Motor sport di Indonesia memang tak sebanyak penjualan motor jenis skuitk yang sangat mendominasi pasar sepeda motor nasional. Namun motor ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin motor nyaman, performa mumpuni dan bisa dipakai untuk perjalanan jauh.
Salah satu yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Produk motor sport paling muda dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), setelah sebelumnya ada Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150.
Dari desain yang ditawarkan, motor ini diciptakan dengan mengutamakan kenyamanan yang diperlihatkan dengan penggunaan tempat duduk model tandem. Posisi setang juga dibuat tinggi supaya posisi berkendara menjadi lebih nyaman.
Lekuk fascia depan memiliki penerangan utama yang sudah LED, dengan lampu positioning lamp V-shape yang tepat ada di atasnya. Shroud tangki bahan bakar menambah kesan gagah dari motor ini, sekaligus melindungi komponen radiator.
Bagian tengah motor sedikit menipu karena diberikan cover penutup rangka bagian tengah, yang membuatnya seolah-olah menggunakan rangka deltabox. Bodi belakang tak terlalu menjulang, dengan berhiaskan lampu penerangan belakang berukuran besar.
Meski begitu komponen kaki-kaki identik dengan dua saudaranya tadi. Suspensi jenis teleskopik mengawal pergerakan roda depan, yang ditemani rem cakram dengan kaliper dua piston.
Lantas kaki-kaki belakang percayakan suspensi monosok, yang bertumpu pada lengan ayun. Urusan penghenti laju roda belakang, juga berjenis cakram dengan kaliper piston tunggal.
Pun begitu dengan desain pelek yang digunakan, model palang 10 berdesain sporty, yang terbungkus karet hitam ukuran 90/80-17 dan 130/70-17 dengan ban dari Dunlop D102 yang sudah tubeless pastinya.
Soal posisi berkendara pun masih nyaman untuk rata-rata postur orang Indonesia, berkat dimensi yang tak terlalu besar dan berat. Suzuki GSX-150 Bandit 2021 memiliki panjang 2.000 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.035 mm. Sementara bobot basah hanya 135 kg.
Terkait performa mesin tak perlu diragukan lagi. Jantung mekanis identik dengan Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150, yang mengandalkan kubikasi mesin 147,3 cc piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan.
Suzuki GSX-150 Bandit 2021 ditawarkan dengan empat pilihan warna yakni metallic matte titanium silver, brilliant white/aura yellow, stronger red/titanium black dan titanium black. Harga jualnya cukup terjangkau karena dijual hanya Rp 26,9 juta (on the road Jakarta) saja.
Motor ini diciptakan untuk menjawab akan keluhan dari produk motor sport Suzuki yang telah ada sebelumnya, sekaligus untuk memenuhi ekspektasi pasar yang masih membutuhkan motor sport yang nyaman dan bisa diandalkan untuk aktifvitas sehar-hari.
Maka kami menyimpulkan beberapa kelebihan dari Suzuki GSX-150 Bandit yang bisa menggoda Anda:
1. Penggunaan tempat duduk model tandem jelas langsung mendongkrak sisi kenyamanan dari Suzuki GSX-150 Bandit, khususnya saat dipakai berboncengan dengan sub-frame yang dibuat lebih landai. Ini jauh berbeda dari Suzuki GSX-S150 apalagi Suzuki GSX-R150.
Semuanya ditunjang dengan ketinggian tempat duduk yang hanya 790 mm, serta lekuk tempat duduk pada bagian pengendara, dibuat lebih ramping. Berkendara lama menggunakan motor ini pun akan semakin menyenangkan.
2. Handling diklaim lebih baik dari Suzuki GSX-S150, beberapa hal jadi penyebabnya. Pertama, bobot motor ini lebih berat lima kilogram dari GSX-S150. Hal ini membuat handling motor terasa lebih berisi dan stabil.
Kedua karena penggunaan ban jenis baru yakni Dunlop D102 dengan profil ban U, yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari, berbeda dengan ban GSX-S150 yang mengandalkan IRC Exato dengan pola tapak ban sporty dan cenderung V.
3. Karakter mesin khas Suzuki GSX-S150, apalagi kalau bukan karena spesifikasi mesin yang dipakai identik, berkubikasi 147,3 cc piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan. Yang andalkan piston berukuran 62 mm dan langkah piston 48,8 mm.
Mesin berkarater overbore ini memiliki ciri khas putaran menengah sampai atas yang lebih kuat. Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 18,9 Hp @ 10.500 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm @ 9.000 rpm.
4. Fitur yang disematkan juga lumayan lengkap, misalnya rem cakram pada kedua roda dengan cakram petal disc. Lalu engine cut off, passing lamp dan easy start system.
Kemudian ada panel instrumen digital dengan informasi lengkap, seperti odometer, konsumsi BBM rata-rata, trip meter A-B dan ada shift light. Sementara untuk keamanan, sudah dibekali kunci kontak berpengaman magnet, jadi enggak gampang dibobol.
