Motor Listrik Jepang Paling Murah, Ini 5 Daya Tarik Honda ICON e:

Motor listrik Honda ICON e:.
  • Sekali penuh baterainya bisa melaju sejauh 53 km.
  • Punya ruang bagasi mencapai 26 liter.

Kompak, fungsional, dan menggemaskan mungkin jadi beberapa kata yang bisa menggambarkan motor listrik Honda ICON e:

Pasalnya Honda ICON e: memang memiliki konsep motor listrik sehari-hari untuk digunakan dalam jarak yang tidak terlalu jauh, karena klaim jarak tempuhnya hanya sekitar 55 km. 

Honda ICON e: memiliki dimensi yang cukup identik jika dibandingkan dengan Honda EM1 e: yang lebih dulu muncul dan dijual di Indonesia.

Namun dari segi visual ada sedikit perbedaan, salah satunya desain ICON e: terlihat lebih tegas di beberapa bagian, tidak seperti EM1 e: yang desainnya cenderung membulat.

Baca juga: Menjelajah Kaki Merapi Dengan Honda CRF Series Tanpa Kehabisan Energi | AutoFun

Dari segi harga ICON e: pun dijual lebih murah, hanya Rp 28 juta on the road Jakarta sudah termasuk dengan charger. Lantas apa daya tariknya?

1. Harga Honda ICON e:

Salah satu daya tarik utama Honda ICON e: adalah harganya yang terjangkau bahkan bisa dikatakan paling murah untuk sebuah motor listrik merek Jepang.

Dengan harga mulai dari Rp 28 juta di Jakarta, motor ini menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari kendaraan listrik dengan standar kualitas setara dengan motor ICE (Internal Combustion Engine).

Baca juga: Update Harga Motor Bebek Honda Januari 2025, Mulai Rp 17 Jutaan! | AutoFun

Baterainya bisa dilepas, sudah tersertifikasi IP67 dan UN R136.

Selain itu, biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan motor berbahan bakar konvensional membuat motor ini semakin ekonomis dalam jangka panjang.

Dengan harga tersebut motor listrik ini juga sudah dibekali sertifikasi IP67 pada baterai sehingga anti debu dan air.

Tidak sampai di situ, baterai ICON e: juga sudah memenuhi regulasi UN R136 yang menjamin keamanan baterai dari segi risiko kebakaran.

2. Desain Lebih Menarik

Honda ICON e: hadir dengan penampilan yang unik dan futuristik, dengan bodi yang ramping dan ringan. 

Baca juga: Ini 9 Bagian yang Tidak Berubah di New Honda PCX 160

Desain bodi kompak namun dengan garis tegas.

Ukurannya yang kompak membuatnya mudah dibawa berkendara di jalanan kota yang padat, karena bisa menyalip atau melewati jalur-jalur sempit.

Tampilannya kian menarik kata AHM memberikan 5 pilihan warna pada motor listrik ini, ada Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic Matte Black, dan Iconic White.

Salah satu fitur desain yang menarik adalah penerapan lampu LED di seluruh bagian motor, mulai dari lampu depan hingga lampu belakang sehingga cukup memberi kesan modern.

3. Performa Honda ICON e:

Motor listrik ini dilengkapi dengan mesin listrik BLDC (Brushless Direct Current) model hub drive dengan kemampuan maksimal 2,46 ps pada 618 rpm dengan tenaga rata-rata 2 ps, untuk torsi maksimal berada di angka 85 Nm di 110 rpm.

Baca juga: Begini Rasa Berkendara Honda ICON e:, Si Motor Listrik Rp 28 Jutaan

Dibekali BLDC hub drive bertenaga maksimal 2,46 ps.

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengendaranya, motor listrik ini dilengkapi dengan mode berkendara Economic dan Standard.

Di mode Economic respon tenaganya cenderung cukup delay, cocok digunakan untuk pengendara pemula agar bisa beradaptasi lebih mudah dengan ICON e:.

Kalau pada mode Standard tentu karakter tenaga lebih linear dengan bukaan gas, torsi yang besar hanya ada pada di putaran sangat rendah, jadi hanya membantu saat akselerasi awal seperti sedang ingin melewati tanjakan dari kondisi berhenti.

Selebihnya tenaga terasa linear saja, klaim kecepatan maksimal untuk motor listrik ini hanya 55 km/jam dengan jarak tempuh 53 km, jadi rasanya cocok digunakan untuk berkendara jarak dekat saja.

Yang menjadi catatan pada ICON e: ini adalah harus menutup gas saat berganti power modes agar bisa terganti, kemudian tenaga mesin akan terputus ketika rem ditekan sehingga tidak bisa membuka gas dan memencet rem secara berbarengan.

4. Jarak Tempuh Kecukupan

Salah satu aspek penting dari motor listrik tentu saja  jarak tempuhnya karena justru lebih baik dari Honda EM1 e:.

Honda ICON e: dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 48V/30,6 Ah, yang memungkinkan motor ini menempuh jarak hingga 53 km dengan sekali pengisian baterai. 

Baca juga: Perbedaan Honda CRF250 Rally dan CRF250L, Lebih Suka Mana Buat Blusukan?

Sekali penuh diklaim bisa berkendara sejauh 53 km.

Jarak tempuh ini cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti perjalanan ke kantor jarak dekat, berbelanja, atau sekadar berkendara santai di sekitar kota.

Proses pengisian baterai juga sangat praktis karena pengguna dapat mengisi daya baterai langsung di motor atau dengan melepas baterai dan mengisi daya secara terpisah. 

Klaim pengisian 0-100% butuh waktu 7 jam 20 menit, sedangkan untuk kapasitas 25-75% perlu waktu 3 jam 30 menit.

5. Fitur-fitur Modern Fungsional

Honda ICON e: dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara. 

Baca juga: 5 Daya Tarik Honda CRF150L, Trail 150 Cc Paling Pas!

Spidometer digital kompak.

Salah satu fitur unggulan adalah panel instrumen digital yang menampilkan berbagai informasi penting, seperti kecepatan, sisa daya baterai, jarak tempuh, dan mode berkendara. 

Panel ini dirancang agar mudah dibaca dan memberikan informasi yang akurat kepada pengendara.

Selain itu, terdapat fitur USB charger pada console box yang memudahkan pengguna untuk mengisi daya perangkat elektronik saat berkendara.

Tidak ketinggalan terdapat ruang bagasi seluas 26 liter di bawah joknya yang bisa menampung sebuah helm half face, ruang ini didapat karena posisi baterai yang ada di bawah kaki pengendara.

Bagasi 26 liter yang bisa memuat helm half face dengan mudah.

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Melintasi jalur eksotis. Andalkan Honda CRF Series. Kuku Bima Ener-G! bantu jaga stamina. Beberapa waktu lalu tim Autofun.co.id berkesempatan menjelajah Gunung Merapi, menggunakan Honda CRF Series. Gunung Merapi yang terletak di 4 wilayah ini memang selalu memiliki pesona yang tak pernah pudar. Sebagai gunung aktif, Merapi menjadi sumber penghidupan untuk banyak makhluk disekitarnya. Pesonanya pun tak pernah pudar, sehingga menjadi magnet bagi banyak orang untuk mendatanginya. Kami dengan mengen
Honda Revo jadi yang termurah. Motor bebek Honda dikenal irit. Motor bebek kini sasar segmen hobi. Motor bebek Honda sempat menjadi penguasa pada medio tahun 2000-an lewat beragam produk. Diantaranya Honda Karisma 125, Honda Revo, Honda Supra X 125 hingga Honda Blade 125 yang sudah discontinued. Meski kini segmen motor bebek semakin mengecil, namun konsumennya tetap masih ada terutama luar Jakarta. Umumnya motor bebek dipilih karena irit bahan bakar, tak kalah praktis dikendarai dan lebih tahan
Pendingin cairan lebih ampuh melepas panas. Coolant punya titik didih lebih tinggi. Sistem pendinginan mesin motor tak cuma mengandalkan udara, ragam motor matic seperti Honda Vario misalnya, sudah mengaplikasikan teknologi pendinginan cairan mesin pakai radiator. Cara kerjanya, panas mesin yang terjadi akibat pembakaran dan gesekan komponen ruang bakar akan diserap oleh cairan radiator atau coolant yang punya titik didih tinggi. Kemudian bersirkulasi melalui water jacket, atau celah yang ada pa
Nama lengkap modelnya adalah Suzuki Shogun Axelo. Karena secara silsilahnya, Suzuki Axelo merupakan generasi terakhir Shogun series, motor bebek andalan pabrikan berlambang S besar. Axelo, merupakan singkatan dari Axeleration dan Low emission. Pamornya kurang terdengar. Jadi pesaing Honda Supra X 125. 2014 dihentikan produksinya. Suzuki Shogun Axelo 125 lahir pada 2011 lalu menggantikan new Suzuki Shogun 125 R bermesin injeksi. Pabrikan merilisnya sebagai upaya agar produknya tetap kompetitif me
Beberapa part dari generasi sebelumnya masih dipertahankan. Area kaki-kaki dan mesin tidak banyak berubah. Honda PCX 160 RoadSync merupakan generasi PCX ke-4 yang dihadirkan PT Astra Honda Motor (AHM) sejak generasi pertamanya di tahun 2010. Kali ini New PCX 160 hadir dalam 3 pilihan tipe yang dimulai dari tipe CBS seharga Rp 33,750 juta, tipe ABS Rp 37,350 juta, dan tipe ABS-Roadsync Rp 40,350 juta OTR Jakarta. Motor matic ini menghadirkan beberapa pembaruan dan peningkatan yang signifikan, nam

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda EM1 e
Lihat