Berbicara mengenai motor sport 150 cc, Yamaha R15 2021 menjadi salah satu model terbaik yang ada di pasaran untuk saat ini. Dibandingkan kompetitornya, motor ini masih lebih banyak ditemui di jalanan.
Pasar motor sport di Indonesia memang terus menyusut, seiring tren pasar roda dua yang mengarah pada motor jenis skutik, tapi Yamaha R15 2021 masih akan menjadi idola untuk segmennya.
Yamaha R15 2021 diperkirakan masih akan memiliki fisik yang sama dengan model yang saat ini masih dijual. Memang harus diakui, kalau model yang ditawarkan sudah sangat menarik.
Desainnya terinspirasi dari keluarga R-Series Yamaha, yang di dalamnya merupakan jajaran motor sport full fairing seperti Yamaha R1, Yamaha R6 dan Yamaha R25/R3.
Desain bodi yang sporty, wajahnya yang agresif dengan air scoop yang berupa hiasan banyak menyihir konsumen tanah air, khususnya anak-anak muda. Ukuran bodinya yang nampak besar juga memberikan kesan sebuah big bike look.
Hal lain yang menjadi daya tariknya adalah mesin 155 cc, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation), yang memungkinkan performa mesin terus terjaga sejak putaran rendah, tengah sampai atas.
Mesinnya ini memang bukan yang paling kencang, tapi dengan teknologi VVA tadi, performa yang dihasilkan sudah sangat cukup, dan di luar itu mesin ini gampang untuk dimodifikasi.
Mesinnya ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 speed. Perpindahan gigi transmisi terasa halus, berkat adanya fitur Assist & Slipper Clutch, ini yang pertama di kelasnya.
Sistem pendinginan mesin sudah mengandalkan jenis cairan, untuk menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi kerja yang maksimal. Sistem pendingin cairan seakan sudah menjadi standar untuk sebuah motor sport 150 cc.
Namun sayangnya, fitur keselamatan dari Yamaha R15 2021 terbilang minim. Hanya ada lampu hazard saja, tapi untuk pengereman pakai cakram ganda tanpa kehadiran teknologi ABS (Anti-Lock Braking System).
Yamaha R15 2021 saat ini dijual dengan harga Rp 36,08 juta untuk varian warna Racing Blue, Racing Yellow dan Racing Black. Dan varian R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition yang dijual lebih mahal, tepatnya Rp 37,685 juta on the road Jakarta.
Lalu sekarang mari kita simak detail lebih lanjut mengenai Yamaha R15 2021 ini.
Dengan desain khas keluarga Yamaha R-Series, Yamaha R15 2021 memiliki ukuran bodi yang cukup besar di kelasnya. Tapi berapa ukuran tepatnya dari motor ini?
Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.990 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak sumbu roda 1.325 mm, tinggi tempat duduk 815 mm dan jarak terendah 155 mm.
Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 11 liter, bobot basah dari Yamaha R15 2021 ini berada diangka 137 kg. Angka yang masih mirip-mirip dengan kompetitor sport full fairing 150 cc.
Melihat area dashboard dari motor ini, layaknya Anda melihat sebuah motor besar Yamaha R1 yang merupakan jenis superbike. Yamaha memberikan ornamen menarik pada segitiga atas dengan kisi-kisi.
Pandangan mata langsung tertuju ke panel instrumen LCD, dengan beragam informasi lengkap berupa penunjuk kecepatan, putaran mesin, odometer, trip 1-2, trip fuel, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, fuel meter dan indikator VVA aktif.
Disekitar area layar LCD, terdapat indikator lain seperti MIL, suhu mesin dan gigi netral di kiri. Lalu shift light di atas, dan indikator lampu sein dan lampu jauh di sisi kanan layar.
Komponen elektrikal dari motor ini sudah cukup baik, dengan penerangan depan dan belakang berteknologi LED. Tapi agak terihat tanggung karena lampu sein seluruhnya masih menggunakan bohlam.
Motor ini menggendong mesin 4-tak, silinder tunggal, kapasitas 155 cc, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation). Ukuran pistonnya 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm.
Karakter mesinnya bisa dibilang square, artinya ukuran piston dan langkah piston sama atau hampir sama. Mesin ini karakter tersebut memiliki kemampuan akselerasi yang baik, tapi juga performa bagus diputaran tinggi.
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 19 Hp @ 10.000 rpm, serta torsi tertinggi mencapai 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Output tenaga di atas kertas, Yamaha R15 2021 menjadi yang terbaik.
Mesinnya ini dikawal transmisi manual 6 speed. Perpindahan gigi transmisi terasa halus, berkat adanya fitur Assist & Slipper Clutch, yang juga membantu roda belakang terkunci kala melakukan perpindahan gigi secara cepat.
Sudah menjadi ciri khas dari Yamaha, jika motor sport terbaiknya dibangun menggunakan rangka jenis Deltabox. Semakin sempurna kala dipadukan lengan ayun alumunium yang ringan tapi juga kuat.
Suspensi depan sudah menggunakan jenis upside down, lagi-lagi yang pertama di kelasnya. Lalu suspensi belakang monosok, dengan link yang membuat peredaman lebih lembut.
Bagian kaki-kaki cukup kekar dengan ban berukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, yang melingkari pelek berdesain multi spoke yang sangat keren.
Piranti pengereman sudah menggunakan cakram ganda, dengan kaliper 2 piston di depan dan 1 piston di belakang, tapi sayangnya tak ada perangka rem ABS untuk Yamaha R15 2021.
Performa saat dikendarai terasa sangat baik, mulai dari respon mesin yang terus membuat motor melaju, kemudian handling yang ringan dan lincah serta stabilitas dari motor ini patut diacungi jempol.
Generasi terakhir dari Yamaha R15 dikenalkan pada tahun 2017 lalu, dan sampai saat ini belum ada update signifikan yang dilakukan oleh Yamaha, selain memberikan perubahan warna saja.
1. Desain memang subjektif dan tergantung selera, tapi siapa yang tidak suka tampilan dari sebuah motor sport full fairing yang bergaya sporty dan kental aura kencang. Terlebih desainnya diturunkan dari keluarga Yamaha R-Series.
2. Menggendong mesin nyaris sempurna untuk sebuah mesin 150 cc, meski masih SOHC Yamaha melengkapinya dengan katup VVA yang bisa memberikan performa mesin maksimal.
3. Melengkapi desain dari Yamaha R15 2021, komponen yang digunakan untuk kaki-kaki patut diacungi jempol, karena memberikan kesan big bike look yang menjadi idaman banyak orang.
4. Teknologi mesin dari motor ini semakin lengkap karena memiliki Assist & Slipper Clutch, satu-satunya di kelasnya sampai saat ini.
5. Motor dengan handling ringan dan lincah tentu memyenangkan untuk dikendarai, tak perlu banyak usaha untuk bisa berkendara dengan motor ini.
1. Posisi berkendara yang sangat sporty, tentu berimbas pada kenyamanan berkendara terlebih di dalam kota dengan kondisi lalu lintas yang padat.
2. Fitur keselamatan bisa dikatakan minim, meski sudah pakai cakram ganda, tak ada varian Yamaha R15 2021 yang dilengkapi teknologi ABS.
3. Karakter suspensi di kedua roda terasa kaku, akan kurang nyaman saat dipakai melewati jalan rusak, meski stabil dipakai melintasi jalur pegunungan.
Kesimpulannya Yamaha R15 2021 memang salah satu produk motor sport 150 cc terbaik yang ada di pasar. Motor ini memenuhi kriteria motor favorit berkat desain, mesin dan pengendaliannya.
Bicara motor sport 150 selain menyebut Yamaha R15 2021, juga tak bisa lepas dari Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150. Ketiganya merupakan pesaing dekat dan ketat.
Desain memang soal selera, tapi ketiganya kompak menggunakan gaya desain sporty dan racy. Tapi fitur masing-masing punya keunggulan, misal suspensi upside down hanya dimiliki Yamaha R15 2021.
Lalu Emergency Stop Signal hanya ada di Honda CBR150R varian tertinggi. Dan kunci keyless, hanya ada di Suzuki GSX-R150 varian tertinggi juga.
Lampu hazard hanya ada di Yamaha R15 2021 dan Suzuki GSX-R150. Tapi soal menghidupkan mesin, Suzuki boleh bangga karena punya fitur Easy Start System.
Untuk lampu-lampu hanya Honda CBR150R yang sudah LED seluruhnya, sedangkan 2 lainnya masih menyisakan bohlam untuk lampu sein. Bicara panel instrumen ketiganya juga kompak pakai digital dengan layar LCD.
Lantas untuk perbandingan performa ketiganya, bisa dilihat di bawah ini.
Spesifikasi Mesin | |||||
---|---|---|---|---|---|
Yamaha R15 2021 | Honda CBR150R | Suzuki GSX-R150 | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, VVA | 4-Tak, DOHC 4 katup | 4-tak, DOHC 4 katup | ||
Jumlah Silinder | 1 | 1 | 1 | ||
Kapasitas Mesin | 155,1 cc | 149,16 cc | 147,3 cc | ||
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | 57,3 x 57,8 mm | 62 x 48,8 mm | ||
Tipe Pendingin | Cairan | Cairan | Cairan | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | Injeksi | Injeksi | ||
Transmisi | Manual 6 Speed | Manual 6 Speed | Manual 6 Speed | ||
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | 11,3 : 1 | 11,5 : 1 | ||
Tenaga Maksimal | 19 Hp @ 10.000 rpm | 16,8 Hp @ 9.000 rpm | 18,9 Hp @ 10.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | 14,4 Nm @ 7.000 rpm | 14 Nm @ 9.000 rpm |
Generasi ketiga sudah dikenalkan sejak tahun 2017 lalu, dan untuk rakitan tahun tersebut harga unit bekasnya diangka Rp 19 juta sampai Rp 22,5 juta.
Lalu tahun 2018 direntang Rp 19 juta sampai Rp 27,5 juta. Tahun 2019 dikisaran Rp 22 juta sampai Rp 29 juta. Dan untuk unit tahun 2020 berkisar Rp 25 juta sampai Rp 32 juta.
Teknologi SOHC 4 katup yang dimaksimalkan dengan teknologi VVA, membuat efisiensi penggunaan bahan bakar Yamaha R15 2021 sangat baik. Untuk kondisi standar, rata-rata bermain diangka 42 - 46 km/liter.
Desain yang sporty, mesin bertenaga, teknologi canggih dan performa stabil menjadi daya tarik paling potensial dari sebuah Yamaha R15 2021. Terlebih Yamaha juga kerap mengadakan event balap satu merek untuk pengguna motor sport mereka.
Namun untuk penggunaan harian di jalanan yang padat, akan terasa melelahkan karena posisi berkendara yang nunduk. Tapi toh semua motor sport full fairing punya posisi berkendara yang sama. Tentunya pilihan kembali ke tangan Anda.