jadi lebih
Teknologi mesin cukup canggih. Kompresi lumayan tinggi. Rentan membuat kerak ruang mesin. Saat meluncur pertengahan 2024 silam, Yamaha NMax membawa sederet pembaruan, diantaranya 2 opsi mesin. Yakni 155 cc Blue Core generasi ketiga dan juga mesin dengan YECVT yang lebih canggih, tanpa menggunakan roller untuk transmisinya. Dan jika dibandingkan dengan generasi pertamanya yang rilis 2015 lalu, jelas ada banyak peningkatan dan perubahan pada sektor dapur pacu. Salah satunya adalah peningkatan rasi
Dimensi kompak tapi dengan ruang bagasi lega. Baterai ada di bawah kaki dan bisa dilepas. Kecepatan maksimal 55 km/jam. Honda ICON e: memiliki dimensi yang cukup identik jika dibandingkan dengan Honda EM1 e: yang lebih dulu muncul dan dijual di Indonesia. Namun dari segi visual ada sedikit perbedaan, salah satunya desain ICON e: terlihat lebih tegas di beberapa bagian, tidak seperti EM1 e: yang desainnya cenderung membulat. Dari segi harga ICON e: pun dijual lebih murah, hanya Rp 28 juta on the

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX160
Lihat