Regulasi Balap ARRC Kelas AP250 Disebut Kurang Adil, Kenapa?

AHRT masih gunakan Honda CBR250RR yang sama sejak tahun 2017.
  • Perlu mengkaji ulang regulasi agar lebih fair untuk tiap merek.
  • Handicap pada mesin dan motor perlu ditambah.

Gelaran balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 kelas Asia Production 250 atau AP250 jadi yang ramai diikuti peserta.

Tercatat untuk tahun 2024 ini terdapat 3 merek motor yang mengikuti kelas AP250 dimulai dari Honda yang menggunakan Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R3, dan Kawasaki Ninja ZX-25RR.

Jika melihat dari spesifikasi motor, memang terlihat kalau ketiga motor ini memiliki kemampuan yang berbeda dengan keunggulan masing-masing.

Salah satu tujuan diperbolehkannya Yamaha menggunakan mesin 321 cc dan Kawasaki menggunakan ZX 250 cc 4 silinder agar jalannya balap di kelas AP250 dapat lebih ketat.

Baca juga: Honda CBR250RR Jadi Juara Asia, Usai Jalani Tahun yang Berat

Pasalnya dominasi Honda CBR250RR memang sulit dibendung, ini dibuktikan dari 6 kali berturut-turut menjadi Juara Asia di AP250 pada tahun 2017, 2018, 2019, 2022, 2023, dan 20 24.

Penyelenggara mengizinkan Yamaha R3 dan Kawasaki Ninja ZX-25R ikut serta, agar persaingan lebih ketat dan menyajikan tontonan yang seru.

Tak hanya soal motor yang dipakai, sejumlah regulasi pun diterapkan  untuk mencapai tujuan tersebut.

Musim Balap Terberat

Jika berkaca dari hal itu, artinya Astra Honda Racing Team (AHRT) masih menggunakan CBR250RR dengan spesifikasi yang masih sama seperti sejak pertama kali digunakan pada tahun 2017.

Meski masih mendominasi, namun squad AHRT di AP250 mengaku mulai merasa kesulitan dengan regulasi di tahun 2024 ini.

Rizky Christanto, Manager Motorsport Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku dari awal musim cukup berat karena motor yang dipakainya 250 cc, sedangkan kompetitor 321 cc

"Apalagi dengan bobot serta handicap tidak terlalu banyak, hanya beda 1.000 rpm. Sampai seri 5 kemarin selisih poin gak terlalu banyak," jelasnya.

Yamaha YZF-R3 dengan mesin 321 cc punya torsi lebih besar di putaran rendah, unggul saat exit corner dan sirkuit stop and go.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi New Honda PCX 160, Ada Grand Touring dan Street Style!

Di Buriram yang punya karakter stop and go jadi permasalahan yang cukup berat untuk AHRT, karena karakter ini lebih cocok untuk motor kompetitor yang punya torsi lebih besar.

Tapi AHRT sekali lagi bisa membuktikan bahwa Herjun dan Ramadipa pembalap terbaik di kelas AP250 asia sampai saat ini.

"Dibuktikan pada race 1 Rama P1 dan race 2 Herjun bisa mengunci point championship dengan finish di P2," jelasnya.

Beratnya persaingan di AP250 tahun 2024 ini juga disampaikan oleh Herjun Atna Firdaus, salah satu pembalap AHRT di kelas AP250.

Dirinya mengaku perlu berusaha keras untuk keluar tikungan karena secara spesifikasi mesin masih kalah torsi.

“Ini jadi tahun paling berat, karena regulasi gak menguntungkan kita, tapi kita tetap berusaha develop motor gimana caranya bisa tetap unggul di kelas AP250 meskipun dengan spek yang kurang diuntungkan," katanya.

Herjun menjadi Juara Asia di kelas AP250 setelah melewati persaingan berat di tahun 2024.

Baca juga: Update Harga Matic Bergaya Adventure, Honda Beat Street Paling Murah

“Kita cukup kewalahan di exit corner pada putaran rendah, jadi pembalap Honda harus buka gas lebih cepat, memang jadi PR tersendiri juga sih karena harus ngakalin buka gasnya itu. Sedikit kesalahan aja bisa langsung bikin kita tertinggal,” urai Herjun. 

