Ini 9 Bagian yang Tidak Berubah di New Honda PCX 160

Honda PCX 160 ABS-RoadSync.
  • Beberapa part dari generasi sebelumnya masih dipertahankan.
  • Area kaki-kaki dan mesin tidak banyak berubah.

Honda PCX 160 RoadSync merupakan generasi PCX ke-4 yang dihadirkan PT Astra Honda Motor (AHM) sejak generasi pertamanya di tahun 2010.

Kali ini New PCX 160 hadir dalam 3 pilihan tipe yang dimulai dari tipe CBS seharga Rp 33,750 juta, tipe ABS Rp 37,350 juta, dan tipe ABS-Roadsync Rp 40,350 juta OTR Jakarta.

Motor matic ini menghadirkan beberapa pembaruan dan peningkatan yang signifikan, namun ada juga sejumlah komponen yang tetap tidak berubah dari generasi sebelumnya. 

Berikut adalah bagian-bagian yang tidak berubah dari Honda PCX 160 RoadSync jika dibandingkan dengan Honda PCX 160 generasi sebelumnya:

Mesin Andalkan eSP+

Mesin Honda PCX 160 RoadSync masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya.

Yaitu mesin berkapasitas 156.9 cc eSP+ (Enhanced Smart Power Plus), silinder tunggal, 4-tak, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan.

Baca juga: Begini Rasa Berkendara Honda ICON e:, Si Motor Listrik Rp 28 Jutaan

Masih andalkan mesin 160 cc eSP+.

Mesin dengan diameter piston 60 mm dan panjang langkah 55,5 mm ini klaimnya punya tenaga maksimal 16 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin ini dikenal karena kinerjanya yang andal dan efisien, serta mampu memberikan tenaga yang cukup besar untuk berbagai kondisi berkendara

Salah satunya karena karakter tenaganya yang terbilang linear, merata sejak kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi.

Transmisi

Sistem transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission)  pada Honda PCX 160 RoadSync tetap sama dengan generasi sebelumnya. 

Baca juga: Perbedaan Honda CRF250 Rally dan CRF250L, Lebih Suka Mana Buat Blusukan?

Transmisi ini menawarkan perpindahan rasio yang mulus dan efisien, memastikan kenyamanan berkendara baik di jalanan perkotaan yang padat maupun di perjalanan jarak jauh. 

Sistem transmisi CVT dikenal karena kehandalannya dan pemeliharaannya yang relatif mudah.

Karena hal tersebut, sistem CVT konvensional ini masih dipertahankan pada PCX 160 terbaru, belum menganut sistem elektronik dalam mengatur CVT seperti YECVT pada NMax terbaru.

Suspensi

Suspensi depan juga belakang tipe CBS dan ABS generasi ke-4 ini tidak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Incar Yamaha Aerox Alpha Atau Honda Vario 160? Tipe Terendah Gak Sampai Rp 30 Juta!

Tipe CBS dan ABS pakai suspensi belakang non tabung.

Suspensi depan menggunakan teleskopik, sementara suspensi belakang menggunakan twin shock absorbers. 

Namun berbeda untuk varian ABS-RoadSync, karena AHM memberikan suspensi ganda di belakang yang dilengkapi dengan subtank.

Ini membuat tampilannya kian racy dan tentunya bisa memberikan sisi stabilitas yang lebih baik.

Rangka Honda PCX 160

Beda dengan beberapa line up matic Honda yang menggunakan rangka tipe eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), motor ini justru masih mengadopsi rangka steel double cradle.

Baca juga: 5 Daya Tarik Honda CRF150L, Trail 150 Cc Paling Pas!

Rangka double cradle tetap dipertahankan.

Desain rangka ini sudah teruji dan terbukti mampu memberikan keseimbangan yang baik antara kekuatan dan kelincahan, sehingga cocok untuk berbagai kondisi jalan.

Sistem Pengereman

Kalau dilihat-lihat sistem pengereman pada Honda PCX 160 RoadSync tidak mengalami perubahan signifikan. 

Masih menggunakan rem cakram hidrolik pada roda depan dan belakang, dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) untuk varian ABS dan untuk non ABS dilengkapi dengan sistem CBS (Combo Brake System).

Pelek & Ban Honda PCX 160

Masih di area kaki-kaki, penggunaan pelek PCX 160 tidak berubah tetap menggunakan model palang Y-spoke dengan lingkar 14 inci lebar 2,75 inci untuk depan dan lingkar 13 inci lebar 3,5 inci untuk belakang.

Baca juga: Baru Sebulan, Honda Scoopy Sudah Terjual 5.000 Unit Lebih di Jakarta-Tangerang

Pelek dan ban tidak berubah.

Pelek ini juga tetap dibalut dengan ukuran ban yang sama, 110/70-14 M/C Tubeless untuk depan dan 130/70-13 M/C Tubeless untuk belakang.

Kombinasi ini bisa dibilang cukup pas, profil yang ‘donat’ membuat handling motor ini cukup stabil serta membuat pengendaranya pede dalam ‘melahap’ tikungan.

Panel Instrumen Honda PCX 160

Honda PCX 160 RoadSync menghadirkan teknologi RoadSync yang memungkinkan konektivitas dengan smartphone.

Dihadirkan melalui spidometer dengan layar TFT 5 inci, namun untuk varian ABS dan CBS sama sekali tidak berubah.

Baca juga: Ratusan Ribu Orang Tercerahkan Ilmu Berkendara Aman Honda

Spidometer untuk tipe CBS dan ABS tidak berubah.

Masih menggunakan layar digital dengan negative display yang menampilkan ragam informasi penting seperti kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator lainnya dengan tampilan yang mudah dibaca. 

Tangki Bahan Bakar

Kapasitas tangki bahan bakar pada motor ini tetap sama dengan generasi sebelumnya, yaitu sekitar 8,1 liter. 

Kapasitas tangki yang cukup besar ini memungkinkan pengendara untuk menempuh jarak yang cukup jauh tanpa perlu sering-sering mengisi bahan bakar, menjadikannya pilihan yang praktis untuk komuter harian maupun perjalanan jarak jauh.

Fitur Keamanan Honda PCX 160

Beberapa fitur keamanan standar yang tetap ada pada Honda PCX 160 RoadSync antara lain adalah Honda Smart Key System yang memberikan keamanan tambahan dengan fitur anti-theft, answer back system, dan immobilizer. 

Masih andalkan kunci keyless dengan fitur answer back dan anti-theft alarm.

Lalu untuk keamanan pengendaranya, tidak lupa masih ada fitur side stand switch yang membuat mesin otomatis mati ketika standar samping dalam posisi terbuka.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Smart Key System banyak ditemui pada motor baru. Lebih aman dari pencurian. Ada 3 sebab knob tak bisa diputar. Motor dengan kontak keyless atau kerap disebut Smart Key System, kini semakin banyak ditemui. Terlebih pada motor-motor keluaran anyar seperti Honda Stylo 160 atau bahkan Honda BeAT terbaru. Sistem kontak canggih ini lebih praktis digunakan, sekaligus lebih aman dari pencurian. Tak heran jika Smart Key System menjadi salah satu fitur yang banyak dicari pengguna matic di Indonesia. Namun
Wajib mengganti oli mesin secara rutin. Range biaya servis Rp 100-150 ribu. Tarif di bengkel resmi. Meski terkesan premium dan canggih sejatinya perawatan Honda PCX 160 tidaklah mahal. Motor ini memang menawarkan posisi berkendara yang nyaman, serta akomodasi yang baik dengan ruang bagasi besar di balik joknya. Pada generasi terbarunya yang dirilis Desember 2024 lalu, perubahan besar terjadi pada desain bodinya. Kesan premium masih melekat pada sosok motor ini, dan kini ditawarkan dengan 3 tipe
Akan ada 12 poin untuk 1 tahun. Pelanggaran berat dikurangi 5 poin. Pelanggaran berat SIM dicabut permanen. Surat Izin Mengemudi alias SIM bisa dicabut permanen di Indonesia? Selama ini sih tidak, tapi hal itu akan segera terlaksana. Yup, SIM menjadi bukti jika seseorang telah memenuhi kualifikasi untuk berkendara di jalan raya. Baik itu dengan mobil atau pun motor. Untuk pengguna motor, maka SIM C, CI dan CII wajib dimiliki. SIM C berlaku untuk pengguna motor sampai 250 cc termasuk Honda Forza,
Motor matic Suzuki ada 4 model. Sosok Honda Scoopy 2025. QJ Motor Fort 250. Kembali kami merangkum 5 artikel motor populer sepanjang pekan lalu, salah satunya ragam motor matic Suzuki. Yup, meski dianggap sudah tak menarik dan kurang menjual, namun Suzuki masih memiliki line up motor matic. Tak melulu berstatus CBU India ya, karena yang rakitan lokal pun masih ada semacam Suzuki Address. Berita yang banyak dibaca lainnya ada soal knalpot baru racikan SKR yang punya suara adem dan dibuat lebih pr
Yamaha Aerox dan NMax sudah punya fitur turbo Keduanya memiliki segmen berbeda Yamaha Indonesia kini menerapkan teknologi YECVT yang mampu memberikan sensasi ala turbo pada motornya, dan kini terpasang pada Aerox Alpha dan NMax Turbo. Selain akselerasi, berkat fitur ini juga motor bisa memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar, namun tetap irit bahan bakar. Bahkan penggunaan Turbo yang dioperasikan dengan menekan tombol Shift di handle sebelah kiri juga bisa meningkatkan akselerasi jadi lebih

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX160
Lihat