5. Harga yang ditawarkan masih bersahabat loh, hanya Rp 26,9 juta on the road Jakarta. Hanya beda Rp 500 ribu saja dengan Suzuki GSX-S150 tipe termurah. PT Suzuki Indomobil Sales nampaknya ingin memberikan pilihan berbeda untuk konsumen.
Jika mau bergaya lebih sporty dan mengarah untuk hobi, konsumen akan ditujukan untuk memilih Suzuki GSX-S150. Lantas jika tujuannya untuk penggunaan harian dan sesekali melakukan perjalanan jauh bersama pasangan, maka pilihan tepat adalah Suzuki GSX-150 Bandit.
Tapi dari semua itu, juga ada sejumlah kekurangan dari Suzuki GSX-150 Bandit:
1. Posisi berkendara masih identik Suzuki GSX-S150. Ya dari sisi pembonceng akan lebih nyaman dengan tempat duduk model tandem, tapi untuk pengendara, maka feeling yang ditawarkan masih sama dengan Suzuki GSX-S150.
Utamanya dari posisi pijakan kaki yang masih terbawa gaya sporty ala Suzuki GSX-S150, letaknya masih sama. Hal ini akan membuat cepat pegal dibagian paha, terutama untuk mereka yang belum terbiasa.
2. Dibanding kompetitor, konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-150 Bandit bukanlah yang paling hemat. Itu lantaran spesifikasi mesin berkarakter overbore, yang justru kuat pada putaran tengah sampai atas.
Untuk penggunaan sehari-hari yang stop & go, respon mesin terasa kurang sigap. Pengendara harus memancing putaran mesin sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan respon mesin optimal, alhasil konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.
3. Secara tampilan sebenarnya Suzuki GSX-150 Bandit cukup menarik. Tapi berkesan kalau Suzuki kurang niat untuk membuat sosok motor ini lebih segar dan tampak berbeda, ini karena beberapa komponen bodi terlihat serupa dengan motor Suzuki yang sudah lebih dulu eksis.
Jika melihat lampu depan, maka seperti mencomot dari Suzuki Satria F150. Begitu pula melihat buritan, bentuk lampunya masih identik motor bebek 150 cc tersebut, hanya saja mikanya berganti merah dengan lampu sein terpisah seperti motor sport pada umumnya.
4. Image motor Suzuki dan jaringan purna jual sudah tak sekuat dulu jadi kekurangan berikutnya. Hal ini berimbas pada harga jual kembali yang lebih rendah dari motor sekelas.
Apalagi banyak masyarakat Indonesia sebelum membeli kendaraan, sudah memikirkan harga jual kembali. Tapi secara produk, kualitas dari motor racikan Suzuki tak perlu diragukan lagi.
Kesimpulannya, Suzuki GSX-150 Bandit memang layak menjadi pilihan menemani aktivitas harian dan nyaman dipakai berboncengan, ditunjang performa yang memuaskan. Namun konsumsi bahan bakar lebih boros serta harga jual yang lebih rendah jadi pengaruh yang cukup signifikan.
Disegmen motor sport naked 150 cc, harga jualnya bermain direntang Rp 20 sampai Rp 30 jutaan. Dan dari sisi harga, Suzuki GSX-150 Bandit 2021 termasuk punya banderol harga terjangkau yakni hanya Rp 26,9 juta on the road Jakarta.
Tapi dibandingkan kawan-kawan sekelasnya, masih ada Honda CB150 Verza yang dilepas Rp 20 Jutaan. Lalu ada Yamaha Byson FI yang dilepas dengan nominal Rp 22 jutaan.
Dari segmen ini paling mahal ada Yamaha MT-15 yang dilepas Rp 36,93 juta. Harga motor sport naked 150 cc selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Harga Motor Sport Naked 150 | |
Suzuki GSX-150 Bandit | Rp 26,9 juta |
Suzuki GSX-S150 | Rp 27,4 juta (Shutter Key) Rp 27,9 juta (Keyless Key) |
Honda CB150 Verza | Rp 20,082 juta (SW) Rp 20,733 juta (CW) |
Honda CB150R Streetfire | Rp 28,127 juta (STD) Rp 29,227 juta (SE) |
Yamaha Vixion | Rp 27,945 juta Rp 28,65 juta (MotoGP Edition) |
Yamaha Vixion R | Rp 31,63 juta |
Yamaha Xabre | Rp 30,7 juta |
Yamaha Byson FI | Rp 22,95 juta |
Yamaha MT-15 | Rp 36,93 juta |
Yamaha XSR 155 | Rp 36,58 juta |
Suzuki GSX-150 Bandit merupakan motor sport naked 150 cc yang potensial, dengan performa unggul serta fitur yang cukup lengkap, namun dilabeli dengan harga terjangkau. Posisi berkendara nyaman untuk berboncengan dan melakukan perjalanan jarak jauh.
Namun image dari motor Suzuki dengan harga jual tak sebaik kompetitor lainnya, dan ketersediaan jaringan penjual serta bengkel resmi yang semakin berkurang, sangat berpengaruh terhadap minat konsumen pada Suzuki GSX-150 Bandit 2021.