PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menghadirkan New Honda PCX 160 ke Tanah Air.
Motor yang juga merupakan model year 2025 itu, debut di awal bulan Desember 2024 kemarin.
Ini adalah generasi kelima Honda PCX di Indonesia, yang mana dikenalkan pertama kalinya tahun 2010.
Kala itu AHM menjualnya dengan status CBU Thailand, berlanjut hingga generasi kedua (2012-2017) yang kini CBU dari Vietnam.
Pun pada generasi kedua ini kapasitas mesin melonjak menjadi 153 cc, dan pada 2014 ada update minor yang dilakukan.
Untuk mengejar penjualan, AHM merakit lokal Honda PCX 150 yang sekaligus generasi ketiga pada tahun 2017-2020.
Karena sudah rakitan lokal, harga jualnya pun bisa bersaing dengan kompetitornya, Yamaha NMax yang juga baru muncul tahun 2015.
Generasi keempat Honda PCX datang tahun 2021 dengan mengusung mesin 156,9 cc dengan nama PCX 160.
Berteknologi eSP+ motor matic premium ini juga memiliki performa yang memuaskan untuk segala kebutuhan.
Dan yang baru dirilis 2024 ini adalah Honda PCX generasi kelima, yang mendapatkan update desain dan juga fitur.
Baca juga : Kenali 3 Tipe Honda PCX 160 2025, Masih Ada yang Rp 33 Jutaan!
Bahkan jika sebelumnya motor ini hanya tersedia dengan 2 tipe saja, maka kini menjadi 3 dengan tambahan tipe RoadSync.
Yang patut diingat, Honda PCX 160 masih mengusung rangka yang sama dengan generasi sebelumnya.
Sehingga secara dimensi pun tak banyak berubah, ukuran motor ini yakni 1.936 x 742 x 1.123 mm.
Sumbu rodanya tetap 1.313 mm, dengan jarak terendah ke tanah 135 mm, yang artinya ini cukup ceper.
Kemudian tinggi joknya 764 mm, kapasitas tangki 8,1 liter dan bobot kosong dari 132 kg untuk tipe CBS dan ABS, serta 133 kg untuk tipe RoadSync.
Banyak yang bertanya tipe rangka yang dipakai, dan Honda PCX 160 pakai rangka Double Cradle, dengan garansi 5 tahun.
Kemudian untuk spesifikasi mesin, juga tidak ada perubahan sama sekali, karena performanya dinilai sudah mumpuni.
Mesin berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), berpendingin cairan, masih menjadi andalan untuk PCX generasi ke-5 ini.
Dengan mesin tersebut, keluaran tenaga yang mampu dihasilkan hingga 16 PS @8.500 dengan torsi puncak 14,7 Nm @6.500 rpm.
Mesin tersebut punya efisiensi bahan bakar yang cukup irit, dengan hasil pengetesan internal bisa mencapai 45 km/liter.
Angka tersebut dicapai dengan pengetesan metode WMTC Euro 3, dengan Idling Stop System (ISS) diaktifkan.
Beragam teknologi juga sudah disematkan pada jantung mekanis tersebut, seperti ACG Starter yang membuat proses menghidupkan mesin lebih halus.
Kemudian ISS yang membantu menghemat bahan bakar, dengan mematikan mesin saat berhenti lama.
Baca juga : Begini Rasa Berkendara New Honda PCX 160, Berubah Drastis?
Berstatus sebagai motor matic premium, beragam fitur canggih dan modern ditanamkan untuk Honda PCX 160.
Mulai dari lampu-lampu yang full LED, lengkap dengan LED DRL dan LED Bar di lampu belakang.
Kemudian Power Outlet kini menggunakan USB Type C yang lebih praktis untuk mengisi daya smartphone.
Bagasi berkapasitas 30 liter tetap dipertahankan, yang mana terbesar dikelasnya.
Kemudian Smart Key System sebagai kunci kontak sekaligus Anti Theft Alarm juga Answer Back System.
Panel meter pun sudah full digital dengan layar LCD negatif display yang berisi beragam informasi, untuk tipe CBS dan ABS.
Nah kalau tipe RoadSync sudah pakai panel meter dengan layar TFT 5 inci terbaru yang lebih canggih.
Dan sesuai namanya, lewat layar ini juga bisa menghubungkan motor dengan pengendara.
Caranya unduh aplikasi RoadSync, hubungkan motor dengan smartphone dan juga interkom helm.
Alhasil fitur untuk menerima panggilan masuk, mendengar musik, menerima dan membalas pesan bisa dilakukan.
Tidak cuma itu, juga ada fitur navigasi build in pada panel meter, sebagai penunjuk arah. Canggih!
Seperti yang telah dijelaskan di awal, motor ini punya 3 tipe yang berbeda.
Dari tipe CBS (Combi Brake System) yang punya pilihan warna Exceptional Black, Exceptional Matte Silver, Exceptional Red dan Exceptional White.
Lalu tipe ABS (Anti-lock Braking System) dengan opsi warna Phenomenal Matte Black, Phenomenal Matte Silver, Phenomenal Matte Red dan Phenomenal White.
Kemudian sebagai kasta teratas, ada tipe RoadSync dengan dua opsi warna yakni RoadSync Matte Black dan RoadSync Red.
Kemudian untuk harga, tipe CBS dilepas Rp 33,750 juta, tipe ABS Rp 37,350 juta dan tipe RoadSyncRp 40,350 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Cek Lagi 5 Daya Tarik Honda PCX 160, Matic Premium Nan Nyaman
Untuk model 2025, Honda PCX 160 masih meninggalkan beberapa bagian dari model sebelumnya.
Misalnya saja rangka berikut kapasitas tangki, kemudian kaki-kaki kecuali tipe RoadSync dan desain pelek.
Padahal biasanya setiap ada update minor, AHM kerap menghadirkan motornya dengan desain pelek yang baru.
Lantas yang berubah tentu saja desain keseluruhan yang kini lebih fresh, dan juga disesuaikan dengan kenyamanan.
Shiniciro Ishida, Large Project Leader Honda PCX, Honda Motor Co.,Ltd menyebut konsep desainnya premium dan powerful.
Tarikan garis bodinya dibuat tegas dan senada dari depan hingga belakang, memberi kesan kemewahan.
Kemudian garis bawah bodi belakang dibuat naik dan ringan, agar memberi kesan aktif dan sporty.
Dan khusus tipe RoadSync juga mendapatkan fitur baru berupa konektivitas smartphone via aplikasi RoadSyc.
Mulai dari navigasi dengan suara, pesan masuk juga membalas pesan, mendengar musik dan menerima panggilan telepon.
Semuanya bisa dilakukan setelah mengunduh aplikasi RoadSync pada smartphone, dan menghubungkan juga dengan interkom helm.
Nah, fitur RoadSync ini bisa dipakai dan diatur lewat setingan pada panel meter TFT 5 inci terbaru.
Kemudian suspensi belakang sudah pakai tipe tabung, meski tanpa setelan preload punya karakter redaman yang empuk.
Ketambahan tipe baru, Honda PCX 160 2025 menambah opsi menarik untuk para calon konsumennya.
Untuk yang cukup dengan fitur sederhana namun ingin desain anyar, tipe CBS bisa jadi pilihannya.
Kemudian untuk yang ingin fitur keselamatan lebih baik, bisa lirik tipe ABS.
Dan yang butuh teknologi canggih, dengan navigasi dan mengejar gaya hidup, bisa lirik tipe RoadSync.
Motor ini tetap jadi opsi menarik disegmen matic premium 150-160 cc yang menawarkan kenyamanan berkendara dan juga performa mesin mumpuni.
Generasi Honda PCX 160 mulai sejak generasi keempat yang dikenalkan pada bulan Februari 2021.
Maaf, dengan uang muka atau DP tersebut tidak bisa membeli Honda PCX 160, karena minimal Rp 3 juta.
Secara fitur lebih tinggi tipe ABS, maka harga jualnya lebih mahal tipe ABS dengan perbandingan Rp 33,750 juta dan Rp 37,350 juta OTR Jakarta.
Saat ini total ada 10 warna, tipe CBS dan ABS masing-masing punya 4 warna dan tipe ABS punya 2 warna.
Spesifikasi Honda PCX 160 2025 | |
---|---|
Dimensi | |
PxLxT | 1.936 x 742 x 1.123 mm |
Sumbu Roda | 1.313 mm |
Jarak Terendah | 135 mm |
Tinggi Jok | 764 mm |
Tangki | 8,1 liter |
Berat Kosong | 132 kg (CBS-ABS) 133 kg (RoadSync) |
Mesin | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ |
Pendingin | Cairan |
Rasio Kompresi | 12 : 1 |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm |
Kapasitas Mesin | 156,9 cc |
Tenaga Maksimal | 16 PS / 8.500 rpm |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm / 6.500 rpm |
Transmisi | CVT |
Rangka & Kaki-Kaki | |
Tipe Rangka | Double Cradle |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Ganda |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Cakram |
Ban Depan | 110/70-14 |
Ban Belakang | 130/70-13 |
Harga | |
CBS | Rp 33,750 juta |
ABS | Rp 37,350 juta |
ABS-RoadSync | Rp 40,350 juta |