Honda PCX 160 RoadSync merupakan generasi PCX ke-4 yang dihadirkan PT Astra Honda Motor (AHM) sejak generasi pertamanya di tahun 2010.
Kali ini New PCX 160 hadir dalam 3 pilihan tipe yang dimulai dari tipe CBS seharga Rp 33,750 juta, tipe ABS Rp 37,350 juta, dan tipe ABS-Roadsync Rp 40,350 juta OTR Jakarta.
Motor matic ini menghadirkan beberapa pembaruan dan peningkatan yang signifikan, namun ada juga sejumlah komponen yang tetap tidak berubah dari generasi sebelumnya.
Berikut adalah bagian-bagian yang tidak berubah dari Honda PCX 160 RoadSync jika dibandingkan dengan Honda PCX 160 generasi sebelumnya:
Mesin Honda PCX 160 RoadSync masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya.
Yaitu mesin berkapasitas 156.9 cc eSP+ (Enhanced Smart Power Plus), silinder tunggal, 4-tak, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan.
Baca juga: Begini Rasa Berkendara Honda ICON e:, Si Motor Listrik Rp 28 Jutaan
Mesin dengan diameter piston 60 mm dan panjang langkah 55,5 mm ini klaimnya punya tenaga maksimal 16 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Mesin ini dikenal karena kinerjanya yang andal dan efisien, serta mampu memberikan tenaga yang cukup besar untuk berbagai kondisi berkendara
Salah satunya karena karakter tenaganya yang terbilang linear, merata sejak kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi.
Sistem transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) pada Honda PCX 160 RoadSync tetap sama dengan generasi sebelumnya.
Baca juga: Perbedaan Honda CRF250 Rally dan CRF250L, Lebih Suka Mana Buat Blusukan?
Transmisi ini menawarkan perpindahan rasio yang mulus dan efisien, memastikan kenyamanan berkendara baik di jalanan perkotaan yang padat maupun di perjalanan jarak jauh.
Sistem transmisi CVT dikenal karena kehandalannya dan pemeliharaannya yang relatif mudah.
Karena hal tersebut, sistem CVT konvensional ini masih dipertahankan pada PCX 160 terbaru, belum menganut sistem elektronik dalam mengatur CVT seperti YECVT pada NMax terbaru.
Suspensi depan juga belakang tipe CBS dan ABS generasi ke-4 ini tidak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya.
Baca juga: Incar Yamaha Aerox Alpha Atau Honda Vario 160? Tipe Terendah Gak Sampai Rp 30 Juta!
Suspensi depan menggunakan teleskopik, sementara suspensi belakang menggunakan twin shock absorbers.
Namun berbeda untuk varian ABS-RoadSync, karena AHM memberikan suspensi ganda di belakang yang dilengkapi dengan subtank.
Ini membuat tampilannya kian racy dan tentunya bisa memberikan sisi stabilitas yang lebih baik.
Beda dengan beberapa line up matic Honda yang menggunakan rangka tipe eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), motor ini justru masih mengadopsi rangka steel double cradle.
Baca juga: 5 Daya Tarik Honda CRF150L, Trail 150 Cc Paling Pas!
Desain rangka ini sudah teruji dan terbukti mampu memberikan keseimbangan yang baik antara kekuatan dan kelincahan, sehingga cocok untuk berbagai kondisi jalan.
Kalau dilihat-lihat sistem pengereman pada Honda PCX 160 RoadSync tidak mengalami perubahan signifikan.
Masih menggunakan rem cakram hidrolik pada roda depan dan belakang, dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) untuk varian ABS dan untuk non ABS dilengkapi dengan sistem CBS (Combo Brake System).
Masih di area kaki-kaki, penggunaan pelek PCX 160 tidak berubah tetap menggunakan model palang Y-spoke dengan lingkar 14 inci lebar 2,75 inci untuk depan dan lingkar 13 inci lebar 3,5 inci untuk belakang.
Baca juga: Baru Sebulan, Honda Scoopy Sudah Terjual 5.000 Unit Lebih di Jakarta-Tangerang
Pelek ini juga tetap dibalut dengan ukuran ban yang sama, 110/70-14 M/C Tubeless untuk depan dan 130/70-13 M/C Tubeless untuk belakang.
Kombinasi ini bisa dibilang cukup pas, profil yang ‘donat’ membuat handling motor ini cukup stabil serta membuat pengendaranya pede dalam ‘melahap’ tikungan.
Honda PCX 160 RoadSync menghadirkan teknologi RoadSync yang memungkinkan konektivitas dengan smartphone.
Dihadirkan melalui spidometer dengan layar TFT 5 inci, namun untuk varian ABS dan CBS sama sekali tidak berubah.
Baca juga: Ratusan Ribu Orang Tercerahkan Ilmu Berkendara Aman Honda
Masih menggunakan layar digital dengan negative display yang menampilkan ragam informasi penting seperti kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator lainnya dengan tampilan yang mudah dibaca.
Kapasitas tangki bahan bakar pada motor ini tetap sama dengan generasi sebelumnya, yaitu sekitar 8,1 liter.
Kapasitas tangki yang cukup besar ini memungkinkan pengendara untuk menempuh jarak yang cukup jauh tanpa perlu sering-sering mengisi bahan bakar, menjadikannya pilihan yang praktis untuk komuter harian maupun perjalanan jarak jauh.
Beberapa fitur keamanan standar yang tetap ada pada Honda PCX 160 RoadSync antara lain adalah Honda Smart Key System yang memberikan keamanan tambahan dengan fitur anti-theft, answer back system, dan immobilizer.
Lalu untuk keamanan pengendaranya, tidak lupa masih ada fitur side stand switch yang membuat mesin otomatis mati ketika standar samping dalam posisi terbuka.