Berharap Ada Perubahan Regulasi

Dirasa cukup memberatkan squad pasukan Sayap Tunggal, Rizky pun memiliki saran untuk adanya perubahan regulasi pada kelas AP250 di tahun selanjutnya.

Alasannya agar regulasi bisa lebih fair untuk semua merek tanpa memberatkan satu merek, dengan begitu jalannya balap bisa menjadi lebih kompetitif.

Kondisi regulasi sekarang menang AHRT masih tetap bisa menang tapi dengan usaha sangat keras, banyak hal yang harus dilakukan agar bisa menang.

Menurutnya, regulasi balap AP250 saat ini agak kurang fair, karena jika ada kesalahan sedikit pasti akan sangat sulit untuk mengejar kemenangan.

Rizky sebut perlu ada handicap lebih baik dari limiter rpm, bobot, maupun sektor mesin seperti diameter throttle body.

Baca juga: Begini Rasa Berkendara New Honda PCX 160, Berubah Drastis?

“Harapan saya tahun depan ada regulasi yang mengatur handicap untuk masing-masing brand dengan lebih netral, tidak condong ke satu brand," ujar Rizky.

Ia menyebut banyak handicap yang bisa dilakukan seperti berat, bisa dari rpm, dan lain-lain. Di sektor mesin mungkin bisa dari throttle body, intinya ada handicap yang lebih netral untuk all brand.

Gimana menurut kalian?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Ada opsi warna Cybercity. Cuma update warna saja. Harga Rp 26 jutaan. Akhir tahun ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan penyegaran untuk produk-produknya, salah satunya MX King 150. Untuk model year 2025, motor bebek super itu mendapatkan update warna dan grafis baru yang mengedepankan kesan sporty dan gagah. Meski segmen motor bebek kian mengecil, namun YIMM rasanya masih melihat potensi dari segmen underbone ini. Pasalnya tren penggunaan motor bebek super disejumlah daer
Potongan harga Rp 1,7 jutaan. Scoopy dikenal irit. Ada promo untuk motor Honda lainnya. PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini telah menghadirkan versi terbaru dari Honda Scoopy, sebagai model year 2025. Motor matic bergaya retro modern itu mendapatkan update dari sisi desain dan juga fiturnya. Tapi jika kalian masih mengincar Honda Scoopy model sebelumnya alias 2024, masih bisa didapat kok. Kebetulan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai main dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang juga
MAKA Motors akan luncurkan motor listrik Januari 2025 Motor ini 100 persen didesain oleh orang Indonesia Bakal punya jarak tempuh tinggi dan harga yang ekonomis Motor listrik di pasar otomotif nasional akan kedatangan merek baru yaitu MAKA Motors, yang akan meluncur pada bulan Januari 2025 mendatang. Bahkan MAKA Motors mengklaim, produk buatan mereka ini bisa disebut brand lokal, dimana desain, rekayasa teknis hingga sebagian besar vendor komponennya berasal dari Indonesia, sehingga merek ini bi
Pembalap AHRT di kelas AP250 tidak boleh melakukan kesalahan. Overall point posisi 2 pada kelas SS600. Mengandalkan Honda CBR250RR, Astra Honda Racing Team (AHRT) kembali membuktikan masih menjadi tim terbaik dibalap Asia. Yup, pada kelas Asia Production 250 atau AP250 Asia Road Racing Championship (ARRC), AHRT kembali mengantarkan pembalapnya jadi juara. Di musim 2024 ini AHRT bersama CBR250RR untuk ke-6 kalinya, yang tahun ini didapat oleh, Herjun Atna Firdaus. Raihan finish posisi kedua pada
Inspirasi anime Dragon Ball. Biaya modifikasi terjangkau. Disesuaikan kebutuhan harian. Kreativitas penghobi motor di Bandung memang tak ada habisnya, kali ini muncul lagi Yamaha Fazzio bergaya kalcer. Yup, inspirasi modifikasi memang kerap muncul dari sana, karena banyak tangan kreatif yang menjadikan motor sebagai objek berkreasi. Terbaru adalah motor milik Doni yang dibuat bergaya kalcer, yang memadukan inspirasi dari anime terkenal asal Jepang, Dragon Ball. Tapi jangan harap akan bertemu gam

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat