Honda ADV 150 2021 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Siapa Paling Canggih Diantara Keduanya?

Perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia saat ini semakin pesat dan canggih. Setiap pabrikan memiliki produk andalannya masing-masing, yang dijejali beragam teknologi baru untuk memanjakan para penggunanya.

Dan setidaknya ada dua motor skutik yang memenuhi kriteria tersebut, yakni Honda ADV 150 dan Yamaha Aerox 155 Connected. Keduanya merupakan skutik paling modern dan canggih yang ada saat ini.

Pertarungan dua skutik canggih, Yamaha Aerox 155 Connected 2021 dan Honda ADV 150 2021.

Memang jika melihat segmentasi pasar, keduanya sangat berbeda. Honda ADV 150 merupakan skutik premium yang kelasnya lebih tinggi dari Honda PCX, skutik premium PT Astra Honda Motor lainnya.

Sementara Yamaha Aerox 155 Connected, levelnya justru berada di bawah Yamaha Nmax, skutik premium andalan Yamaha. Tapi jika melihat dari teknologi yang disematkan, Yamaha Aerox 155 Connected bisa dikatakan sejajar dengan Honda ADV 150.

Honda ADV 150 2021.

Soal penampilannya pun keduanya berbeda, Honda ADV 150 berwujudkan skutik penjelajah yang gagah dan tangguh. Sedangkan Yamaha Aerox 155 Connected merupakan skutik bergaya sporty.

Lantas mana yang paling canggih diantara keduanya? Apakah Honda ADV 150 2021 atau justru Yamaha Aerox 155 Connected 2021? Mari simak ulasannya bersama-sama.

Perbandingan Dimensi & Kaki-Kaki
  Honda ADV 150 2021 Yamaha Aerox 155 Connected 2021
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm 1.980 x 700 x 1.150 mm
Sumbu Roda 1.324 mm 1.350 mm
Tinggi Jok 795 mm 790 mm
Jarak Terendah 165 mm 143 mm
Berat Isi

132 kg (CBS)

133 kg (ABS)

122 kg (Connected)

125 kg (Connected/ABS)

Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda Ganda
Rem Depan Cakram  Cakram
Rem Belakang Cakram Tromol
Ban Depan 110/80-14 110/80-14
Ben Belakang 130/70-13 140/70-14

Panel Instrumen Yamaha Aerox 155 Connected 2021 Lebih Lengkap

Area kokpit motor khususnya panel instrumen, adalah bagian yang paling sering dilihat saat mengendarai sepeda motor. Pada komponen ini beragam informasi terkait status kendaraan ditampilkan.

Panel instrumen Honda ADV 150 nampak padat dan lengkap, dengan bergaya ala motor Dakar Rally. Menggunakan layar negatif display, walau informasinya padat tapi bisa dilihat dengan jelas.

Panel instrumen Honda ADV 150 2021 terlihat padat.

Informasinya ada spidometer, fuel meter, jam digital, trip A-B, konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual, suhu udara sekitar, oil trip, tanggal, bulan dan tahun.

Untuk lampu-lampu indikator seperti keyless, ABS, lampu sein, suhu mesin, ISS dan check engine letaknya di layar kecil di bawah panel instrumen. Tombol untuk pengaturan menu terletak disetiap sudut bawah panel instrumen ya.

Isi panel instrumen Yamaha Aerox 155 Connected 2021 kurang lebih masih sama. Layarnya sudah negatif display dengan latar hitam yang bisa dibaca dengan sangat mudah.

Pada bagian tepi layar ada dua buah takometer dengan angka 0 sampai 10. Kemudian ada fuel meter, spidometer, trip 1-2, konsumsi bahan bakar real time dan rata-rata, belt trip, oil trip, voltmeter dan jam digital.

Panel instrumen Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Seluruh Yamaha Aerox model baru sudah punay fitur Y-Connect, bisa terhubung lewat smartphone untuk informasi servis dan status motor. Enggak ketinggalan info pesan dan telfon masuk yang akan ditampilkan pada panel instrumen.

Untuk mengganti-ganti informasi pada layar instrumen Yamaha Aerox 155 Connected, cukup dengan menekan tuas yang letaknya ada disisi kiri setang. Jadi elbih praktis dan aman.

Soal panel instrumen, kedua skutik ini sudah sama-sama canggih. Tapi karena Yamaha Aerox 155 Connected ada fitur konektivitas dan notifikasi pesan atau telfon masuk, gacoan Yamaha bisa dikatakan lebih unggul.

Kaki-Kaki Honda ADV 150 2021 Kokoh dan Aman

Oke masuk sektor kaki-kaki, Honda ADV 150 2021 dengan konsep skutik penjelajahnya, menggunakan lingkar roda yang berbeda. Depan pakai 14 inci dan belakang pakai 13 inci dengan ukuran ban yang cukup besar, 110/80-14 dan 130/70-13.

Peredaman suspensi tergolong empuk dengan jarak main panjang, sehingga tak gampang bottoming alias mentok. Semakin kokoh berkat penggunaan suspensi belakang dengan sub-tank alias tabung.

Kaki-kaki Honda ADV 150 kokoh dengan fitur keamanan lengkap.

Soal pengereman, Honda ADV 150 ada dua varian yakni CBS (combi brake system) dan ABS (anti-lock braking system). Kedua varian tersebut sudah menggunakan rem cakram dikedua roda, dengan bentuk cakram wavy.

Lantas melirik bagian yang sama untuk Yamaha Aerox 155 Connected 2021, tetap terlihat padat berisi. Dengan konsep sporty scooter, ukuran lingkar pelek dan ban yang disematkan sudah sangat sesuai.

Suspensi depan model teleskopik, dan suspensi belakang ganda dengan tabung khusus untuk varian ABS. Dan pastinya rem ABS juga bisa didapatkan hanya pada varian teratas ya.

Kaki-kaki Yamaha Aerox 155 Connected padat, tapi rem belakang pakai tromol.

Rem ABS sendiri hanya befungsi untuk roda depan karena hanya rem depan yang sudah pakai cakram, sedangkan roda belakang masih mengandalkan rem tipe tromol. Karena masih tromol, Yamaha menyematkan rem parkir.

Pada sektor kaki-kaki bisa dikatakan Honda ADV 150 2021 lebih unggul karena komponennya lebih lengkap, dengan pembeda hanya sistemnya saja yakni ABS dan CBS.

Penampilan Honda ADV 150 2021 Terlihat Lebih Wah

Impresi pertama saat melihat motor akan memberikan kesan positif dan negatif. Tapi bukan berarti kedua motor ini jelek, hanya saja memberikan impresi yang berbeda.

Lampu-lampu Honda ADV 150 2021 seluruhnya sudah LED.

Kesan mewah dengan status skutik kelas atas jelas terlihat pada kedua motor ini. Tapi Honda ADV 150 unggul dengan penggunaan lampu-lampu yang seluruhnya sudah pakai teknologi LED.

Sementara Yamaha Aerox 155 Connected 2021, teknologi lampu dioda hanya terdapat pada lampu depan, lampu DRL dan lampu belakang. Untuk lampu sein masih pakai bohlam.

Soal Performa Yamaha Aerox 155 Connected 2021 Jagonya

Teknologi canggih juga mencakup area jantung pacu dua skutik ini. Tiap pabrikan punya sebutan untuk teknologinya masing-masing, Honda dengan eSP (enhanced smart power) dan Yamaha dengan Blue Core.

Honda ADV 150 2021 mengandalkan mesin eSP 150 cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi. Mesinnya menggunakan piston berukuran 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm.

Tenaga yang mampu dihasilkan 14,5 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi mencapai 13,8 Nm pada 6.500 rpm. Mesin Honda ADV 150 ini dikenal hemat konsumsi bahan bakar, dengan karakter mesin yang smooth.

Mesin Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Berbeda dengan Yamaha Aerox 155 Connected, mesinnya Blue Core 155 cc, 4-tak, SOHC 4 katup dengan sokongan VVA. Output mesinnya mencapai 15,3 PS diputaran 8.000 rpm dan torsi mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Teknologi katup variable valve actuation (VVA) membuat output mesin merata ditiap putaran mesin. Ditambah bobot motor yang ringan, Yamaha Aerox 155 Connected 2021 punya performa terbaik untuk skutik 150 cc.

Spesifikasi Mesin
   Honda ADV 150 2021  Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan
Kapasitas Mesin 150 cc 155 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm 58 x 58,7 mm
Tenaga Maksimal 14,5 PS @ 8.500 rpm 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 6.500 rpm 13,9 Nm @ 6.500 rpm

Kesimpulan

Dari pembahasan tadi keduanya relatif seimbang dalam hal penerangan teknologi. Untuk yang menyukai skutik gagah, tampilan terlihat mewah, kaki-kaki tangguh dan lebih safety bisa memilih Honda ADV 150 2021.

Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Namun jika menyukai skutik sporty dengan performa mesin bertenaga dan punya konektivitas, maka lebih cocok menggunakan Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Lagi-lagi semuanya kembali pada selera dan kebutuhan Anda, dan tak lupa mengukur kemampuan isi dompet, terlebih keduanya terpaut harga cukup jauh. Jadi Anda memilih yang mana?

Harga
 Honda ADV 150 2021

 Rp 34, 742 juta (CBS)

 Rp 37, 805 juta (ABS)

 Yamaha Aerox 155 Connected 2021

 Rp 25,5 juta (Connected)

 Rp 29 juta (Connected/ABS)

 Rp 29,5 juta (Connected/ABS-MotoGP)

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat