Cara Benar Mengecek Kondisi Kampas Rem Honda Vario 150

Honda Vario 150 dibekali mesin dengan performa yang tinggi. Untuk itu, penting sekali memiliki sistem pengereman yang baik untuk bisa mengimbangi performa mesin. Rem merupakan komponen keselamatan pada sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju putaran roda.

Sehingga, kendaraan bisa melambat dan berhenti saat diperlukan. Rem yang digunakan pada Honda Vario ada dua, yakni rem cakram untuk bagian depan dan rem tromol untuk bagian belakang.

Baik rem cakram atau rem tromol, sama-sama bergantung pada kondisi kampas rem. Pada rem cakram, laju putaran roda diperlambat dengan cara menjepit cakram dengan kampas rem. Sementara pada rem tromol, kampas rem akan menekan dinding tromol pada pelek.

Rem yang termasuk komponen keselamatan ini perlu diperhatikan kondisinya. Seiring usia pakai, tentu performa pengereman juga akan berkurang. Maka itu, pemilik Honda Vario juga perlu mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi kampas rem. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Muncul Suara Berdecit saat Melakukan Pengereman

Suara decit bisa saja muncul saat terjadi gesekan kampas dengan cakram, jika kondisi kampas sudah mulai menipis atau bahkan habis. Selain itu, suara berdecit juga bisa muncul saat permukaan kampas rem kotor atau basah atau bisa juga saat kampas rem mulai mengeras.

2. Jarak Tarik Tuas Rem Jadi Lebih Dalam

Tuas rem akan lebih dalam saat ditarik jika kampas rem sudah mulai menipis. Kondisi ini terjadi pada rem tromol. Kampas rem pada Honda Vario yang sudah menipis akan membuat jarak kampas rem dengan dinding tromol semakin besar. Sehingga, tuas rem akan semakin jauh saat ditarik.

3. Sudah Melewati Batas Indikator Keausan

Pada rem cakram, kampas rem yang sudah aus tapi tetap dipakai akan dapat mengurangi volume minyak rem. Jika minyak rem berada di bawah batas minimum, maka sistem pengereman akan tidak maksimal. Bahkan, kondisi ini juga berpotensi menimbulkan terjadinya rem blong.

Untuk memertahankan kinerja dan performa pengereman tetap optimal, penting untuk melakukan perawatan pada setiap komponen pengereman, baik rem depan maupun rem belakang, baik rem cakram maupun rem tromol.

Kesimpulan

Merawat piranti rem menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan bagi setiap pemilik sepeda motor. Hal ini karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara dan fungsinya sangat vital. Lebih baik keluar biaya untuk mengganti komponen ketimbang terlibat kecelakaan karena rem tak berfungsi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat